Cara Hilangin Kutu Rambut Nih!

kutuan

Awalnya kukira tiap anak kecil itu pasti pernah kena kutu rambut. Yah setidaknya itu yang terjadi ketika aku SD. Dulu zamanku kan main di lapangan, debuan, main tanah, comberan dll sepertinya udah biasa sehingga mungkin faktor jorok mempengaruhi juga. Tapi bisa jadi juga karena ketularan dari orang lain.

Tapi nyatanya adik-adikku gak gitu padahal masih main di luar juga. Hingga waktu si dede (SMP kelas 3) tiba-tiba garuk-garuk kepala mulu pas aku pulang kampung.

kutu rambutkutu rambut (2)

kutu rambut (3) kutu rambut

kutu rambut kutu rambut

kutu rambut kutu rambut

kutu rambut kutu rambut

Nah itu cerita kenapa awal mulanya dulu aku ngecat rambut. Selain buat gaya, yah sekalian biar kalau pas ada kutu, langsung tewas tuh hewan penghisap darah ditimpa dengan bahan kimia pewarna rambut.

Tapi beneran deh. Emang yang paling ampuh buat membunuh kutu rambut adalah minyak tanah. Habis itu tinggal dikasih api, BAKAR!

Gak deng itu mah bukan cuma menghilangkan kutu, tapi sekaligus nyawa orang!

Jadi caranya cukup basahi rambut lalu tutup dengan handuk atau kain atau baju. Diamkan 10-15 menit. Pasti rasanya gatel banget. Gpp itu artinya minyaknya bekerja dan kutunya sedang mampos. Tahan aja. Setelah itu dibuka, baru deh kutu rambutnya pada rontok. Kalau telurnya, bakal tetep ada yang nempel jadi harus pake sisir serit atau diambil manual. Aku kalau pas narikin telur kutu dan pas pencet dia bunyi gitu, ugh rasanya ada kepuasan tersendiri loh. Gemesssshhhh~

Ulangi pemakaian minyak tanah hingga 3-4 kali. Dijamin bersih. Setelah itu bilas rambut dan boleh shampoo-an agar menutupi bau minyak tanah. Btw kalau pake Peditox sih sebenarnya bisa tapi kurang manjur dan agak lama sehingga cuma kupakai pas terakhir-terakhir aja.

Terakhir : Ganti dan pisahkan sisir rambut, handuk, baju, sarung bantal seprei selimut orang yang kutuan. Sementara agak dikarantina dikit biar gak nularin ke yang lain.

Setelah adikku yang paling kecil itu kena, tahun berikutnya giliran adik yang gede yang kena. Kayaknya sih dari temennya. Kalau aku sendiri, pernah juga sekali kutuan pas udah tua gini gegara naik ojol helmnya basah bekas kena hujan. Nah lembab-lembab gitu terus aku gak langsung keramas karena lagi pergi ke mana gitu. Udah deh habis itu kepala gatel-gatel dan mulai muncul kutu. Cepat-cepat gunting rambut dan pake peditox dulu buat pencegahan. Kalau makin parah, yah minyak tanahlah udah.

Kalau kalian pernah terjangkit kutu rambut gak?

Jangan ampe masuk ke telinga yah kutunya, tar jadi gatel, korek-korek telinga dan infeksi kek daku.

**

NEXT : Nginap di hutan demi ketemu Orang Rimba

Travel Now or NEVER
3 Responses
    1. Lenny Lim

      Iya kalau dulu harus nyari di warung gitu baru ada minyak tanah. Keknya bensin juga bisa kali ya tapi lum pernah coba haha

Leave a Reply