Minyak Alami Untuk Kesehatan & Kecantikan

minyak alami

Udah beberapa tahun ini aku memilih lebih banyak pake minyak alami buat tubuh. Entah itu makanan, produk ramah lingkungan hingga ke perawatan tubuh. Lebih sehat gitu loh. Manfaatnya juga lebih kerasa. Dulu contohnya aku pake body lotion, sekarang udah gak pernah soalnya bisa diganti dengan berbagai produk berbahan dasar alam buatan Indonesia.

Pun baunya enak banget dan harganya sebanding. Bahkan bisa lebih murah juga daripada beli produk brand besar.

Jadinya sekarang kalau ke supermarket atau ke daerah, kadang suka liat liat minyak minyakan alami buat oleh-oleh. Di kosan sendiri ada beberapa minyak yang wajib banget aku punya :

Minyak Kutus Kutus

Aku lupa sejak kapan Minyak Kutus-Kutus ini popular. Yang jelas mulai tahun lalu aku sudah menjadi pelanggan setianya. Awalnya karena kakak iparku membalurkannya untuk anak-anaknya. Tak lama, dia pun ikut menjadi reseller produk ini saking cintanya. Memang lumayan ngefek karena keponakanku yang kecil-kecil jadi jarang batuk pilek atau terserang penyakit. Jadinya, aku pun membiasakan memakai Minyak Kutus-Kutus selepas mandi. Caranya dibalur ke perut, kaki, tulang belakang, leher dan area yang diinginkan. Rasanya badan menjadi enak. Kalau ngerasa perut ga enak kek kembung juga bisa oles oles ini. Jadiin buat pijet juga OK banget.

Olive / Zaitun Oil

Selepas membalurkan Minyak Kutus-kutus, aku lanjutkan dengan menuangkan Olive / Zaitun Oil ke area tubuh lainnya. Ini buat pengganti hand body biar kulitku lembab. Sebadan badanku ini cenderung teksturnya kering jadi lebih mantul kalau pake minyakan gini karena lebih nyerep. Minyaknya juga gak lengket dan bagus banget buat melembabkan kulit. Teksturnya agak kental sehingga aku yakin banget nutrisi yang terkandung di dalemnya sangat kaya. Kalau pagi-pagi bangun masih enak gitu kulitnya. Selain dua jenis ini, biasanya aku suka coba virgin cocounut oil tapi ini mahal sih huhu

Minyak Urang Aring

Awalnya aku ke warung langgananku dan melihat ada satu buah botol minyak. Yup aku pecinta minyak-minyakan nih. Ehe. Oleh nenek penjaga, dia memberitahuku bahwa itu adalah Minyak Urang Aring. Si nenek dengan polosnya memberitahu bahwa ini loh minyak yang dipakai bapak bapak biar rambutnya tebal, rapih an klimis. Sebenarnya dulu pun aku sudah pernah dengar tentang kehebatan minyak ini yakni untuk melebatkan alis mata. Jadilah kubeli satu botol dan aku pakai untuk rambutku saja. Sejak diwarnai, memang rambutku lebih mudah patah dan kering sehingga menyebabkan rontok. Aku mencoba Minyak Urang Aring ini dan awalnya tidak berharap banyak karena harganya pun murah. Namun setelah beberapa kali percobaan, yang paling terasa adalah rambutku jadi lebih hitam dan bersinar. Pun aku rasa minyak tersebut sukses membuat helai rambutku jadi lebih lembab dari biasanya. Mana wanginya tahan lama pula. Biasanya aku keramas rambut pada malam hari. Hingga esok harinya ketika bangun, wangi minyak Urang Aring ini masih tercium samar samar. Arrgh jadi makin cinta dengan rambutku!

minyak alami

Minyak Serai

Aku adalah tipe orang yang selalu dikerubungi nyamuk. Entah apa yang membuat nyamuk-nyamuk suka menempel di tubuhku. Meskipun telah bertebaran produk pengusir nyamuk, aku lebih memilih menggunakan cara tradisional yaitu membalurkan minyak serai di seluruh tubuh. Tanaman serai sejak dahulu kala dipercaya sebagai obat penangkal hewan peghisap darah tersebut. Wanginya juga lembut, tidak menyengat seperti obat semprot nyamuk atau obat oles. Selain itu, Minyak Serai ini juga berguna untuk meredakan bentol-bentol dan gatal-gatal jika telah terlanjur digigit.

Minyak Tawon

Ini biasanya buat luka gitu. Tapi aku pakenya buat hal lain yang nyeleneh. Habis eek, biasanya aku olesin di area anus dan pantat. Awalnya karena selepas BAB berdarah, aku nyari info gimana cara meredakannya. Terus pernah liat gitu di forum ada yang bilang pake ini mengurangi resiko amit amit kalo ada luka di dubur dan sekitar. Jadinya dia cobain pake ini. Tah sugesti atau apa, lumayan ngefek.

Aku pun nyobain iseng dan emang rasanya hangat-hangat gitu. Soal BAB berdarahnya yah tentu susah dibuktikan secara klinis. Yah tapi tetep dioles ehe.

Kebanyakan produk yang kupilih inipun multifungsi jadi tidak hanya untuk satu area tertentu saja tapi dapat digunakan untuk seluruh tubuh sehingga jika traveling jadi tak perlu membawa semua. Misalnya ketika bepergian, aku cukup membawa Minyak Kutus Kutus dan Ovale Olive Oil untuk dibalur selepas mandi. Ketika berada di alam bebas, cukup menggunakan Minyak Serai sebagai pengusir nyamuk atau jika digigit serangga. Semua produk ini rata-rata kemasannya 100ml atau kurang sehingga tidak makan banyak tempat karena sudah travel size banget. Praktis dan hemat!

**

Next : Cafe Unicorn

Travel Now or NEVER
2 Responses
  1. ainun

    yang bikin penasaran yaitu minyak kutus kutus, aku kira cuman minyak biasa aja, ehh ternyata manfaatnyaa oke juga, bisa buat pijat segala

Leave a Reply