Jangan Korek Kuping!

klinik erha

Nikmat membawa sengsara. Mungkin itu kalimat yang pas buat menggambarkan sensasi korek kuping. Telinga rasanya langsung semriwing geli-geli enak gimana gitu sewaktu ada benda asing masuk dan mengobok-obok kuping.

Gitu aja terus hingga jadi kebiasaan. Tak sadar tanpa diperintah, kelingking rajin mampir. Setelah lega pergi, rasa gatal pun muncul. Begitu seterusnya hingga rasa gatal tak tertahankan. Makin intens dan berubah menjadi panas dan mulai nyut nyut.

Lama-lama, telinga kehilangan fungsinya. Berasa budeg, serasa ada air, nyeri dan mulai nyerang kepala. Ini aku ngerasain udah 2x ke dokter THT cuma buat ngurus beginian huhu semua cuma berawal dari iseng korek telinga. Nih kronologi lengkapnya di gambar ini yah :

korek kupingkorek kuping (3)

korek kuping (4)korek kuping (5)

korek kuping (6)korek kuping (7)

korek kuping (8)korek kuping (9)

korek kuping (10)korek kuping (11)

korek kuping (12)korek kuping (13)

korek kuping (15)korek kuping (16)

Biaya dokter = tindakan = 90rb (di luar biaya adm RS dan obat).

Emang sih dulu awalnya dibersihkan mama, jadinya kebiasaan. Ngerasa kudu bersihin padahal SALAH. Telinga normal dan sehat adalah organ self-cleaning, sama kek vagina yang tak boleh dipakein sabun permbersih khusus. Dia tidak butuh bantuan apa-apa buat menjaga dirinya. Justru dengan kita ngorek malah mengganggu sistemnya. Yang aku pahami itu gini. Di telinga kan ada semacam minyak/kek lilin gitu yang juga berfungsi kek anti bakteri gitu. Jadi kalau ada kotoran masuk, si minyak ini nangkep kotoran itu dan dikumpulin. Nah itulah yang jadi taik kuping. Lalu lama-kelamaan dia mengeras dan nantinya keluar sendiri. Cara keluarnya yah dengan gerakan rahang kek pas makan atau pergerakan wajah, tar si taik keluar sendiri. Kalau pun mau bersihin cukup di luarnya di mana kalau taiknya terlihat jelas. Sisanya yang di dalem, biarkan saja karena tidak menggangu toh.

Aku pribadi anti banget pake cotton bod karena justru mendorong kotoran masuk. Kalau terpaksa banget, pake korekan besi dan minta tolong diambilin. Again, cukup diluar aja jangan sampai dalam dan bersih banget. Kek slogan rinso, berani kotor itu baik.

Terus Gimana Kalau Gatel?

Tahan. Fokuskan perhatian ke aktivitas lain biar rasa gatalnya teralihkan.

Kalau gak kuat, diuwel-uwel aja telinganya. Gerakin rahang buat menstimulasi rasa gatelnya. Bisa juga coba tetesin baby oil. Biasanya rasa gatel itu karena telinganya kering selepas dikorek mulu. Bisa juga tanda-tanda ada yang gak beres. Jadinya kalau digaruk lagi bakal makin berabe.

Jadi sama sekali gak usah bersihin?

Yup setelah infeksi dua kali, aku wes kapok. Dibiarkan saja. Kalau ngerasa penuh atau ada yang gak beres ke dokter THT saja. Kalau mau bersihkan, cukup telinga luar yang terlihat oleh mata. Bolehlah kalau ada temen/keluarga bisa minta tolong liat isi telinga kalau sudah penuh banget boleh bantu dikeluarin sedikit tapi pakai korek besi dan hanya bagian luar aja yah. Cotton bud is a big no no. Sisanya lap aja pakai handuk/tisu selepas mandi.

Sumpah deh kalau belum pernah ngalamin infeksi telinga, tulisanku ini terasa bullshit dan aneh. Tapi kalau udah apes, bisa bernasib buruk kek beberapa komen di twitterku ini. Ngilu-ngilu ngebayanginnya.

Travel Now or NEVER
10 Responses
  1. snydez

    ada orang yg liang kupingnya tidak mempermudah kotoran telinga keluar.
    dulu sering ke tht karena ya mampet gitu, somehow sekarang sudah agak jarang. paling setahun sekali

  2. Andi Telaumbanua

    Kalau sakit gini, kayaknya aku da 4 kali. Sekarang aja lagi ngalaminnya. Awalnya hanya karena ngerasa gatel. Trus ngorek pakai cottonbut. Akhirnya jadi radang. Temanen deh dengan ottopain

    1. Lenny Lim

      Iya jika uda gatel itu biasanya tandanya ud gak sehat. Jadi gak boleh makin digaruk.

      Semoga ga sering kambuh ya sakitnya 🙂

  3. si engkong Ozi

    Len, waktu kecil pernah ngalamin kaya gitu, sekarang kagak pernah lagi, sekarang kalau gatel dikorek sebentar doang buat hilangin gatelnya doang, tapi sekarang kalau korek kuping selalu berasa mau muntah gak tahu napa tuh

    1. Lenny Lim

      Mungkin sugesti engkong.. baguslah ga usah dikorek… kalau ngerasa ud penuh banget ke dokter biar dibersihkan 🙂

Leave a Reply