Perpus Mini Buka Buku di The Lapan Square

buka buku

Sapa yang kangen ke perpus? AKUUUU! Sejak pandemi perpus tutup semua dan sejak itulah udah 1,5 tahun lebih gak pernah lagi ngerasain milih-milih buku di rak kayu. Bau buku, suasana hening perpus, AC dingin, kursi nyaman, ah semua itu sungguh kurindukan. Tapi ternyata ada Buka Buku, sebuah perpus mini gratis yang menjadi bagian dari The Lapan Square. Lokasinya di Jurang Manggu, Bintaro dan terletak agak masuk gang gitu. Ini tuh kayak tempat jualan berbagai makanan, toko, salon gitu deh. Kayaknya sih bekas rumah orang terus disulap jadi tempat nongkrong. Emang tempatnya tak terlalu luas tapi cukup banget kalau cuma mau jajan di sini.

Nah biar menarik orang banyak, dibuatlah fasilitas perpus mini yang dinamakan Buka Buku. Lokasinya persis di depan, samping salon gitu. Begitu dibuka, suasana Buka Buku ini entah kenapa mengingatkan tentang Jepang gitu. Mungkin dari desain rak buku dan kayu yang memenuhi langit-langitnya. Mungkin karena ruangannya yang begitu simpel, rapi, bersih dan teratur ini. Ah first impressionnya saja sudah membuatku jatuh hati.

Buka Buku ini gratis boleh untuk umum, jadi kalau pun gak beli makan di The Lapan Square, tetap boleh baca buku di sini. Kalau kata penjaganya sih bukunya juga boleh dibawah kalau pas lagi makan gitu, selama masih di area The Lapan Square. Cuma dijaga bener-bener yah jangan kecipratan minuman atau kenah kuah mi. Sayangilah karena sudah dipinjemin gratis.

Beberapa buku aku liat udah bersampul dan rata-rata kondisi buku masih bagus banget. Senengnya di sini tuh banyak komik (xixiix), buku graphic novel, buku anak, buku berbahasa inggris serta buku untuk dewasa. Seleraku banget deh karena yah aku kan pasti doyannya baca yang begini bukan buku buat kuliahan ehhe.

Selain buku, ada juga beberapa aktivitas / mainan edukasi yang bisa buat bocah. Sambil duduk di kursi kayu mungil, ini pasti bikin betah para bocah. Aku liat juga tepat di seberangnya The Lapan Square ini ada kayak TK / SD jadi kebayang sih mungkin tar kalau udah pada masuk sekolah, mungkin ada bocah-bocah tersebut mampir ke sini. Lumayan ngadem sambil menimba ilmu.

Selama di sana, aku perhatikan suasananya masih sepi. Kebanyakan orang datang buat makan-minum. Tapi bisa jadi juga orang ngira ini toko buku yang jualan gitu jadi pada segan masuk. Emang sih dari depan gak gitu jelas ini tuh perpus dan GRATIS, tapi yah sudah jadinya tenang dan aku makin khusyuk membaca.

the lapan square

Setelah beberapa lama di sana, aku rencana mau makan siang. Area makannya outdoor tapi sayangnya isinya orang ngerokok semua. Tidak ada pembatasan area buat yang non smoker. Aku jadi males lah karena bau banget, gimana mau makan coba. Akhirnya aku putuskan balik lagi ke Buka Buku, my safe haven.

Jadinya kalau untuk makan-minum aku gak rekomendasikan, aku beneran ke The Lapan Square ini buat baca buku aja. Meski tempatnya mungil, tapi koleksinya cukup beragam dan bagus-bagus.

Semoga makin banyak perpus mini gratis macam Buka Buku ini yah di Jabodetabek.

perpus mini

**

NEXT : Cuci hidung pake sterimar nasal spray.

sama pake Air Purifier buat bersihin udara

**

NEXT : Nginap di hutan demi ketemu Orang Rimba

Travel Now or NEVER

Leave a Reply