Jakarta Creative Hub

jakarta creative hub

Sejak tweet Perpustakaan Erasmus viral, aku jadi makin suka hunting tempat-tempat publik yang kece. Entah buat nongkrong, baca buku, nambah ilmu atau buat kerja. Biasanya semua ini bisa didapatkan kalau ke cafe. Tapi yah boncoslah budget kalau nongkrong mulu.

Terus aku keinget yang namanya Jakarta Creative Hub. Dulu pas diresmikan Ahok pada Maret 2017, aku udah pengen banget mampir. Tapi lupa, hingga berganti gubernur. Oleh karena itu, kali ini gak boleh ditunda-tunda lagi, langsung cuss.

jakarta creative hub review

jakarta creative hub alamat

Jakarta Creative Hub didirikan sebagai tempat untuk para kreatif muda berkolaborasi, nambah ilmu dan juga tempat mereka bekerja sehingga di sini banyak acara-acara gratis yang diadakan. Karena merupakan bagian dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan DKI Jakarta, maka event-nya pun sehubungan dengan itu. Namun cukup luas cakupannya dan praktikal banget misal cara promosi usaha lewat IG, belajar jahit, bikin produk lucu-lucu dan sebagainya. Cek IG mereka deh (@jakartacreativehub) buat update kelas apa yang terbuka karena pesertanya terbatas loh!

Aku mau banget ikut kelasnya tapi sejauh ini belum ada yang cocok waktunya. Jadinya gpp deh mampir aja dulu pas endak ada event biar suasananya sepi. Aku masuk lalu isi buku tamu dan langsung menuju mini library. Tempatnya mungil banget cuma secuil di pojokan dengan 6 kursi gitu. Tapi karena berada di ujung, jadinya tenang banget. Rak-rak buku cukup banyak terisi buku-buku yang rata-rata bahasa inggris karena ternyata didukung oleh Kinokuniya. Jadi kalau biasanya di perpus bukunya tipikal yang berat bahasannya, di sini lebih ringan. Ada buku anak-anak juga.

perpus

Pas ngecek-ngecek, aku langsung menjerit karena nemu komik Doraemon dan Conan. Lumayan lengkap! Wah jarang-jarang perpus mau ngasih komik karena seringnya tipe buku ini dianggap tidak mengedukasi. Padahal gini-gini rata-rata generasi aku tuh tumbuh literasi membacanya yah berkat manga dan hentai. Upss…

perpus jakarta

Selain buku berbahasa Inggris, tetap ada beberapa majalah/novel dalam bahasa Indonesia kok jadi diubek-ubek aja yah. Tempat bacanya cuma ada sekitar 6 kursi dan masing-masing sudah dilengkapi colokan di bawahnya. Enak nih buat kerja karena sepi gak ada yang gangguin. Ohya di sini juga tidak pelit colokan. Hampir di semua tempat ada. Kalau bosen di area mini library, bisa duduk/rebahan di mini theatre yang background-nya mural kece.

Aku sempat melirik ruangan lain isinya kayak tempat workshop karena ada beberapa mesin dan hasil karya peserta yang pernah join di sini kayaknya. Setelah itu ada kurang lebih 3 classroom yang sedang kosong.

event jakarta creative hub

Setelahnya, aku menuju cafetaria buat break dan nyemil bekalku yakni roti. Enaknya di Jakarta Creative Hub itu gini. Kalau di perpus lain kan kudu keluar dulu cari tempat makan. Kalau di sini bisa numpang makan di sini. Jadi bawalah kotak makan serta sendok garpu sendiri yah kalau berminat. Habis itu mau cuci tupperwarenya juga bisa. Plus ada kulkas pula buat narok minuman kalau mau. Bahkan ada teko pemasak air bila bawa mi instan. Tapi yang pasti ingat jaga kebersihan dan buang sampah sendiri yah jangan diletakin di meja kalau sudah kenyang.

cafetaria

Habis tuh balik lagi deh baca komik.

Asik yah.. Kita emang butuh lebih banyak lagi ruang publik seperti ini. Setuju?

Jakarta Creative Hub

Alamat : Gedung Grha Niaga Thamrin Lantai 1 (samping apartemen Thamrin)

Jl. Kb. Melati 5 no 20 Jakarta Pusat

Jam Buka : Senin – Jumat : 10.00-17.00 WIB | Sabtu : 10.00-16.00 WIB

Telp & WA : 081298882724

Biaya : Free (Di bawah tukerin dulu KTP baru dapet ID card setelah itu bisa naik ke lantai 1).

Fasilitas : mini library, mini theatre dan cafetaria.

Notes : Tidak ada penitipan tas. Free Wifi tapi pas dateng lagi rusak.

Tonton Vlogku dan subscribe yah guys~

Travel Now or NEVER
2 Responses
  1. Pas baca ada bagian komik conan dan lumayan lengkap, auto ngomong “ih pengeeen”. Dulu ingatnya mau baca komik conan, minjem di tempat rental di lorong citra depan smanel 😀

Leave a Reply