Pempek Belitung yah Mama Rio

pempek di belitung

Sebagai penggila pempek, tiap ke daerah Sumatera, biasanya aku nyari mpek lokal, termasuk lah pempek Belitung. Meski di sini budaya makan pempek tidak seheboh di kampungku Jambi, tapi masih adalah beberapa warung pempek, salah satunya kepunyaan Mama Rio yang direkomendasikan ama guideku, Bang Ogut. Pempek Belitung ini buka sore hari dan pas aku ke sana, sengaja buat makan malam sekalian.

Lokasinya di depan rumah pemiliknya dan pas datang sih rame dan tamu terus berdatangan. Fix kalau gini aku gak ragu ama rasanya, pasti enaklah. Aku juga sempat permisi numpang toilet dan WC jongkoknya juga bersih, berasa di rumah sendiri jadinya.

Di Pempek Mama Rio ini menunya ada tekwan, model dan pempek ; kuit, telor dan panjang. Modelnya udah habis, sehingga aku pesan tekwan dan pempek campur. Ukuran mpeknya besar jadi ditambah semangkok tekwan sudah bikin kenyang.

pempek belitung

Sayangnya pempek belitung ini cukonya encer dan cenderung manis buatku. Beda banget sama pempek Bangka yang punya 3 varian cocolan. Untungnya ikan pempek ini terasa banget dan gorengnya crunchy kriuk kriuk sehingga aku makannya gak perlu pake cuko pun sudah lezat.

Terus minumnya pake minuman lokal sini dong yaitu, es jeruk kunci. Jeruk ini juga bisa diperas masukin tekwan biar makin segar kuahnya. Jangan lupa sesendok cabe untuk pelengkapnya.

Tapi karena masih ngidam makan model, jadinya aku celupin pempek telor ke tekwanku. Apalagi kuah tekwannya enak, kaldungnya ringan dan gurih. Ada soun, jamur kuping dan berbagai rempah. Sayangnya tekwannya kurang pas di lidahku. Masih enakan bakso ikan Belitung.

tekwan belitung

Karena aku cocok dengan pempeknya, aku pun pesan buat dibungkus besok balik ke Jakarta. Mereka ada paket khusus yakni 150rb udah dapat 15 mpek, masing-masing 3 jenis itu. Pesannya jangan mendadak yah karena mereka bikinnya terbatas karena produk rumahan. Aku juga request gak usah kasih cuko tapi boleh gak minta kuah tekwan sebagai penggantinya… dan di iyaiin sama Mama Rio, duh senang sekali.

pempek mama rio

Selain karena enak, pempek homemade ini juga gak pake pengawet dll sehingga lebih sehat. Mama rio dan stafnya juga ramah dan sepertinya kenal dekat dengan para pengunjungnya. Pastinya udah lama bercokol di Belitung dan jadi pionier pempek Belitung nih. Mantap~

Ada rekomendasi pempek belitung lainnya?

Pempek Belitung Mama Rio

Alamat : Jl. Mayjend Bambang Utoyo, RT.04/RW.01, Parit, Tj. Pandan.

Harga : Pempek 15rb. Tekwan & Model lupa, keknya 20rb kali. Masih tergolong murah meriah kok dengan kualitas ikan yang segar, segini sudah pas!

Jangan lupa tonton sedapnya makanan Belitung lainnya yang harus dicoba!

Next : Lihat Batu Penis di Belitung.

**

NEXT : Nginap di hutan untuk ketemu Orang Rimba

NEXT : Mall Ashta baru di SCBD. Ada Rooftop dan balkoninya keren dengan view gedung pencakar langit.

Travel Now or NEVER

Leave a Reply