Cara Berak Pas Susah BAB [AntiMainstream]

susah bab

Okay aku peringati dulu ini bakalan jorok-jorok banget. Sebenarnya tulisan ini lanjutan dari aku opname gegara susah BAB terus berdarah lalu sampai harus tes kolonoskopi yang masukin kamera ke dubur.

Masihkah aku susah BAB dan berdarah? itu yang paling banyak ditanya orang karena setelah keluar dari RS tidak ada obat khusus. Kadang dokter masih suka resepin obat pencahar kek Dulcolax yang bentuk peluru. Tapi selebihnya dokter ngingetin buat selalu makan pepaya, sayur, air dan kurangi makan daging kaki empat karena prosesnya di usus lebih lama dicerna.

Aku inget banget pertama keluar dari RS itu, rasanya kayak sureal. Mengawang-ngawang. Padahal cuma beberapa hari tapi kek terpenjara lama banget. Aku langsung punya misi besar yakni makan mi! Tentunya bukan mi instant karena itu juga udah hampir gak pernah aku makan karena keknya bahan pengawat dll nya bikin mi bisa ngendap lama di usus. Lagi-lagi bukan sesuatu yang bagus buat aku yang pergerakan ususnya lemot sekali.

Aku langsung makan di Sarinah di Gokana dengan pesen mi dan hot pot. Yes makanan panas dan mi adalah salah satu yang langka banget selama di rumah sakit. Meski rasanya biasa aja, namun bagiku kala itu nikmat banget. Lebih karena sudah lama tak makan sesuatu yang bertekstur dan kuah serta sepanas itu. Habis dari makan itu, aku lupa esoknya atau hari itu juga, mulai terasa pengen eek. Selama opname mang aku susah BAB karena punya shy bowel syndrome plus WCnya bau banget karena berbagi dengan banyak orang. Pokoknya rasanya gak nyaman jadi bikin makin susah bab.

Awal-awal berak seingatku agak trauma yah. Tidak langsung sembuh. BAB masih susah meskipun makan dan minum sudah dijaga. Namun seiring waktu tah napa mereda sendiri. Namun kalau bandel dan pas eeknya keras lagi, wasalam yah bisa jadi berdarah kembali.

Setelah 3 tahun aku amati, keknya ada beberapa hal yang bisa bikin susah bab menghilang yaitu :

Harus Makan Sayur + Pepaya

Tiap hari! Kalau sehari kelewat, masih bisa diampuni. Kalau sudah dua hari atau 3 hari gak nemu sayur hijau atau pepaya, biasanya akan keliatan tuh. Beraknya jadi jad jarang. Karena lama gak eek, maka pas keluar lebih keras yang ujung-ujungnya bisa berdarah lagi. Untuk sayur, aku lebih cenderung makan sayur hijau pokoknya kek sawi, daun ubi, bayam, kangkung gitu. Kalau gak nemu, paling banter banget coba beli ayam penyet minta lalapan banyak. Atau beli kuetiau rebus tapi minta sayurnya dilebihin gitu. Untuk pepaya juga lumayan ngaruh. Hampir setiap hari banget harus makan. Kadang saking seringnya, pas eek kecium loh kalau tainya ada aroma pepaya.

Jangan Makan Cabe, Gorengan Dulu

Jelas yah biar pas eek gak terbakar. Gorengan di aku bikin panas dalam juga dan eek lebih keras. Sebisa mungkin minum sesuatu yang bikin adem badan. Bisa itu infused water, yakult, susu beruang dan minum jus buah yang banyak sebagai pengganti camilan. Anggap aja sekalian detox dulu.

Olahraga

Minimal dalam sehari punya banyak aktivitas yang membuat tubuh gerak. Itu aja sih kuncinya. Banyak jalan, jangan duduk aja. Kalau lagi pas gak ke mana mana, paling gak dua kali sehari aku pagi-pagi sambil berjumur loncat-loncat di depan kos. Targetnya sampai keringetan aja. Gak usah lama gpp yang penting rutin. Setengah jam udah cukup kok. Mau sambil dance juga boleh. Setelahnya, rasanya BAB jadi lebih teratur aja karena mungkin ususnya bergerak.

Pake Toilet Jongkok

Aku kalau BAB harus jongkok walau gimanapun. Jadi karena kosku pake WC duduk, aku punya satu ember jadi kalau mau berak maka kaki dinaikkan ke ember tersebut. Biar gak jatuh, inget pas naikin/turunin kaki barengan. Kalau gak mau ribet yah embernya isi air jadi gak mudah jatuh. Cara ini mensimulasi alias menipu usus biar dipikirnya aku di WC jongkok. Dan pengalamanku, lebih bisa eek di posisi ini. Kalau duduk rasanya lobang anus itu gak kebuka dan eek gak mau keluar. Kalau dengan cara ini, lebih cepat dan lebih lega. Emang banyak penelitian yang bilang posisi terbaik eek itu jongkok sih.

susah bab

Pake Minyak Tawon

Setelah poop, aku kebiasaan ngolesi dubur pake minyak tawon. Ini gegara dulu pernah liat di salah satu forum, ada orang yang ngelakuin gini. Aku ikut-ikutan karena kan minyak tawon bagus buat luka gitu. Jadi dulu kupikir kalau misalnya habis berak, kebetulan ada luka yang tak aku sadari, maka dengan ngolesin ini, aku bisa meminimalkan luka tersebut. HAHA alasannya lucu yah, tapi setelah dijalani terus, jadi terbiasa dan suka aja. Habis berak, diolesi di lubang beberapa kali. Langsung hangat gitu deh. Ini juga bisa dipakai sebelum eek ketika tahu tai nya pasti keras jadi olesi dulu. Jadi kalau susah keluar, akan terbantu dikit karena pinggiran anus udah diolesi minyak ehe

