Aktifitas di Rumah Selama Wabah Corona

corona

Guys, awalnya aku sih enteng saja dengan Corona. Lama-lama baca berita dan ikutin semua update-nya, jadi cemas juga. Kayaknya selama aku hidup, Indonesia belum pernah diterpa wabah nasional macam ini dah di mana sampai opsi lockdown sempat terpikir. Belum lagi tempat keramaian macam mall sudah seperti hari lebaran. Sepi cuk.

Wajar sih dan mang harusnya gitu karena sebisa mungkin jangan keluar dulu untuk menghindari penyebaran. Aku tuh sebenarnya paling gak bisa loh mendam di kosan aja. Minimal 3 hari sekali itu mesti keluar karena kan sehari-hari aku freelance jadi mang udah di kosan mulu. Yah bosen dan pengap aja gitu.

Namun berhubung lagi Corona gini, ya sudah aku tahan-tahanin dan berikut beberapa ide kegiatan yang aku saranin biar gak pada bosen atau cuma rebahan doang. Yuk tetap produktif meski situasinya begini.

Olahraga Pagi

Ini buat dapet Vitamin D dari sinar matahari pagi. Biasanya kalau udah pagi aku buka pintu kosan jadi sekalian buat sirkulasi udara dan plus papar sinar matahari. Aku mang gak olahraga yang gimana-gimana banget. Biasanya pemanasan terus loncat-loncat, sit up bentar hingga sekiranya keringetan gitu. Itu pun cuma di depan kamar kosan sih. Simpel tak lama paling setengah jam udah. Tapi rasanya seger karena setelahnya seharian kan tidak banyak bergerak jadi harus banget memulai hari dengan kucuran keringat dan semangat.

Memasak

Sekiranya sudah punya stok bahan makanan, bisa mulai masak seadanya saja. Di saat wabah gini, asupan makanan yang sehat dan seimbang itu penting buat daya tahan tubuh yang baik. Dan tidak ada yang paling baik daripada makan masakan rumah / sendiri karena lebih terjamin kebersihan dan kualitasnya.

Bersihin Lemari Pakaian

Yah sedikit meniru ala Marie Kondo bolehlah yah. Tapi beneran dah kalau lemari itu rapi dan hanya diisi oleh barang-barang yang emang kepakai, maka rasanya senang aja gitu. Mumpun ada waktu sekarang, coba mulai merapikan. Pisahkan juga pakaian yang sekiranya sudah tak dipakai untuk disumbangkan ke orang lain atau bisa juga simpan buat acara Tukar Baju di mana tar kita dapet baju bekas orang lain yang masih sangat layak. Bajunya bagus bagus banget kok. Mereka pun juga nerima donasi pakaian layak loh. Kalau sudah bisa lanjut sekalian evaluasi sandal sepatu, tas dan aksesoris lain.

tukar baju

tukar baju di jakarta

Bersihkan Kamar Mandi dan Rumah

Gosek-gosek WC itu juga semacam olahraga buatku. Malah bisa jadi stress reliever. Ganjarannya, rumah bersih dan apik, maka kita pun yang tinggal di dalam jadi turut terjaga kesehatannya.

Berkarya

Pernah gak pengen coba keahlian baru seperti menggambar, menjahit, berkebun, bikin puisi dan lain-lain tapi merasa gak punya waktu atau gak tahu harus bagaimana. Nah ini saat yang tepat sih buat memulai. Coba pelan pelan saja. Nikmati prosesnya. Jika sudah cukup percaya diri, boleh dibagikan ke blog, sosial media, youtube biar dapat respon dari orang lain.

Kerja

Nah loh. Aturan work from home itu kan sebenarnya sama aja kerja cuma lokasinya diganti jadi ke rumah. Memang agak challenging sih karena kondisinya kadang bisa jadi tidak mendukung. Tapi usahakan seoptimal mungkin untuk tidak mangkir dari kerjaan yah.

Bobo Siang

Dulu zaman kerja, bobo siang itu jadi kemewahan sendiri. Nah ini saatnya coba dinikmati mumpung sekali kali bisa. Yang perlu diperhatikan kerjaan sudah selesai yah biar gak dicariin orang-orang.

