2 Tempat Terbaik Melihat Sunset di Sentani

bukit teletubbies

Kalau bicara soal Papua, maka wisata yang digadang-gadang biasanya adalah Raja Ampat. Tapi pas pertama kali aku menginjakkan kaki di Papua, takdir membawaku melihat Festival Danau Sentani 2018. Pun aku tak kecewa karena menurutku semua tempat di Papua sama indah dan uniknya. Sentani – Jayapura, yang harus kutempuh 10 jam lebih dari Jakarta hingga pinggangku mau lepas, menyisakan aku kenangan akan tempat terindah melihat matahari terbenam. Kalau bolehlah aku bandingkan, ada 2 tempat terbaik untuk melihat sunset di Sentani yang paling populer dan langsung mencolong hatiku.

Bukit Teletubbies

Heran dah kalau di Indonesia liat ada bukit hijau-hijau yang bergunduk-gunduk, mesti langsung dinamain Teletubbies. Jadi begitulah sebuah bukit di sekitar area pegunungan Cyclop, dikenal dengan nama Bukit Teletubbies. Aku gak tahu ada nama aslinya gak karena palang nama pun tak ada. Bukitnya lumayan mudah dinaiki, tidak terlalu susah. Susahan Pulau Padar malah. Di atas bukit ini ada sebuah salib loh. Salib ini menghadap ke arah tempat jalan kaki yang membelah bukit ini.

bukit teletubies

sunset sentani

Sekilas mirip di Campuhan – Ubud (kek di foto paling atas). Bedanya di sisi satunya ada view Danau Sentani. Di satunya ada view hijau-hijau. Lengkap deh tinggal pilih mau yang mana. Cukup panjang juga jalur trek jalan kakinya jadi aku gak sampai pojok sih. Untuk momen matahari terbenamnya, ada menyembul tepat di atas danau. Kalau sudah begini semua pada duduk manis menghadap danau sambil melirik bayangan semburat langit yang terpancar dari air danau.

sunset bukit teletubbies

Danau Love

Begitu mudah jatuh cinta dengan Papua. Alamnya, orang-orangnya, dan tentu saja sunsetnya. Momen terbaik yang aku pernah liat dan rasakan yaitu ketika di Danau Imfote atau Danau Love. Ke sananya cukup ribet karena sewa perahu lalu lanjut mobil 4D karena jalannya masih tanah. Namun seperti pepatah, tempat yang aksesnya sulit, biasanya akan memberikan pengalaman yang setimpal.

Hal itu aku percaya seutuhnya. Benar saja, sampai di sana tak ada manusia satu pun. Momen matahari kembali ke peraduannya langsung terhampar di depan mata. Begitu khusyuk dan syahdu membuatku tidak ingin mengedipkan mata agar tidak melewati momen yang hanya bertahan dalam hitungan menit itu.

sunset di sentani

Semburat di langit tampak seperti lukisan alam yang begitu indah. Rasa-rasanya aku sudah lupa kapan terakhir kali melihat sunset yang seperti ini?

Backdrop bukit-bukit hijau dan ilalang di belakang membuat suasana kian ciamik. Semua seperti terjadi dengan begitu sempurna.

Ketika pulang dari Jayapura, kebetulan sekali pesawatku bermanuver di atas Danau Love. Seakan-akan danau tersebut ingin mengucapkan salam perpisahan padaku. Ah.. sekali lagi aku jatuh hati pada Danau Imfote.

danau love sentani

Lihatlah sendiri video dari dua tempat terbaik melihat sunset di Sentani yang ada di video ini :

Nah jadi mana yang paling kalian suka kira-kira? Ada rekomendasi tempat lain?

Travel Now or NEVER
2 Responses

Leave a Reply