Opsi Pengganti Hand Sanitizer Yang Murah

hand sanitizer

Untuk mencegah Corona, wajib hukumnya buat cuci tangan agar tidak ada virus yang nempel di tangan terus nyebar ketika ngupil, mencet jerawat, kucek-kucet mata bintitan dan lain-lain.

Jadi haram hukumnya yah kalau sampai alpa cuci tangan, apalagi di masa pageblug ini. Berhubung makin banyak kasus di Tanah Air, orang-orang pada ingin melindungi diri dan berujung pada membeli berbagai alat buat bersihkan diri, salah satunya hand sanitezer. Harganya sempat udah kayak emas. Berkali kali lipat naiknya. Itupun langka. Pada habis di mana-mana.

Untungnya aku gak ikut panic buying seperti itu karena merasa tak perlu. Toh sebaik-baiknya perlindungan, adalah berdiam di rumah dan mencuci dengan sabun biasa aja. Kecuali ada kerja atau kepentingan mendesak, ya mau gak mau harus keluar rumah.

Awalnya aku sempat beli segala macam sabun yang klaimya anti bakteri dll. Ternyata dikasih tau sebenarnya gak perlu. Cukup sabun biasa aja. Nah loh jadi gak repot dong yah cari pengganti hand sanitizer yang murah dan lebih efektif mencegah Corona.

Ini pilihannya yah :

Potong Kecil Kecil Sabung Batang dan Masukkan ke Wadah

Pun sabunnya gak mesto Dettol yang tetiba jadi mahal juga. Aku pribadi langganan yang murah meriah aja macam Nuvo atau Lifebouy. Potongnya kecil-kecil biar sekali nyuci tangan habis jadi gak perlu masukin lagi ke dalam wadah. Aku pake yang kecilnya sebutir kelereng aja udah cukup tuh. Kalau gak mau, ya udah sebesar jempol aja itu udah bisa untuk berdua loh.

Isi Sabun Cuci Tangan Cair dan pindahkan ke Botol / Wadah Kecil

Tidak usah beli botol semprot khusus. Pakai aja yang udah ada. Aku pakai bekas cairan alkohol untuk bersihin gadget. Bentuknya mungil jadi gak ribet di bawa. Ada juga yang pake tempat bekas skincare, sabun dari hotel dll. Terserah yang penting bersih dan bisa dipakai kembali. Terus kalau aku kukasih lagi air dikit biar agak encer juga gitu. Udah deh bisa ditenteng ke mana-mana.

Bawa Botol Bodywash Kecil

Nah ini kalau pas traveling ini selalu dibawa biasanya jadi stok di kosan selalu ada. Untunglah di kondisi sekarang bisa dipake juga. Toh sabun cuci tangan dan badan bisa sama ampuhnya kok. Beli yang kecil aja biar lebih mudah dibawa bawa. Terus cari yang tutupannya gak mudah bocor. Sejauh ini aku pake yang Biore sih. Kalau kamu?

Nah itu bisa dia penggantinya buat hand sanitizer karena bagaimanapun cara terbaik membersihkan tangan itu dengan air dan sabun. Kalau soal air, rasa-rasanya tak susahlah nyari. Mulai dari warung, masjid, angkutan umum, apalagi kantor dan mall pasti ada wastafel dan juga toilet. Kecuali pergi ke hutan atau gunung baru terbatas kali yah.

Selain itu, untuk mengakalinya, bawa juga botol minum biar gak cuma untuk saat haus tapi bisa juga biar pas gak ada air, pakai itu dulu. Mantap kan?

Moga-moga dengan alternatif ini, orang-orang gak panic buying beli hand sanitezer. Mau beli pun monggo, seperlunya aja. Sisakan buat yang lain yang benar-benar butuh seperti di RS, lab atau yang terbatas akses air bersih. Biarkan mereka yang kita prioritaskan dulu karena merekalah garda terdepan penangannan wabah ini. Mereka sehat, mudah-mudahan sanggup untuk membantu dan menyembuhkan kita dari Corona.

AMEN~

Travel Now or NEVER
4 Responses

Leave a Reply