Belajar

Buat anak-anak sekolahan, Ruang Guru dan Zenius menyediakan kontennya untuk dinikmati gratis agar tidak ketinggalan dengan pelajaran. Manfaatkan dengan baik yah. Buat yang sudah kerja, selalu sempatkan untuk meningkatkan kapasitas diri kita. Bisa untuk memperdalam ilmu sekarang atau coba ilmu baru. Seperti aku tahunya nulis doang, tapi sekarang beralih nyoba-nyoba bikin video youtube. Karena gimanapun dan di mana pun, harus dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan zaman.

Perawatan Tubuh

Kalau aku doyannya luluran, lumayan lah bersihin daki dan mandi yang lama, bisa kali sejam. Habis itu bisa lanjut maskeran, pake kutus-kutus, minyak urang aring untuk rambut, olive oil buat badan dan sebagainya. Badan jadi releks dan mood jadi baik kembali. Mumpung bentar lagi mau lebaran, yuk memanjakan tubuh yang sudah ringkih ini.

Gambar di bawah ilustrasi pas facial di Erha. Ehe.

masker erha

Detok Sosial Media

Gak perlu seharian tapi coba sesekali gak berselancar di internet. Soalnya kadang terlalu banyak menyerap informasi itu bikin otak capek sih. Lum lagi kalau selalu mantau berita Corona, yang ada malah tambah panik bawaaannya. Jadi lebih baik dijeda yah. Ngecek pagi dan sore saja, setelahnya manfaatkan waktu berharga dan jarang ada ini dengan menghabiskan waktu bersama keluarga. Gak perlu repot, bisa sambil ngobrol, bermain, mengerjakan tugas bareng atau sambil masak-masak. Please have a quality time together!

Membaca

Di era digital, rasanya membaca jadi suatu hal yang justru jarang ditekuni, kecual baca tweet / caption. Coba sekali-kali baca buku fisik baik itu majalah, novel, koran atau apa saja. Rasakan kembali sensasi memegang buku atau menghirup buku baru yang mungkin sudah lama tak dirasakan. Tapi kalau mang gak ada, ya wes baca ebook juga bisa. Seperti blog, news, atau download apps free e-book yang banyak bertebaran.

Update dengan Keluarga/Teman Lama

Di saat seperti ini, terkadang baru teringat dengan keluarga yang nun jauh di kampung. Cemas gimana mereka yah apa sehat-sehat aja? Lalu kepikir juga sahabat karib dulu apa kabarnya yah sekarang. Bagaimana hidupnya? Laju kehidupan sekarang memang sungguh dinamis kadang mau tak mau membuat kita lupa untuk bersosialisasi. Tak ada salahnya sesekali menayakan kabar keluarga / sohib. Seharian di kos apalagi buat aku tanpa ada interaksi dengan manusia itu terkadang gak baik juga. Butuh sesekali ada video call dengan orang lain atau sekadar sharing hal receh dengan teman.

Entertainment

Ini mah suka-suka deh. Yang mau nonton drakor, rebahan sambil twitteran, bikin kue atau apapun itu yang disukainya, silahkan saja. Saatnya relaksasi. Kalau aku palingan yah buka youtube, nyanyi-nyanyi gak jelas atau baca komik.

Tidur Cukup Jangan Begadang

Istirahat cukup itu penting banget, ada atau tidak ada wabah. Jadi jangan disepelekan yah. Kualitas tidur juga perlu diperhatikan. Semoga dapet deep sleep tanpa terbangun bangun gitu. Usahakan tidak memegang smartphone terus karena bikin makin gak tidur.

Sisanya, lakukan anjurang yang sudah sering digaungkan :

Cuci tangan

Mandi

Mengurangi Berpergian

Minum Air Putih Banyak

Pakai Masker Jika sakit

dan tentu saja perhatika juga lingkungan sekitar yah. Apakah ada yang butuh bantuan, ada yang sakit dll

Semoga pandemi Corona cepat usai karena sudah tak sabar ingin kembali punya hidup yang normal tanpa was-was. Amin~

Travel Now or NEVER
2 Responses

Leave a Reply