Toko Bulkstore Jakarta Alias Jual Curah

bulkstore jakarta

Pertama kali aku ke Bulkstore Jakarta itu adalah ketika refill Sunlight di Saruga. Terus pas dilihat, tokonya keren gitu. Banyak produk dijual dalam botol-botol besar. Ketika mau beli, tinggal diambil, ditimbang dan bayar. Kebanyakan yang datang sudah pada tahu jadi bawa botol, tupperware sendiri. Kalau pun enggak, bisa pakai kantong kertas dari Saruga, tapi dengan tambahan biaya 2ribu.

Itulah konsep bulkstore. Ingin menghilangkan penggunaan sampah (biasanya plastik) ketika transaksi jual beli.

Sebenarnya dulu pas zaman masih kecil, sering kok liat orang belanja ke pasar bawa tas anyaman. Beli sayur, timbang masukin keranjang. Beli cabe setengah kilo, timbang, masukin koran bekas, lalu letakkan dalam keranjang. Begitu terus hingga plastik hadir memberikan kenyamana sehingga dunia terlena. Pada akhirnya, kita telat menyadari bahwa sampah plastik sulit diurai hingga ratusan tahun dan belum lagi imbas negatifnya untuk lingkungan dan kesehatan.

Oleh karena itu, konsep Bulkstore ini hadir di tengah-tengah kita memberikan solusi dan pembelajaran untuk lebih aware dengan sampah yang dihasilkan serta konsumsi kita. Jadi cukup beli sesuai kebutuhan, sedikit apapun.

Di Jakarta, aku udah ngecek 3 Bulkstore dan berikut sedikit reviewnya :

Saruga

Alamat : Jl. Taman Bintaro 1 (Samping Superindo Bintaro Sektor 1 ada Weko Coffee. Nah dia di belakangnya. Agak ketutup dari jalan)

Jam Buka : Setiap Hari : 09.00 – 21.00 WIB (Khusus Minggu buka jam 10 pagi)

Favoritku karena tentu saja karena ada produk Unilever bisa direfill. Akui saja bahwa diriku adalah budak Unilever. Setengah produk yang kupakai adalah hasil pabrikannya. Huft pengen deh rasanya beli sahamnya sekaligus.

refill station unilever

Selain itu, lokasinya paling deket dengan kosan dan di depannya ada Superindo jadi kalau mau belanja bulanan enak. Ke Saruga dulu, kalau udah selesai lanjut beli di Superindo. Harganya juga lumayan murah dan lengkap.

Naked Inc

Alamat : COMO Park Kemang Timur (di belakang pojok)

Jam Buka : Setiap hari 08.00-20.00 WIB

COMO Park ini ada lapangan berumput buat anjing peliharaan neh. Terus ada kursi buat duduk-duduk. Enak juga. Jadi sambil piknik, bisa melipir ngadem bentar di Naked inc sambil liat-liat. Koleksinya lebih lengkap dari Saruga kayaknya.

naked inc

The Bulkstore & co

Alamat : Jl. Wahid Hasyim no 47

Jam Buka :

Ada di tengah pusat Jakarta jadi memudahkan orang kantoran buat belanja. Rupanya ini bulkstore masih satu pemilik sama Burgreens loh! Katanya juga ada cabang di beberapa tempat lainnya tapi aku ga cek sih. Cukup lengkap dan asik tempatnya.

the bulkstore & co

**

Sepenuh hati aku mendukung konsep bulkstore macam ini. Hampir semua konsepnya sama. Harus bawa tempat sendiri, tidak ada kresek, semua ditimbang dan produknya berkualitas. Cuma mang harus kuakui lum banyak yang berbelanja ke bulkstore karena tidak menjual segala jenis produk. Kebanyakan masih makanan, produk kebersihan/kecantikan dll. Tapi variannya terus berkembang kok. Asik aja gitu cuci mata lama-lama liat produk yang unik-unik.

Kekurangan Bulkstore ini adalah produknya kebanyakan harganya cenderung lebih mahal karena rata-rata tidak dijual banyak, organik, home made atau produk luar. Bisa jadi juga karena memang target marketnya tidak terlalu besar dan menyasar kalangan menengah ke atas.

toko bulkstore

Untuk aku yang ekonomi pas-pasan gini, gak perlu sedih kok sebenarnya. Konsep bulkstore ini sebenarnya bisa diterapkan di banyak tempat, contohnya di pasar, warung hingga supermarket. Aku udah kebiasa beli beras di warung langganan dengan tas sendiri. Kalau pas mau ke supermarket dan mang mau beli makanan aku udah bawa kotak makan untuk tempatnya. Begitupun dengan tas belanja selalu dibawa dan sebisa mungkin tidak pakai plastik. Hal ini juga biar belajar dan terbiasa kalau tar di Jakarta sudah gak kasih kresek seperti di Bali sana.

Semoga nanti beneran sukses dan diterima masyarakat. Amin~

Tonton di sini ketiga Bulkstore di Jakarta yah :

Untuk di luar Jakarta, ini ada beberapa bulkstore lain juga yah :

Bogor : Selama.Ada.Di.Bumi

Bandung : Warung 1000 Kebun | Toko Organis YPBB

Jogja : Aromatics Jogja | Peony Ecohouse Zerowaste Store | TakiR Kios Bulk | Samara EcoHouse

Surabaya : Alang-Alang | Mamaramah Ecobulk

Bali : Zerowaste Bali

Ada lagi yang tahu tempat bulkstore lainnya di mana saja? Please comment!

Travel Now or NEVER
4 Responses

Leave a Reply