Perpus Kemendikbud di Tengah Kota

perpustakaan kemendikbud

Setelah hunting-hunting ke Perpus Erasmus Huis dan Freedom Institute, aku masih lum puas karena mereka lokasinya agak jauh di Kuningan sono, sedang aku anak Jaksel which is far away lah yak dari kosanku. Tapi sungguh semesta ingin aku lebih sering baca buku daripada stalking IG gebetan yang tak kunjung membalas komen sehingga mempertemukan aku dengan Perpus Kemendikbud yang ada di samping FX mall itu.

Woiii ke mana aja aku selama 4 tahun di Jakarta ini?

Perpustakaan Kemendikbud Jakarta

Nah kalau ini, gpp deh aku jabanin tiap hari karena lumayan dekat.  Areanya juga di tengah kota dan kalau kemana-mana aku bisa singgah di sini dulu.

Awalnya bingung juga nyari perpusnya, karena kurang kelihatan ada nama/plangnya jadi tanya satpam aja. Rupanya lokasinya di Gedung A. Terus pas masuk, kudu nitip tas dulu. Kalau mau bawa laptop, HP, dompet, buku, botol air minum untuk refill, tar dipinjemin lagi tas plastik. Sisanya masukin loker yak.

Lokasi perpus ada di lantai 2 kebanyakan. Di lantai 1 itu paling toilet, loker sama rak majalah dan koran. Kalau di lantai 2 lengkap deh, termasuk koleksi buku-buku sih kebanyakan Bahasa Indonesia lah. Yang bikin surprise di sini ada koleksi film dan audio yang lumayan lengkap, rata-rata film asing berbahasa Inggris. Mulai dari topik berat macam sejarah hingga kartun pun ada. Formatnya kebanyakan DVD tapi ada juga yang formatnya kaset jadul gitu. Sempat aku mau puter tapi playernya agak rusak. Yha 🙁

perpustakaan kemendikbud jakarta

perpus kemendikbud audio visual

Pantesan ada teater di sini tapi pas aku lihat sih gelap dan gak dipakai. Kalau mau nonton ada disediakan TV kecil masing-masing, terus bakal dipinjemin headset jadi endak ganggu yang lain suaranya.

Terus di sini lumayan luas buat yang mau kerja atau bikin PR. Ada meja dengan colokan, ada juga kursi sofa empuk biasa yang bikin ngantuk sambil baca-baca novel gitu.

Untuk masuk ke sini gratis dan tak perlu jadi anggota. Namun kalau mau pinjem buku (3 buku untuk 2 minggu. Yang kaset/film audio visual juga bisa pinjem loh!), maka harus jadi anggota. Syaratnya mudah cukup pake KTP dan materai 6ribu. Bisa beli sendiri materainya, kalau endak yah beli ama petugasnya aja. Kartunya langsung jadi dan keren banget. Mantap!

Tonton dulu dong videonya :

Kalau mau pake komputer – pas itu aku lum bikin kartu – jadi harus info ke petugasnya tar dia masukin passwordnya gitu. Lumayan inetnya kenceng dan banyak yang nonton youtube.

Untuk anak-anak di sini juga ada ruang khususnya, tapi pas dateng kosong sih. Yah pada sekolahlah pastinya.

So far, ini perpus paling ideal buatku. Kadang kan kalau kerja dari kos, butek juga yah. Sedang kalau mau ke cafe lucu, endak punya duit. Ya sudah ke sini ajalah. Fasilitas lengkap dan yang penting, AC-nya enggak dingin banget kayak dua perpus kece lainnya hahah.

perpus kemendikbud

koleksi perpus kemendikbud

Sudah ada yang langganan di sini juga? Yuk library date-an kita!

Perpus Kemendikbud

Alamat : Samping FX Mall Gedung A.

Jam Buka : Senin – Jumat (08.00-16.00 WIB) | Sabtu (09.00-14.00WIB)

Tips : Ada kantin karyawan di dekat Gedung C bagi yang mau makan. Atau bisa bawa bekal makan di sana deh.

Halte Terdekat : Bundaran Senayan / GBK.

perpus kemendikbud untuk anak

perpus kemendikbud jakarta

Travel Now or NEVER

Leave a Reply