Soto Purwokerto yah Raja Soto Lama dong!

raja soto lama

Sudah sejak 1970-an, sebuah tempat soto buka di area Sukoraja. Bertahan hingga ke generasi ketiga, warung soto yang dikenal sebagai Raja Soto Lama H. Suradi ini membuktikan bahwa rasa yang dihasilkannya membuat para pengunjung tidak lari ke mana. Soto Purwokerto emang menjadi incaranku ketika di sana. Sebagai pecinta soto, pengen gitu ngerasain soto yang beda-beda dan banyak ragamnya di Indonesia.

Soto Purwokerto punya kekhasan yang berbeda yakni kuahnya gak pake santan, gak pake mi (hiks!), ketupat sebagai pengganti nasi, pake kecambah, daun bawang dan kerupuk yang langsung dicelupin ke kuah. Nah yang terakhir ini favoritku. Terus kalau di Raja Soto Lama dia menggunakan sambal kacang juga sebagai pengganti cabe. Jadi kuahnya agak kuning kecokelatan. Sambil makan soto, jangan lupa ganyam mendoan purwokerto yang lembut dan benyek itu yah.

soto purwokerto

Mbak Ika, yang sekarang penerus generasi ke-3 membeberkan bahwa merekalah salah satu pelopor soto di Sokaraja sebelum jalan ini terkenal dengan banyak soto, oleh-oleh dan tempat kuliner lainnya. Dia juga bilang resep di balik kelezatan semangkok sotonya ada di kuahnya, yang terdiri dari padanan jahe, kunir, kemiri. Sehari bisa habis sampai 200 porsi loh!

Kalau menurut abang penjualnya, yang paling laris adalah soto sapi. Tapi ada juga jenis lainnya. Ayam, campur (sapi+ayam), babat dll. Kalau aku sih pilihnya ayam aja. Rasanya fresh gitu dan karena cuma pake lontong porsinya gak gitu besar sih. Nambah jangan nih?

Untuk minumnya jangan lupa es dawetnya seger. Yang suka durian, di samping ini ada yang jual dan boleh bawa minta makan di Raja Soto. Slurrp!

Lezatnya Soto Purwokerto

Raja Soto Lama

Harga : Rp.18.000

Alamat : Jl. Mayjend Sutoyo No.55 Purwokerto

Buka : Setiap hari mulai jam 8.00 – 21.30 WIB.

raja soto lama purwokerto

Travel Now or NEVER
4 Responses

Leave a Reply