Seru-Seruan Maen Scooter Pake GrabWheels

•8
grabwheels

Gengs yang lagi di Jakarta, coba liat aplikasi Grab-mu pasti ada ikon baru yaitu : e-Scooter alias GrabWheels.

Sebenarnya beberapa bulan lalu aku udah pernah liat temenku nyoba GrabWheels, tapi itu di BSD. Menarik tapi jauh amat dah. Belakangan tiap pulang dari Blok M, selalu liat orang wara-wiri pakai ini. Barulah ketika diajakin Richo buat nyoba yang di FX, langsung dong aku gaskeun tawarannya.

Berdasar pengalaman Richo, kalau udah sore suka gak kebagian atau baterai scooternya udah habis, maka kami coba pas jam 3. Tempat GrabWheels kalau di FX ini ada di depan pintu utama. Berbaris banyak dan cukup mencolok. Namun sayangnya satu per satu kami coba scan, nihil hasilnya. Entah error atau gak ada baterai, kami pun bingung.

Nyaris putus asa, tetiba datanglah dua orang cewek baru selesai pake Grabwheels. Langsung aku dekati dengan maksud mau memakai scooter mereka. Setelah mereka “End Trip” di HP masing-masing dan scan barcode yang ada di area parkir GrabWheels itu, maka usailah sudah perjalanan mereka.

Aku langsung buka Grabku dan pencet e-Scooter. Terus pilih menu Scan dan arahkan ke barcode yang ada di scooter bekas cewek tadi. Kalau berhasil, maka scooternya ada bunyi pertanda sukses. Setelah itu di aplikasi Grab, keluar notifikasi cara menggunakan. Baca sampai selesai yah biar gak bingung. Setelah itu tampilan Grab bakal ngasih info waktu, jumlah kilometer, serta baterai scooter. Di layar scooternya sendiri, juga bisa liat ada status baterainya dan kecepatan kita bawanya.

Awal-awal pake, aku belajar muter-muter di depan FX itu. Kagoknya cuma karena belum pernah naik scooter listrik gini. Kalau soal balance, kayaknya aku bisalah. Cuma pertama-pertama juga baru ngeh kalau ternyata scooter awalnya harus kita dorong dulu dengan satu kaki, habis itu tekan terus tuas hijau di kanan karena itu ibarat gas di motor. Kalau cuma ditekan sekali gitu, yah endak jalan. Jadi harus digas terus. Kalau emang mau pelan, yah kadang dilepasin. Setelah itu jangan lupa cek rem. Ada dua rem yakni yang di tangan kiri dan di belakang, yaitu pake kaki diinjek gitu. Aku lebih suka pake kaki karena remnya gak langsung mendadak kek rem tangan yang malah suka bikin terkejut.

Setelah cukup PD dan baca bismillah, aku langsung bawa ke jalan. Tapi untuk keluar dari FX. karena ada penurunan aku endak berani. Jadi kutenteng turun sajalah biar aman. Ohya pakai selalu yah helm-nya. Segala resiko, mati atau cacat ditanggung masing-masing loh. Sayangi dirimu. Emak babe nunggu di rumah. Cicilan KPR juga menanti. Eeh~~

grabwheels jakarta

GrabWheels

Dari FX, kami menuju ke GBK. Sepanjang jalan terkadang kami ditanyai pinjem di mana, berapa dll. Emang sih keknya lum pada ngeh atau beberapa orang simply gak beruntung karena yah itu tadi scooternya gak bisa digunakan.

Rasanya kalau naik GrabWheels, GBK yang luas banget itu serasa cepet banget ditelusuri. Kami masuki ke semua area yang bisa dieksplor hingga ke area padang ilalangnya yang terkenal itu. Aku liat banyak yang pada olahraga membakar kalori. Eh kami dengan santainya lewat pake scooter, rasanya gimana gitu ehe.

Usai muterin GBK, keluar terus lanjut ke Senayan Trade Center muter ke Plaza Senayan terus balik ke FX. Pas pula kami ketemu dengan jam pulang kantor kerja, macet dan semua tumpah di jalan. Kebetulan trotoar di area STC hingga Plaza Senayan itu gak mulus jadi naik scooternya jadi gretek-gretek goyang gitu terus harus turun naikin scooternya karena bahu jalannya enggak rata dan agak susah dilewati scooter. Fiuh lumayan challenging apalagi sambil diliatin orang-orang.

grabwheels di jakarta

Tapi meski gitu, suka banget ama scooter elektrik ini. Ramah lingkungan dan berasanya olahraga karena berdiri 2jam-an lebih sambil kadang gotong-gotong scooter ini bikin keringetan juga sih.

GrabWheels Scooter

Harga : Rp.5.000/30 menit. Cuma bisa pake Ovo aja. Pastikan punya saldo banyak karena dia otomatis motongnya. Plus biar gak khawatir juga lagi main terus scooternya mati.

Kecepatan : Paling mentok aku tes cuma bisa 16km gitu sih. Tapi ingat kalau rame orang, pelanin atau dituntun aja yah karena orang-orang pasti ngeri juga kena tabrak scooter.

Tips : Cari tempat GrabWheels ini dari aplikasi Grab yah. Setelahnya pipis, eek, minum, makan dulu sebelum naik biar gak ribet. Jangan bawa banyak barang. Gak ada tempat narok jadi bawalah tas ransel kecil aja dan botol air minum juga yah. Kalau kalian mau balikin di tempat Drop Of Point GrabWheels, bisa juga kok. Sing penting kalau udah, End Trip di aplikasi Grab setelah itu scan barcode yang ada di parkir GrabWheels (bukan di scooternya).

Waktu Terbaik : Weekdays pagi sampai siang. Pas aku balikin scooternya, sudah banyak orang yang lagi nyoba scan tapi endak bisa. Sedangkan baterai scooterku juga tinggal setengah kurang. Sayangnya di FX ga da tempat isi baterainya sih. Jadi banyak yang apes gak kebagian. Malah ada orang yang dateng bareng kami awalnya enggak dapet GrabWheels. Terus pas kami pulang, dia datang lagi cuma buat nyoba tapi tetap enggak dapet lagi. Kasian 🙁

Jadinya aku dan Richo setelah selesai, kami ngasih scooter kami ke orang-orang dan nunjukin cara scan, pakai hingga ajarin cara naiknya gimana. Berasa jadi pegawai Grab deh karena pada nanya-nanya juga karena maklum aja pas di awal-awal mang agak bingung juga. Mudah-mudahan karena animonya tinggi, semoga ada orang Grab yang diturunkan buat standby di sini jadi kalau ada keluhan atau kesulitan bisa langsung diatasi.

Semoga juga fasilitas ini diperbanyak yah Grab. Sekalian please sediaiin tempat ngecas scooternya jadi begitu balikin, bisa dicolokin dulu buat pengguna berikutnya. Semoga makin banyak juga tempat-tempat Drop of Point-nya sehingga orang-orang makin beneran bisa beralih pake ini aja kalau kemana-mana.

Akhir kata, makasih buat Grab yang sudah membawa mainan baru ini ke Jakarta! Bravo!

grabwheels gbk

Travel Now or NEVER
8 Responses
  1. suamiku kantornya kan daerah blok m. naaah kmrn dia nyobain mba, dan lgs fotoin ke aku, cerita kalo asiik banget pake scooter listrik ini. minta izin mau beli lagi wkwkwkwkwk… yaelaah mnding nyewa aja ama grab dah, drpd mahal2 beli :p. aku blm coba sih, penasaran jg. ntr kapan2 ah kalo lg main k daerah sana 😀

Leave a Reply