6 Working Space Gratis Plus Perpus

working space

Kerja sebagai freelancer harus pinter-pinter nyari tempat seperti working space dan waktu untuk membangkitkan mood biar kerjaan beres. Sebenarnya aku sih paling nyaman di kamar kosanku aja meskipun gak punya kursi meja hahah jadi kerja sambil pangku laptop atau rebahan. Duh anak twitter banget yah.

Tapi lama-lama kalau gak keluar-keluar, yah bosen juga sih. Jadi sesekali bolehlah nyari working space buat refreshing. Tempatnya pun tak harus di warung kopi kekinian karena menurutku justru rame dan aku gak bisa fokus karena tendensi suka merhatiin orang. Selain itu, sayang duitnya.

Untungnya di Jakarta ada beberapa tempat nyaman semacam perpustakaan merangkap working space dan tempat gratisan buat yang mau kerja, baca buku, menyendiri, bikin tugas, ngadem, numpang ngecas dll. Ini beberapa list-nya yang aku rekomendasiin yah :

Perpus Kemendikbud

Paling bisa buat betah dan lama di sini. Aku suka koleksi majalahnya yang lengkap. Suasananya asik, tenang, free wifi dan ada beberapa kubikel kecil kalau mau lebih ekslusif kerja atau diskusi sama temen tanpa ganggu orang lain. Selain itu, free wifi dan banyak meja kerja jadi gak perlu takut ga kebagian. Kalau mumet, bisa nonton film juga loh. Lokasinya pun di tengah kota jadi habis selesai, bisa belanja ke FX atau nongkrong di Senayan City dulu.

Review selengkapnya –> Baca di sini.

Alamat : Samping FX Mall Gedung A.

Jam Buka : Senin – Jumat (08.00-16.00 WIB) | Sabtu (09.00-14.00WIB)

Perpustakaan Daerah Jakarta Selatan

Ini yang paling dekat kosan. Di luar ekspektasiku karena tak disangka koleksi bacaan anaknya yang paling luas dan lengkap loh selama aku liat-liat. Padahal ini cuma sekelas perpustakaan daerah. Meski perpus ini tak ada free wifi, tapi di lantai 2 ada tersedia komputer dengan akses internet. Terus kursi meja juga lumayan banyak. Yang jelas bisa juga buat orang tua yang butuh nemenin anak tapi sambil kerja tipis-tipis. Apalagi perpus ini satu-satunya yang buka hingga Minggu. Ide bagus juga kan buat keluarga yang bingung weekend mau ngapain tanpa bikin budget boncos. Cuss mampir.

Review selengkapnya –> Baca di sini.

Alamat : Jl. Gandaria Tengah V no 3, Kramat Pela Jakarta Selatan (samping kantor kelurahan).

Jam Operasional : Senin – Jumat : 09.00 – 16.00 WIB | Sabtu & Minggu : 09.00 – 15.00 WIB

Freedom Institute

Kalau nyari yang perpusnya bacaannya komplit plus working space yang hening di Kuningan, Freedom Institute ini boleh banget diadu. Sudah beberapa kali ke sini dan kondisi tetap sama nyamannya. Sangat kondusif lah kalau dipake buat kerja.

Review selengkapnya –> Baca di sini.

perpustakaan umum jakarta

perpustakaan umum

Alamat : Wisma Bakrie 1 (Jl. H. R. Rasuna Said, RT.5/RW.5, Kuningan – Jakarta)

Jam Buka : Senin – Jumat 09.00 – 16.30 WIB.

Jakarta Creative Hub

EH ini paling enak tempatnya buat baca komik. Jarang-jarang kan ada komik di perpus. Meskipun cuma perpus mini di pojokan, tapi bukunya rata-rata bahasa Inggris hasil hibah dari Toko Buku Kinokuniya jadi kualitasnya gak kaleng-kaleng. Selain itu, tipikal bukunya lebih kusuka karena lebih pop dan tak berat kek buku-buku perpus pada lazimnya.

Yang favorit lagi di sini aku bisa bawa bekal dan makan di cafetaria tanpa perlu keluar dulu. Asik kan.. kerja/nongkrong pun bisa lebih lama karena gak perlu ngisi perut dulu. Suasana pun cenderung sepi kalau tidak ada event/workhsop. Ohya kalau mau nambah ilmu, ikutan event mereka seru-seru loh! Gratis juga! Hebat nih legacy dari Ahok masih berasa banget manfaatnya hingga sekarang.

Review selengkapnya –> Baca di sini.

Alamat : Gedung Grha Niaga Thamrin Lantai 1 (samping apartemen Thamrin) Jl. Kb. Melati 5 no 20 Jakarta Pusat

Jam Buka : Senin – Jumat : 10.00-17.00 WIB | Sabtu : 10.00-16.00 WIB

Perpustakaan Nasional

Aku hanya pernah sekali ke Perpusnas. Luas dan banyak tingkatannya. Tapi entah karena saking luas dan banyak lantai, aku jadi agak bingung hahah jadinya kalau mau kerja sukanya ambil lantai paling sepi aja seperti yang lantai yang bisa liat monas langsung itu dan banyak lukisan. Terus oh ya tah napa aku ngerasa AC di perpus ini dingin banget. Duh gak kuat aku tuh. Jadi aku pribadi belum ke sana lagi. Kalau yang lain mungkin sering yah karena butuh koleksi buku atau ngerjain skripsi. Monggo-monggo aja dicoba. Kali aja cocok gitu.

Perpus Erasmus Huis

Yang ini karena sempat viral jadinya ramai, tapi gak tahu yang dateng entah buat foto-foto atau beneran baca karena kebanyakan koleksinya dalam bahasa Belanda. Yha secara kan punya Kedutaan Belanda. Kalau di sini enaknya sih nongkrong ngadem sambil ngerjain kerjaan ringan sih. Soalnya mejanya sangat terbatas jadi duduknya harus agak mepetan kalau pas ramai. Jadi bukan tempat yang cocok jika butuh konsentrasi tinggi. Cuma habis penat, liat ruangan yang indah, exhibition (jika ada) dan keluar bentar liat tamannya atau beli kopi bentar, itu bisa bikin seger mata dan otak juga.

Review selengkapnya –> Baca di sini.

perpustakaan erasmus huis

perpustakaan jakarta

Alamat : Kav S- Setiabudi, Jalan Haji R. Rasuna Said Blok C No.3, RT.8/RW.3, Kuningan Timur – Jakarta

Jam Buka :

Senin – Kamis : 09.00 – 16.00 WIB

Jumat : 09.00 – 14.00 WIB

Sabtu : 09.00 – 13.00 WIB

****

Nah baru segitu doang sih yang aku coba. Yang penting pertimbanganku buat working space yang ideal adalah suasana tenang, ada colokan, wifi (kecuali perpus Jaksel), terbuka untuk umum dan pastinya gratis dong ah.

Kalau kalian biasanya kerja di mana? Punya rekomendasi tempat lainnya? Asalkan bukan working space berbayar yah ehe. Yang gratisan aja. Please Share~

Travel Now or NEVER

Leave a Reply