Hopping Island Belitung. Mana Paling Bagus?

hopping island

Baru dua kali aku menginjakkan kaki di Belitung. Namun dua kali kunjungan itu harus hopping island Belitung. Lalu dari perjalanan tersebut, aku rasa Belitung juga cocok banget jadi weekend getaway dari Jakarta. Apalagi kulinernya ngangenin. Ya ampun lezat-lezat banget mungkin karena masih sama-sama Sumatera, cocok banget di lidahku.

Selain urusan perut, Belitung juga sukses membuai mata dengan pemandangannya yang indah. Keknya emang tujuan utama orang ke Belitung itu satu : PANTAI. PULAU. LANGIT BIRU. AIR LAUT.

Aku pun juga tak menyangka di Belitung banyak pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang jadi incaran para turis. Biasanya emang udah ada paketnya 1 day trip gitu dari pagi. Tapi aku pas itu sewa kapal sendiri jadi bisa nentuin ke pulau mana, berapa lama dll. Jadi gak diburu-buru dan bebas aja sampai gosong baru cabut.

Kalau mau kayak gitu juga, nih aku rekomendasiin pulau kece dari yang paling jarang dikunjungi tapi paling unik dan indah dulu yah :

Pulau Penis

WKWK dari namanya saja sudah ketahuan tujuan di balik kedatanganku yah. Tentu saja buat liat batu berwujud KNTL raksasa. Dua kali ke sini, dua duanya tak pernah ada orang. Emang sih kalau dibanding pulau lain, ini termasuk jauh jadi kalau tur biasa gak ada yang ke sini. Pulau ini sebenarnya kecil doang kok dan emang atraksinya cuma liatin batu ini. Niat banget atuh yah.

Pulau Tukong Kik Mai

Dari pulau penis, mari ke pulau Tukong Kik Mai. Sama-sama tidak ada orang juga dan karakteristiknya masih bebatuan raksasa berserakan di mana-mana. Ada satu batu gede yang mirip banget Batu Balancing tapi ukurannya lebih mungil aja.

Saat itu aku dan temen-temen mampir ke pulau ini sekalian makan siang di sini. Jadi benar-benar syahdu dan bisa leyeh-leyeh sambil mau ketiduran karena diterpa angin laut.

tukong kikmai

Pulau Batu Berlayar

Dikatakan demikian karena kalau pas airnya naik, ada deretan bebatuan yang katanya kalau dari jauh bakal kelihatan kayak layar yang terkembang gitu. Ini paling kecil pulaunya dan di sini aku nemu bintang laut wey. Lucu~

bintang laut pulau batu berlayar

Pulau Burung

Pas mau nyampe pulau ini, kami disambut burung yang katanya pandemik di area tersebut. Aku gak sempat liat bentuknya gimana tapi ada denger suaranya sih. Terus dari pinggir pantai, bisa keliatan bebatuan gede yang mirip dengan burung. Mungkin karena itulah tempat ini dinamakan Pulau Burung.

pulau burung

Pulau Kelayang

Di pulau ini bisa mampir ke goanya. Sebenarnya kurang pas dibilang goa sih. Lebih tepatnya itu di pulau ini ada batu raksasa yang numpuk gitu sehingga terciptalah kek area yang agak tertutup. Uniknya bebatuan di sini kayak ada warna ungu dan merah gitu. Mungkin hasil dari rumput laut atau ekosistem di sekitar pulau.

 

View this post on Instagram

 

Episode : Si buta dari Gua hantu. . Iya buta, cinta yang membutakan dan menulikan logika. Eak! Udah cocok main peran belum? . Btw besok ada something special. Pantengin yak IG stories-ku. Petunjuknya yah bisa diramal dari caption gak jelas ini hehe. Lokasi : Gua Pulau Kelayang. Sebenarnya ini gak gua betulan karena aslinya adalah tumpukan batu-batu granit yang membentuk celah-celah, lalu ada air bening mengalir di bawahnya. Kebetulan air lagi surut jadi bisa kelayapan. Uniknya di sini batu-batunya ada warna-warni kayak hijau dan ungu. . Credit : abang nahkoda kapal merangkap guide pas snorkeling merangkap juga tukang foto pas di darat. Sungguh besar jasamu bang! . @belitung.tourism #wauubelitong #travel #gua #kelayang #belitung

A post shared by Lenny Lim (@lenny.diary) on

Bagi yang udah mulai laper dan butuh toilet. di sinilah saatnya rehat. Ada warung jual mi instan dan kelapa sih. Tapi karena kami bawa makanan sih jadi aman gak perlu jajan.

pulau kelayang

Pulau Lengkuas

Ini sebenarnya ikon Belitung banget plus ada mercusuar. Tapi sekarang udah gak boleh naik ke atas. Aku letakin di paling bawah karena pulaunya rame dan aku cenderung lebih suka pulau tanpa manusia lain. Kan mau physical distancing dan pake bikini lebih enak gitu. Eak~

Pokoknya tonton di sini yah biar jelas keindahan pulau-pulau di Belitung.

Btw ada satu lagi pulau yang bagus banget yakni Pulau Leebong yang ada pasir timbul dan penginapan rumah pohon. Baca di sini reviewnya.

leebong

Mana satu pulau favorit kalian pas hopping island di Belitung?

**

Next : Nginap di hutam demi ketemu orang rimba

Travel Now or NEVER
2 Responses

Leave a Reply