Cara Refund Tiket Batik Air

bandara banyuwangi

Rencananya, aku tuh akan pulang dari Bali ke Jakarta tanggal 7 Februari. Tiket Batik Air sudah dibeli. Hostel sudah dibooking semua. Apa daya, semua ambyar dan terpaksa refund tiket Batik karena haidku tiba-tiba datang lebih awal. Padahal ku hitung-hitung harusnya datangnya ketika sudah mau pulang.

Emang kenapa kalau lagi menstruasi? If you asked.

Memang terlihat lebay yah. Namun buat aku yang haidnya abnormal dan darahnya banyak sekali, serta udah beberapa kali cancel flight karena tak bisa keluar dari kamar, maka tentu aja aku panik. Mana aku di Bali tinggalnya di hostel pula yang akses ranjang dan WC itu gak deketan. Takutlah kalau tembus ke seprei dan tar bolak balik WC doang kerjanya. Riweuhlah pokoknya.

Udahlah mumpung baru hari pertama mens, jadi langsung aja aku refund tiketnya dengan telp call centre Batik di no 021 637 98 000 ext 3.

Btw aku beli tiketnya pake pegipegi dan si meme yang belikan. Jadi aku gak kepikiran refund dari akun si meme karena dia di Uluwatu sedangkan aku di Sunset Road. Plus tar lagi dia berangkat magang sehingga takutnya bakal slow response karena gak megang HP. Terus aku juga takut kalau di pingpong sana sini. Jadi yang terlintas di pikiranku adalah mending langsung telpon maskapai dan minta refund.

Untungnya langsung diangkat dalam satu kali percobaan. Staf CS nya yang cowok meladeni permintaanku & menjelaskan syarat dan ketentuannya.

Berhubung saat itu tanggal 4 Februari di mana masih kurang dari 72 jam (3 hari) sebelum jadwal keberangkatan, maka aku dapat refund 75% dari harga tiket yang akan dibayarkan 1-3 bulan ke depan melalui rekening yang akan ditransfer oleh pegipegi.

Termasuk beruntung nih karena jika aku tunggu sampai sore (alias sudah kurang dari 3 hari) yakni jam 6 sore, maka aku cuma dapat pengembalian duitnya 50%.

Mendengar itu, ya udahlah aku langsung refund tiket batik saat itu juga karena mang aku udah mau balik aja.

Si CS pun langsung memprosesnya dengan cara verifikasi data. Diminta menyebutkan kode booking, tanggal keberangkatan, nama pemesan, no telp dll.

Setelah betul, dia minta aku mengirimkan foto KTP ke WA Batik Air di 083897063400. Aku langsung save no nya dan minta mas nya sembari masih nelpon untuk menunggu dan tidak nutup telpon. Jadi pake speaker biar gak usah nelpon lagi tar malah susah kehubungnya kalau misal ga da CS yang angkat.

Segera setelah aku kirim foto KTP, mas CS nya langsung ngecek dan setelah beberapa menit katanya sudah diterima.

Proses pun selesai. Tiketnya sudah dibatalin. Yeay~

Sungguh cepat dan ringkas.

refund tiket batik

Setelah usai, aku baru mikir kenapa gak reschedule aja yah. Akhirnya aku tanya kalau reschedule kena berapa. Csnya bilang dikenai biaya adm 100.000 + selisih harga tiket.

Tiket awalku itu harganya Rp. 908.000 dan kalaupun naik Batik yang aku mau itu selisihnya kira-kira 100ribu.

Ya sudah karena berhubung proses refund sudah diajukan, maka tak bisa dibatalin. Terus aku gak tahu apakah prosesnya bisa langsung reschedule via Batik atau harus pakai apps pegipegi dan apakah dikenakan biaya lagi dari si pegipegi itu.

Pun aku gak nyesel sih. Aku jadinya langsung beli Sriwijaya Air yang baru dengan harga Rp. 885. 796.

Kalau dihitung yah tetep aja rugi sih gimanapun mau itu batalin atau reschedule. Tapi untungnya aku ambil Sriwijaya dan pelayanannya sekelas Batik. Dapat bagasi 20kg, dikasih snack dan kebetulan dapat pesawat yang setengahnya kosong sehingga nyaman banget flightnya.

Sing penting aku pulang dengan selamat sih.

Terakhir aku juga telp CS pegipegi dan langsung ada yang jawab. Katanya lain kali lewat dia aja kalau mau refund alias lewat aplikasi. Nah itu susahnya karena apps nya di meme. Jadi oleh karena itu, dia bantuin deh refund manual. Menurut CS nya tar, begitu terima duit dari Batik, tar masih ada lagi proses 1mingguan di luar sabtu minggu hari libur dan kena biaya administrasi 10.000 /orang yang akan ditransfer ke rekening.

Setelah proses klaim selesai, ada deh 2 x aku ditelpon pegipegi untuk verifikasi data lagi nanyain kelengkapan seperti kode booking, nama pemesan, no telp dll sebelum bener-bener dilanjutkan proses refundnya.

Yah wes gpp untuk keamanan dua belah pihak.

Semoga duitku cepat cair deh.

***

Nah kalau kalian udah pernah refund tiket batik belum? Kalau kasusku gini mending rescedhule atau refund beli baru?

Travel Now or NEVER
2 Responses

Leave a Reply