Refill Sunlight di Saruga

refill station unilever

Tren hidup dengan meminimalkan sampah kian banyak digalakkan di Jakarta. Apalagi sejak ada Saruga, toko bulkstore yang menjual barang curah. Kalau dulu, belanja barang curahan itu biasa ke warung atau pasar, misal beli minyak jelantah, beras, tepung, mentega dll. Tapi berhubung warung sudah agak terpinggirkan, kini orang lebih banyak belanja di retail besar/online di mana semua produk rata-rata dibungkus pakai plastik.

Nah kalau di Saruga ini semua produknya bisa dibeli berapapun, tinggal timbang. Jangan lupa bawa tempat sendiri. Botol, kotak makan, dll plus kantong/tas belanja yah karena tidak disiapkan. Well, ada sih kayak kalau mau beli pake kantong kertas/botol tapi bayar.

Aku sebenarnya udah lama niat mau ke sini. Pas denger berita rupanya di Saruga sudah ada refill station untuk produk Unilever, maka aku langsung meluncur. Pas banget sunlight di kosan udah habis. Cuma bisa diisi dengan air lalu dikocok buat nyuci 🙁

Pas ke sana, yang tersedia adalah Sunlight, Rinso, Molto, Superpell dan Kecap Bango. Kalau ini kabarnya sudah ada sejak Agustus. Yang bakal ada Maret ini adalah Lifebuoy, Tressme, Dove, Sunsilk dan Love Beauty and Planet.

refill unilever

Rupanya khusus produk Unilever, kalau mau beli bakal dikasih tempat botol gratis. Botolnya ukuran cukup gede yang merupakan hasil daur ulang botol sebelumnya. Bagus banget! Jadinya karena tergiur, aku refill 1,5 botol deh.

Pertama-tama botol ditimbang dulu berapa gram beratnya. Lalu diisi. Boleh isi berapapun. Mau penuh, setengah, seperempat, terserah. Tar habis itu ditimbang lagi baru dikalikan berapa per gramnya. Total aku 1,5botol itu jadinya 16.238 dengan total 706 gram. Mana bisa bayar pake OVO kan lumayan yah cashback-nya.

refill sunlight

Habis ngisi, aku liatin produk lainnya di sini. Random sih tapi kebanyakan produk lokal, home made atau barang organik. Ada menstrual cup, kecap asin, minyak, kue, minuman dll. Seneng banget liatnya. Ada satu anak kecil yang tertarik sama permen berwarna-warni. Mbak penjaga tokonya dengan berbaik hati memberikan si anak tester untuk dicoba. Mungkin karena kebaikan hatinya plus anaknya suka, akhirnya si ibuk pun membelinya. Si ibu udah bawa kantong belanja yang banyak dan benyak botol-botol imut nan gemes buat beli macem-macem. Aw suka sekali aku liatnya tuh.

bulk store jakarta saruga bintaro

Moga minggu depan produk Unilever lainnya terutama Sunsilk dan Lifebouy udah ada karena aku belum belanja bulanan dan sabun sampo udah mau kosong. Yeay~~ aku doakan tar makin banyak yang belanja dengan cara ini. Refill Station-nya juga bisa diperbanyak dan ada di mana-mana terus mereka juga bisa terima botol bekas produk Unilever apa aja yang sudah tak terpakai. Amin yah!

toko saruga

Berikut daftar harganya produk Unilever (dalam satuan gram) kalau ada yang kepo :

Kecap Bango Rp. 36

Sunlight Rp. 23

Super Pell Rp. 18

Rinso Rp.25

Molto 36

Ohya ada Aqua juga cuma 3 rupiah. Ckck makin doyan isi tumblr neh.

Lalu ingat juga yah syarat mengisi ulang :

Bawa tempat yang bersih. Kalau gak punya tempatnya, boleh pake botol atau tempat lain. Kalau gak mau, yah monggo pake botol produk yang sudah disediakan dan tar kapan-kapan refill bisa pake itu lagi yah.

Jika bawa sendiri, pastikan kosong dan kering karena kan mau ditimbang dulu. Terus jangan dicampur dengan produk lain. Misal Sunlight jangan sama mama lemon biar gak berantem.

saruga

Ohya di Saruga ini juga ada tempat pengumpulan botol minum plastik apa aja dan sampah elektronik yang sekiranya sudah tak dipakai. Sungguh inisiatif yang keren sekali si toko ini. Semoga cabangnya tar bakal di mana-mana.

Saruga Pack Free Shopping Store

Alamat : Belakang Weko Coffee (Sebelah SuperIndo Bintaro sektor 1)

Jam Operasional : Senin – Sabtu : 09.00 – 21.00 WIB | Minggu : 10.00 – 21.00 WIB

Travel Now or NEVER
6 Responses

Leave a Reply