Bakso Purwokerto Terenak : Bakso Pekih

bakso purwokerto terenak

Sebelumnya aku mendengar cerita kak Ika bahwasanya dia dan kang aip sudah ingin sekali ke Bakso Pekih, bakso Purwokerto terenak yang ada. Apa daya, mereka kehabisan terus hingga kang aip meninggalkan Purwokerto.

Tapi giliran aku, kak ika, Zain dan Juan ke sana malem-malem, masih buka tuh. Awalnya aku mikir, seenak apa sih? Tempatnya di rumah gitu. Depannya cukup luas untuk parkiran. Pas masuk, ternyata di belakang ada tempat yang lebih luas. Wah ini keknya tempat makan bakso sederhana yang paling gede yang pernah kukunjungi. Di dalem orang-orang sudah pada kalap menghabiskan bakso di mangkok mereka. Untung kami masih kebagian meja dan bakso… meski bakso telor yang kuinginkan udah ludes.

Seperti kebanyakan kisah sukses, Bakso Pekih awalnya jualan dari gerobak keliling di tahun 80-an. Sekarang, dalam sehari mereka udah bisa jual 50-60 kg daging dan yang bakso polos sudah diproduksi pakai mesin. Khusus yang urat masih manual, mungkin itu sebabnya yang paling laku dan direkomendasiin itu urat + tetelannya.

Untuk pemesanan, meski rame banget tapi cepat karena kayak ada dua gerobak yang melayani beberapa mangkok bakso sekaligus. Sistem di sini juga sudah canggih. Pertama kalau mau pesen, panggil waitress-nya tar dia catet pake mesin dan di-print lalu kasih ke abang-abang yang ngambilin bakso. Berbekal kertas print itu, dia udah tahu harus nyiapin apa. Begitu selesai, udah deh dianter.

Gak sampai lama, semangkok bakso udah hadir di meja. Masukin sambal, aduk dan pas menyesap kuahnya, ah nikmatnya. Kaldunya terasa banget kalau diseruput bareng mi putih dan kuning makin maknyoss. Dagingnya juga tidak yang terlalu halus tapi masih ada tekstur kenyal yang bikin lidah bergoyang dan mulut terus mencabik-cabik daging sapi.

bakso pekih

Tak heran ini bakso jadi bintangnya kalau di purwokerto. Siapkan aja perut yang longgar kalau ke sini. Pilihan minumnya juga banyak mulai dari jus,  susu, minuman bersoda sampai soda gembira dan yang lain-lainnya lengkap ada semua.

Betah nih aku nongkrong lama-lama di sini. Apalagi habis itu ada sepasang bule Eropa yang datang juga dan aku bantu translate-in biar mereka bisa pesen. Wah yang turis mancanegara aja sampai ke Bakso Pekih loh! Terus mereka nambah juga… mienya. Kalau daku langsung setengah porsi lagi dong. Pantang pulang sebelum perut kram pokoknya.

Bakso Pekih

Alamat : Jl. Pekih no 14 Sakanegara Purwokerto Timur

Harga : Rp.16.000

Btw kalau mau nambah, pesen porsi kecil bakso polos aja 14rb dan bisa nambah mie nya doang, 3 ribu ehhe.

Buka ampe malem atau sehabisnya deh.

bakso pekih purwokerto

Travel Now or NEVER
7 Responses

Leave a Reply