Cara Bisa Tidur Nyenyak Zzzzzz

unicorn cafe

Seminggu sebelum lebaran, acapkali aku terbangun oleh suara dari kamar kos di seberangku. Kata-kata kotor, tawa yang membahana, makian dan suara tembakan, semua hinggap di daun telingaku mulai malam hingga pagi. Awalnya aku berusaha memaklumi. Namun ketika hal itu saban malam berlangsung dan membuatku terbangun dan harus melek hingga subuh, maka ini sudah tak main-main lagi.

Suatu malam, amarahku tak terbendung lagi. Aku hampiri pintu kamarnya yang sedikit terbuka. Kudorong pintunya dengan keras sambil lantang berteriak

“B E R I S I K”

setelahnya aku merepet tak karuan. Segala unek unek yang sudah kusimpan dan segala kekesalan yang berkecamuk di dada, aku tuangkan dalam nada suara tinggi. Si bocah, hanya bengong tak menyangka kena damprat jam 2 pagi. Puas melabrak, aku melengos kembali ke kamarku sambil membanting pintu.

Aku meminum air dan berusaha mengatur napas yang engap karena tak tahan lama-lama dekat kamar bocah yang bau asap rokok tersebut. Ugh i hate it! Aku pun melempar diriku ke atas ranjang dan tak sadar tertidur hingga pagi menjemput.

Keesokan malamnya, aku dapati lagi si bocah masih berulah, seperti tidak jera meski sudah ditegur oleh ibu kos. Begitulah selama beberapa malam, aku harus mengedor pintu kamarnya hanya untuk menyuruhnya mengecilkan suaranya.

Bukan sekali dua kali aku terbangun-terlelap-bangun lagi hingga niscaya dalam semalam hanya tidur sekitar 3-4jam saja. Itupun tidak nyenyak, selalu dihantui rasa waswas dan cemas. Lebih parahnya, kalau sampai terbangun, agak susah buatku untuk tidur kembali.

Perseteruan kami untungnya usai di malam takbiran karena dia tidak ada di kos. Baguslah aku benar-benar ingin dia lenyap dari kosan. Aku pun bisa tertidur pulas untuk pertama kalinya. Kejadian luar biasa ini membuatku berpikir alangkah pentingnya tidur itu. Tubuh yang bugar seusai istirahat cukup di malam hari itu adalah kunci kesehatan. Karena selama beberapa hari insomnia itu, kerasa banget efek negatifnya :

Ngantuk seharian. Mata Pedas. Leher belakang tegang dan pegel. Dada agak sesak dan jantung berdebar-debar. Aku yakin tensi naik juga sih kalo diukur. Seharian gak bisa ngapa-ngapain karena beneran jadi zombie. Rasanya ngawang-ngawang gitu  dan linglung. Otak gak jalan. Sensi dan emosian. Senggol bacok banget deh.

Setelah kejadian naas itu, aku perhatikan pola tidurku jadi agak berantakan. Aku masih kerap terbangun di jam 2 atau 3 gitu dan sensitif banget ama suara. Bocah itu buka pintu aja aku bisa denger. Jadinya tidurnya gak bisa yang blass nyenyak kayak kebo gitu. Padahal biasanya aku tuh bisa tidur cukup lama sekitar 8jaman dan kalau pun kebangun, langsung bisa blas lagi.

Mungkin pengaruh di kosan aja juga bikin stress deh. Akhirnya aku pun coba-coba membuat rutinitas dan perbaikan di sana sini agar pola tidurku lebih baik dan berkualitas :

Tentukan Jam Tidur dan Bangun

Ini harus dibiasain tiap hari biar tubuh punya jamnya sendiri dan bisa tidur dan bangun tanpa pake alarm atau sugesti. Jadi aku tetapin jam 10 sudah proses berusaha tidur. Capek gak capek. Ngantuk gak ngantuk, aku coba baring dan pejam mata. Begitupun pas bangun tidur, aku sekitar jam 7 an udah bangun. Meski misalnya masih ngantuk, gak aku lanjutin bobo. Cara biar gak ketiduran lagi yaitu langsung pegang HP pasti dijamin melek. Tapi jangan kelamaan juga. Pokoknya setelah itu buka jendela, pintu dan biarkan udara seger dan matahari masuk ke kamar. Dengan begini, ini kasih sinyal ke tubuh buat bangun dan siap menjalani hari.

