Retur JNE! Batal Ngirim Paket. Balikin AJa.

hotel crowne

Aku baru pulang dari ngirim paket orang yang belanja di akun shopeeku. Pas mau masukin no resi, aku terperanjat karena statusnya ternyata belum bayar. Aku panik. Segala pikiran buruk berkecamuk. Kalau paketnya nyampe dulu keknya pembelinya bakal ngilang ditelan bumi nih. Aku merutuki kebodohanku karena ga teliti. Aku langsung menghubungi si pembeli untuk mengingatkan membayar. Namun tak ada respon. Aku parno dan akhirnya memutuskan balik ke agen yang tadi karena mau retur JNE aja alias membatalkan pengiriman.

Aku ngirim paket itu jam 11.30. Sedangkan jam 14.30 aku uda di sana lagi. Si mas JNE bilang paketku udah dijemput JNE. Dia menyuruhku telp CS JNE di 021 2927 8888. Aku telp dan untung langsung diangkat. Aku jelaskan keinginanku mau retur JNE serta alasannya. Mbak CSnya membantu proses pembatalan. Selanjutnya aku diminta email ke JNE di alamat [email protected] dengan subyek “Retur Pengembalian” dan menyertakan foto resi, KTP serta alamatku serta no HP.

Email harus diterima dalam 1×24 jam agar paket tidak dikirim. Selanjutnya nanti kalau sudah email, paket itu akan dikirim ke alamatku. Namun jika aku gak email dalam sehari itu, maka paket itu mau tak mau tetap dikirim ke penerima. Aku pun mengangguk-angguk dan siap melaksanakan perintah mbaknya. Setelah tutup telepon, untungnya si pembeli merespon chatku dan memintaku menunggu untuk membayar.

Aku deg-degan dan bingung mau percaya pada pembeli yang tak kukenal ini dan mengambil resiko atau mending dibatalin aja kirimnya. Paketnya isinya sebenarnya gak banyak sih tapi buatku itu lumayan juga kalau diduitin. Mana lagi bokek kan. Akhirnya aku putuskan balik ke kos dulu sekalian merenung dan berpasrah diri.

Setelah pulang, aku buka lagi aplikasi di shopee dan kulihat pembeli sudah konfirmasi membayar pesanan. HUHU akhirnya T.T mau sujud sukur rasanya. Untungnya keteledoranku gak sampai bernasib jelek. Sekarang yang kulakukan adalah kembali menelpon CS JNE lagi. Malu juga sih karena udah nyusahin mereka. Untung dapat CS yang beda. Kali ini aku mohon pengajuan retur JNE ku dibatalin aja alias dilanjutin aja kirim, jangan dibalikin ke aku. Mas CS nya nanya alasannya dan yah jujur aja aku bilang si pembeli udah bayar jadi gak ada lagi alasan untuk gak ngirim barangnya.

Mas itupun mengiyakan dan memenuhi permintaanku. Fiuh leganya. Tak lama setelah nelpon CS tadi, kira-kira sejam kemudian ada CS JNE nelpon lagi ke nomorku mastiin jadi ini mau ngirim apa dibatalin. Riweuh banget. Aku pun kalo jadi CSnya pasti bingung dan pengen nampol wkwk. Jadinya yah wes aku minta tolong lanjut dikirim aja. Maafkan kehaluanku. Yah andai kata aku gak panik dan nunggu yah mungkin gak perlu bikin pengajuan retur. Tapi mau gimana lagi kan aku ga tenang juga. Jadi yah sudah yang penting aku tahu alurnya gimana kalau suatu saat butuh.

 

Kesimpulannya aku kagum sama CS JNE cekatan banget dan ga menyulitkan sama sekali. Emang ini ekspedisi paling bisa diandelin sih soal ngirim-ngirim. Cepat pula. Saking cepatnya baru beberapa jam, paketku ud diangkut ke gudang mereka buat disortir ckckck

Kalian pernah retur juga gak? atau ada pengalaman apa pakai JNE?

Travel Now or NEVER
2 Responses
  1. Zam

    wah, baru tau dan menarik bisa membatalkan pengiriman. kira-kira kuror lain bisa ngga ya? kemudian kalo dibatalkan, apakah uangnya kembali? sepertinya sih ngga ya..

    1. Lenny Lim

      Enggak bali.. karena opsinya cuma kalau mau retur, barang balik ke kita.. kalau enggak tetap lanjut kirim seperti awal ehe

      Operator lain aku lum pernah coba ehe

Leave a Reply