Perpustakaan Umum Jakarta Freedom Institute

freedom institute

I have always imagined that paradise is a kind of library – Jorge Borges

Dari viralnya postinganku tentang perpustakaan kece Erasmus Huis, banyak yang hanya dengan melihat gambarnya saja sudah langsung berseru “Surga Dunia”. Enggak berlebihan sih, apalagi kalau emang tipikal kutu buku atau pecinta mager yang suka menghabiskan waktu bersama lembaran kertas dan masuk ke dalam fantasi yang diciptakan.

Berhubung perpustakaan umum Jakarta terbatas, kayak perpus Kemendikbud, lalu yang Erasmus Huis juga agak mungil, sedangkan animo pengunjung yang datang (untuk foto ataupun untuk baca) mungkin tak bisa dibendung, maka aku udah nyiapin satu lagi rekomendasi perpus kece yang beneran buat nyari buku atau kerja. Tempatnya adalah Freedom Institute di Wisma Bakrie I yang udah ada sejak tahun 2017. Endak susah nyarinya karena berada tepat di depan halte TJ Setiabudi Madya Aini.

Perpustakaan Umum Jakarta

Pas masuk pintu, nolehlah ke kanan langsung deh terpampang tulisan Perpustakaan Umum baru diikuti tulisan Freedom Institute. Aku suka desainnya simpel dan menegaskan bahwa tempat ini akan jadi “milik” publik yang dapat dinikmati bareng-bareng. Terus di atas ada quote seperti di atas tulisan ini. Sepertinya quote menjadi salah satu ciri khas dari tempat ini karena di dalem perpus juga bertaburan kata-kata mutiara lain yang bikin hati adem.

perpustakaan umum jakarta

Pas masuk, aku langsung ke petugasnya sembari tanya. Perpustakaan umum ini memang gratis, tapi tiap orang diharuskan menjadi anggota dengan mengisi formulir. Setelah itu, dapat kartu ala kadarnya yang harus selalu dibawa dan ditunjukkan kalau dateng lagi. Berhubung tidak boleh foto pake kamera mirrorless, jadi aku cuma foto pake HP. Tas pun semua dititipkan, kecuali mau bawa laptop masuk, silahkan.

Ruangan perpustakaan bergaya simpel minimalis dengan rak kayu dan lebih dari 10 ribu judul buku yang tersusun rapi di rak sesuai kategori dan sudah dilabeli. Pun kalau bingung, ada komputer untuk search buku. Staf di depan juga dengan senang hati aku bawelin tanya-tanya misal “Mas ada komik gak?” which is gak ada (hiks), lalu “Mas di mana buku bahasa Indonesia?” lalu di menunjuk ke arah kanan.

Di sini memang rata-rata koleksinya bahasa Inggris dengan berbagai genre. Dari politik, fiksi, agama, you name it hampir semua ada. Bahkan beberapa karya literatur dari negara-negara yang tak pernah terpikirkan pun ada seperti Eropa, Asia Tengah, Amerika Selatan dll. Tapi tenang bahasanya juga dalam bahasa Inggris dan tersedia beberapa. Intinya aku ngerasa di sini cukup lengkap sih bukunya. Untuk majalah hanya ada Tempo dan beberapa koran nasional.

perpus freedom institute

Sayangnya, buku-buku tidak bisa dipinjam. Kalau mau hanya bisa difotokopi (maksimal 2 buku) oleh si petugas terus tar tinggal bayar. Opsi lainnya yah dibaca aja di tempat. Beberapa yang aku lihat selain baca, juga buka laptop, mungkin sekaligus kerjain tugas atau emang pekerja beneran yang nyari tempat tenang. Soalnya kalau tiap hari ke warung kopi hits, yah jebol juga yah rekening. Mending ke sini, meja kursi banyak dan nyaman, ada wifi, colokan dan deket sini di luar ada Mie Bangka gerobak yang enak kalau laper.

Ohya di sini juga ada tempat semacam meeting room yang bisa dipake selama sejam dengan memesan dulu yah. Jadi buat yang cari tempat kumpul atau bikin acara singkat, bisa banget gunain fasilitas ini yah.

perpustakaan umum di jakarta

Cuma satu pesanku : Bawalah jaket karena dingin bet. Apalagi kita kan cuma duduk doang, sedangkan orangnya sedikit makin deh berasa menggigil.

Seneng deh ketika Jakarta punya beberapa pilihan tempat baca dan kerja yang gratis tapi keren gini!

Ada lagi yang punya rekomendasi perpustakaan lainnya?

Perpustakaan Umum Jakarta Freedom Institute

Alamat :

Wisma Bakrie 1

Jl. H. R. Rasuna Said, RT.5/RW.5, Kuningan – Jakarta

Jam Buka : Senin – Jumat 09.00 – 16.30 WIB.

Biaya Keanggotaan : Gratis (selalu bawa kartunya nanti yah)

Halte Transjakarta terdekat : Setiabudi Madya Aini

Stasiun KRL Terdekat : Tebet

Jika mau tanya-tanya, langsung ke WA mereka yah : 085814569889

perpustakaan umum

Cek juga perpus Instagram-able yang lokasinya dekat (sama-sama di Kuningan) yang ada di Kedutaan Belanda :

Erasmus Huis.

perpustakaan jakarta

Travel Now or NEVER
8 Responses

Leave a Reply