Jangan Ngeden Tapi Tarik dan Buang Napas Dalam Dalam

Biasanya kita cenderung ngeden kalau susah keluar. Sayangnya ini salah dan beresiko apalagi buat aku yang sudah ada riwayat berdarah sebelumnya. Jadinya aku pernah nonton di mana gitu, teknik yang benar untuk ngeluarin eek itu adalah tarik napas dalam dalam dan hembuskan. Begitu terus beberapa kali. Butuh latihan sih karena kita dari kecil udah reflek ngeden. Jadi kalau mulai panik karena gak keluar, daripada ngeden aku latihan napas di WC. Surprisingly, manjur loh. Sekarang setelah setahunan lebih, aku udah hampir gak pernah ngeden. Kalau mules yang aku lakuin justru tarik napas dalam dalam, keluarin. Bersamaan dengan itu, eeknya juga jadi lebih cepat keluar.

Kalau Emang Gak Bisa Keluar Lebih Dari 20 menit, Jangan Paksa

Aku tahu rasanya harus narik lagi tai ke dalam karena mau dipaksa gak keluar juga. Rasanya sedih banget dan pantat sakit karena susah berdiri lurus dan kalau duduk ada yang ganjel. Tapi mau gak mau, nyerah dulu dan kasih jeda. Terlalu dipaksa juga gak bagus takutnya luka / robek anusnya. Selain itu, aku gak kuat di kakiku sih suka kesemutan kalau jongkok kelamaan. Jadi butuh istirahat sejenak. Setelah rasa-rasanya udah agak gak capek, coba minum air putih yang banyak dan lompat-lompat. Cara ini kadang bisa merangsang gerak usus seolah jadi pengen berak lagi tak lama kemudian.

Congkel Dubur

Last but not least, ini cara paling ekstrim karena sudah gak tahu lagi harus diapain padahal taiknya udah di ujung anus tapi gak bisa copot. Mau diudahin, tapi pas berdiri gak enak banget karena ada yang nyangkut. Duduk susah, tapi keluar gak mau. TAIK! Ini perasaan paling gak enak kan yah?

Pernah sih dokter ngeresepin yang obat bentuk peluru gitu tapi gak gitu ampuh di aku. Akhirnya karena udah kepalang tanggung, aku pake jari nyongkel beberapa eeknya keluar. Pastikan udah gunting kuku yah jadi ketika narik gak kena ke anus karena bakal sakitlah kalau kena tajam-tajam. Aksi congkel ini biasanya awalnya aja biar eek di depan yang biasanya lebih keras, bisa dibuang keluar. Setelah itu, kalau dirasa bisa keluar sendiri, ya udah stop congkel. Kasih jeda, biar anusnya gak manja lain kali gak butuh selalu dicongkel. Jijik yah? Well pertama gitu sih tapi kalau udah gak ada cara lain apa boleh buat. Tapi untungnya jarang banget aku harus sampai congkel. Mungkin setahun cuma 2 x doang eeknya sekeras itu dan perlu bantuan luar.

Minum Penambah Darah

Biasanya kalau sudah sampai berdarah lagi, gawat itu. Pastinya udah lemes dan sedih banget. Untuk mengganti darah yang hilang, minum deh sangobion sehari sekali. Daripada daripada jadi pusing dan anemia. Ini bagus juga buat tambahan nutrisi vitamin karena kalau udah gak bisa berak, bawaannya males makan, padahal kalau perut dibiarin kosong bahaya juga. Aku tuh suka ngerasa kalau dikit makan, malah makin lama durasi eeknya karena perlu ngumpulin kotoran dulu wkkw serba salah mang yah. Cara lain yah minum susu Ensure karena ada tambahan serat biar eek berikutnya jangan sampai keras banget.

Disclaimer :

Semua cara di atas bisa jadi beda orang beda efek. Dicoba aja kalo mang keadaan darurat dan gak tahu apa lagi yang harus dilakukan. Tapi kalau sudah nyerah, ke dokter aja yah. Kalau aku pribadi, yang sebelum sebelum opname pun sudah minum banyak obat tapi ternyata gak gitu ngaruh. Ohya aku juga pernah minum obat herbal Cina, tapi yah gak gitu nampak progresnya. Jadi yang paling benar sih emang harus ubah gaya hidup sehat. Makan hanya makanan sehat, no junk food, nugget sosis process food aneh-aneh semua hindari. Jangan ngerokok minum alkohol, kebanyakan minuman manis kekinian dll. Yah gitu deh harus banyak berkorban hanya demi bisa eek dengan nyaman. Karena gimanapun gak bisa BAB itu bikin mood hancur seharian.

Yang sembelit akut kayak aku pasti ngerti banget. Gak minta macem-macem kok cuma mau berak dengan mudah dan teratur aja. It’s something we are taken for granted. Shit!

Sehat-sehat semua yah kalian. Jangan sakit-sakit apa-apa, apalagi gigi.

Tonton video review obat Dulcolax peluru. Ampuh gak buat lancarin BAB?

Travel Now or NEVER
2 Responses
  1. Elnie

    jujuuurrr… aku ngilu bacanya. Sejauh ini aku cuma yang susah boker, keras gitu. Sempet yang agak sakit. Tapi langsung timpa pepaya banyak. Karena itu yg bikin ampuh langsung pupi lancar tanpa kendala. Semoga nggak pernah kambuh-kambuh lagi ya cici lenny ^ ^

Leave a Reply