Indahnya Pantai Nusa Kambangan

pantai karang bandung

Selepas dari Purwokerto, aku udah rencana mau extend sebelum lanjut ke Semarang. Rembuk sana-sini, akhirnya diputusin ke Cilacap aja, sekitar 1,5 jam naik notor. Tapi ternyata ujung-ujungnya aku dan beberapa temen malah kabur hingga ke Pantai Nusa Kambangan karena kabarnya di sana pantainya kece.

Dalam pikiranku pulau ini cuma tempat pembuangan para napi alias penjara. Jadi sungguh aku endak punya ekspektasi apa-apa pas ke sana, cuma beneran ikut temen-temen aja. Di Cilacap kami langsung ke Pantai Teluk Penyu yang banyak nelayan itu dan pasirnya yang hitam. Karena warna pasirnya hitam, plus kurang gitu terjaga jadi kesannya agak kotor. Tapi kalau ditelusuri ke samping-sampingnya, ada semacam jembatan beton yang gak tahu ini udah jadi apa enggak. Yang jelas jembatannya membentang ke samudera. Lucu juga tuh sekaligus uji nyari. Aku jalannya jadi pelan-pelan, takut jatuh mana berangin dan ombaknya lumayan kenceng.

Pantai Teluk Penyu

Pas lagi jalan-jalan di Teluk Penyu, kami ditawari naik kapal langsung menuju Nusa Kambangan dengan tarir 35K/orang PP, gak pake ngetem nunggu penumpang lainnya. Karena udah mulai sore dan kami bingung juga standar harganya berapa, ya sudahlah kami iyakan aja tawaran si calo itu. Rupanya kapal yang kami naiki punya bapaknya sendiri.

Dia berpesan harus segera menelponnya/SMS sebelum jam 5 sore karena kalau keluar dari pulau itu di atas jam 5 dia bakal kena denda sehingga tar kami harus bayar lebih. Ok siap bos!

kapal ke nusa kambangan

Perjalanan kapalnya sih gak lama, 15 menitan lah wong pulaunya di depan itu keliatan juga. Ombaknya lumayan kencang sehingga nyiprat-nyiprat ke muka tapi seneng sih karena akhirnya tahun ini ketemu pantai lagi. Tapi berhubung kami plan-nya semua dadakan, semua pada saltum. Aku pake celana jeans dan baju lengan panjang, tanpa bawa bikini.

Pas nyampe di pesisir Pantai Nusa Kambangan, kami turun dan langsung didatangi seorang anak kecil yang menenteng senter. Dia memberikan kode untuk membawa kami jalan-jalan muter pulau. Salah satu tujuan kami awalnya adalah Pantai Nusa Kambangan berpasir putih yang ada di belakang pulau. Pas tanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ke sana, dia bilang sejam jalan kaki. Hih aku udah males.

“Tapi kalau sama saya, 15 menit aja pake jalan khsusus.” jawabnya mencoba meyakinkan.

Alih-alih, kami malah tambah bingung, yang sejam bisa jadi 15 menit ini pake UFO terbang apa yah. Akhirnya udahlah kami dak jadi liat mercusuar, goa, atau pantai lainnya yang disarankan si adik. Kami melipir sendiri aja ke area kiri yang banyak karang-karang. Kami cari pantai sepi buat leyeh-leyeh aja deh. Setelah berjalan beberapa saat, makin ke kiri, pemandangan jadi bagus dan pasir makin putih dan bersih, hingga akhirnya kami ketemu sebuah pantai yang seperti tertutup karena dipisahin sama karang yang agak menonjol di sampingnya. Terus pantai ini uniknya juga karena ada banyak lumut hijau menyelimuti bibir pantainya.

nusa kambangan

Ya sudah kami di sini aja lah, mumpung udah mau sore juga kan. Plus, tak ada satu makhluk pun di sini. Bebas ngapain. Temenku, si Kak Ika malah santai pipis di pantai sementara aku ganti celana pendek. Habis itu lanjut deh…

Foto-foto,

Ketawa-ketiwi,

Bengong-bengong sambil membiarkan ombak menyapu semua pikiran yang singgah.

Tapi seiring dengan air mulai pasang dan sudah mau jam 5, kami jadi tak bisa berlama-lama, mana kami harus ngelewati beberapa pantai dengan karang. Takut aja tar jalannya ketutup karena air sudah naik.

pantai nusa kambangan

Kami pun langsung mengemas barang dan balik. Pas nyampe di titik penjemputan, barulah kami nelpon si bapak kapal. Tapi berhubung ada kapal lain yang menjemput, kami ikut kapal lain aja dari penumpang yang habis besuk ke penjara. Wah aku jadi penasaran sih gimana tempat tahanan napi kelas kakap ini. Para narapidana ini kan berada di salah satu pulau yang tergolong indah, namun kasihan juga tak bisa menikmatinya. SYUKURIN.. makanya jangan korupsi dan jahat-jahat wkwkwk #ketawasetan

Kabarnya kalau mau ke penjara, mesti sejam lagi. Ah endak usahlah. Wong hatiku sudah terpenjara di Pantai Karang Bandung yang tadi kami kunjungi itu.

..and yes aku baru tahu itu nama pantainya setelah pulang dan googling hahha. Kenapa ada embel-embel Bandung yah? Padahal ini Jawa Tengah loh.

Menurutku lebih cocok kalau dibilang Pantai Karang Bolong karena di satu sisinya ada semacam bolongan dari bebatuan gede. Ala-ala di Sumba tapi bentuk mininya gitu loh. Kece yah?

pantai di nusa kambangan

Ada yang sudah pernah ke Nusa Kambangan?

Travel Now or NEVER

Leave a Reply