Perpustakaan Jakarta Selatan Yang Kece

perpus anak

Awalnya aku agak menyepelekan perpustakaan daerah. Mungkin karena teringat sewaktu pergi ke perpustakaan daerah di Jambi. Gedungnya sih gede, tapi isi bukunya.. hm ya sudahlah baca koran aja. Kecuali emang lagi butuh buat skripsi, penelitian atau nyari buku spesifik yang mungkin gak ada di toko buku, barulah cari peruntungan ke sini.

Beda dengan di Jakarta, aku nemu beberapa perpustakaan kece sehingga standar perpusku agak naikan dikit. Tapi biarpun gitu, aku tergelitik juga buat cek perpustakaan daerah Jakarta Selatan karena kebetulan aku anak kosan Jaksel which is smh.

Perpusnya ada di Gandaria, terdiri dari 2 lantai dan di depan gedung, sudah ada 2 ondel-ondel yang menyambut. Begitu masuk, isi buku tamu dulu. Setelah itu, tukar KTP buat dapetin kunci loker buat letakin tas, cicilan KPR, beban hidup dan semua-mua yang tak mau dibawa.

Di samping loker, ada ruangan dengan warna-warni yang meriah. Rupanya buat anak-anak. Entah napa menurutku perpus anak itu lebih menarik. Gak bosenin gitu. Marilah kita intip. Pas pertama kali dateng itu pas weekday dan rame karena letaknya emang sampingan ama SD 7 Keramat Pela. Jadinya keknya anak-anak habis pulang pada main di sini. Kebetulan emang lumayan luas karena di tengah dikosongin gitu jadi mereka bebas bisa baring atau duduk. Sedangkan di pinggir-pingir serta agak di belakang, barulah ada rak-rak buku.

taman baca anak

I must say koleksi bahan bacaan untuk anak-anak, dari seluruh perpus Jakarta yang ku jabani, inilah yang paling lengkap dan bermutu.

Komik? Ada. Meskipun disesuaikan dengan usia anak-anak / remaja.

Cerita rakyat? Banyak!

Buku anak berbahasa Inggris? Ada!

Hampir semua yang dibutuhkan buat anak kecil hingga yang seumur SMP ada semua. Aku terharu!

Perhatian buk ibuk bapak, tolong bawa bocahnya ke sini yah~

perpustakaan jakarta selatan

Puas liat bocah-bocah membaca, aku naik ke lantai 2. Tempatnya tak begitu luas karena dibagi-bagi dengan rak buku, tempat duduk, toilet dan mushola. Ada satu ruangan yang lebih nyaman menurutku di mana isinya buku-buku bacaan ringan, majalah dan lain-lain. Di dalamnya juga ada sebuah meja besar melingkar cocok buat diskusi.

perpus jakartaSedangkan di luar, ada beberapa komputer dengan akses internet yang bisa dipakai. Tak banyak mang tapi sangat cukup karena belum tersedia wifi gratis di sini. Untuk koleksi bukunya, kebanyakan yang materi agak berat sih yah jadi endak terlalu aku liat karena jelas aku lebih mending baca buku anak atau yang ringan-ringan saja ehe.

Namun sepertinya mang yang datang pada mahasiswa semua yang lagi kerjain tugas atau skripsi gitu deh.

perpus jaksel

perpus

Kesimpulan :

Di luar ekspektasi mang ini perpus. Meskipun kalau aku ke sini bakalan nongkrong di area anak-anak, tapi tak mengapa. Kalau kebetulan pengen menyendiri, butuh suasana beda buat kerja, boleh juga dah ke sini. Kalau weekend, area anak-anak sepi sedangkan lantai 2 lebih rame. Tapi pas hari kerja, jadi sebaliknya.

Terus kalau mau jajan, sekitar sini banyak yang jual jadi gak repot.

Senang yah kalau ada fasilitas umum kayak gini yang gratis, tertata rapi, bersih dan memberikan banyak manfaat. Apa perpustakaan daerah kalian seperti ini juga?

Perpustakaan Daerah Jakarta Selatan

Alamat : Jl. Gandaria Tengah V no 3, Kramat Pela Jakarta Selatan (samping kantor kelurahan).

Jam Operasional : Senin – Jumat : 09.00 – 16.00 WIB | Sabtu & Minggu : 09.00 – 15.00 WIB

Bisa Pinjam Buku? Bisa. Bikin member dulu. Gratis. Maksimal pinjem 2 buku untuk 2 minggu. Sayangnya cuma berlaku untuk KTP Jakarta saja.

perpustakaan jaksel

Travel Now or NEVER
2 Responses

Leave a Reply