Jauhkan Semua Gangguan & Bikin Nyaman Suasana

10 menit sebelum jam tidur, matikan semua HP dan laptop. Bikin nyaman tempat tidur. Cek apakah suhu ruangan udah pas. Kalau aku kadang masih pake AC, lalu entar dimatiin ganti kipas angin karena gak kuat dingin. Sebelum bobo minum air putih dan pipis biar gak kebangun tengah malam cuma buat ke WC. Kan malesin 🙁

Mikirin Yang Positif

Waktu sebelum tidur itu, mang kebanyakan overthinking. Di sinilah kekuatanku diuji untuk mengontrol diri sendiri. Kalau aku selalu mulai dengan mikirin hari ini udah ngapain aja. Yang positifnya aja. Yang negatif udahlah lupain. Terus berterimakasih masih diberikan napas, hidup, bisa makan, dll. Terus berikan sugesti ke diri sendiri kayak “Aku sehat..aku bahagia..” itu terus diulang ulang kek 10x. Lalu mikirin hal-hal yang menyenangkan untuk esoknya. Gak usah hal besar tapi yang kecil-kecil aja seperti “Besok aku mau masak ini…”, “Besok aku mau pesen makanan ini..” dll. Intinya bangun pikiran yang positif sehingga makin semangat buat besoknya. Kalau mikir jelek-jelek yang ada jadi panik, nangis dan gak bisa tidur.

Latihan Napas

Ada yang suruh berlatih napas tapi di akunya gak terlalu ngaruh keknya. Tapi yang jelas latihan napas ini bagus juga sebagai alternatif hitung domba, bisa buat distraksi jadi pikiran teralihkan buat memperhatikan tarikan tiap napas.

Olahraga

Di aku ini ngaruh banget, termasuk biar bisa BAB. Apalagi di pandemi ini kan gak ke mana mana, praktis rebahan doang jadi tubuh gak capek sehingga malem tuh gak ngantuk. Solusinya yah dibikin bengek sampai malemnya nguap-nguap. Biasanya aku pagi / sore gitu lari santai di dekat perumahan. Kalau gak bisa, yah loncat-loncat aja di depan kos. Intinya sampai keringetan. Enak juga sih olahraga biar sekalian ganti suasana dan gak butek mendekam di kosan doang.

Jangan Pernah Tidur Siang

Meskipun yang pas aku kurang tidur itu berhari-hari, aku tetap tahanin gak tidur apapun yang terjadi karena kalau sekali teler, ya berabe pasti bablas ampe malem tar. Kalau emang terpaksa dan gak tahan banget, coba tidur paling lama 20 menit. Caranya kalau aku tidur dalam posisi yang gak biasa / ga enak sehingga berpotensi jatuh atau kebangun gitu. Misal posisi agak duduk atau kaki ditekuk. Set alarm juga kalau gak yakin bisa bangun. Sebagai ganti karena gak tidur siang, emang parah banget ngantuknya. Bisa aku tuh jam 8 malem sudah KO karena mata sudah gak bisa kompromi. Zzzz..

ina silvi cottage nias

Batasi Kafein

Kalau aku sih gak minum kopi teh jadi ini aman. Tapi aku mang pernah pengalaman kalau minum Green Tea Latte, pasti malemnya gak ngantuk gitu. Jadi aku saranin batas terakhir minum-minum gituan itu jam 2 siang karena kafein dalam tubuh tereliminasi juga butuh waktu. Pastikan juga minum air putih banyak biar gak dehidrasi.

Jika terbangun, Usahakan Jangan Buka Mata

Kek di kasusku, aku kebangun karena suara si bocah. Aku usahakan tetep mejam sambil istighfar dan coba tarik napas dan usahain tidur sambil bayangin yang indah-indah.

Jika terbangun, Jangan Pernah Ngecek Udah Jam Berapa

Ini makin bikin pikiran jadi kesel karena ternyata baru jam 1 kirain udah pagi. Jadinya mood jelek dan pas mau tidur malah mikir macem-macem. Jangan pernah buka HP juga karena sinarnya ganggu.

Jika terbangun dan udah sejam merem, pikiran malah amburadul gak bisa tidur, maka yah udah bangun.

Baca buku, nulis coret-coret, kerja, apa kek lalu sejam kemudian coba balik ke kasur dan coba tidur. Biasanya aku bisa kembali tidur lagi jam 4/5. Tapi ingat disetel juga bangunnya tetep harus di jam yang udah ditentuin yakni jam 7 harus bangun sengantuk apapun biar jadwalnya gak berantakan.

Nah kira-kira itu doang keknya. Mang balikin lagi pola tidur yang berantakan butuh usaha yang penting konsisten. Kalau sudah normal, tetap olahraga dll. Jangan pernah begadang apalagi kalo cuma nonton series dll. Jangan jadi kebiasaan. Lama-lama berpengaruh loh ke kesehatanmu. Baek-baek kalian yah…

Ada tips lain biar bisa tidur nyenyak? Share!

**

NEXT : Nginap di hutan untuk bertemu Orang Rimba

Travel Now or NEVER
4 Responses
  1. Sabda Awal

    Udah seminggu susah tidur, jam 1 baru mata bisa berdamai diajak merem. udah ubah posisi, udah diposisi yg pw, hp laptop udah dimatikan, herannya sebelum jam tidur yg aku tetapkan jam 11 itu ngantuknya luar biasa. giliran udah di kasur malah ga bisa tidur.

    kayaknya harus belajar nafas n berpikir hal positif nih aku mbak

    1. Lenny Lim

      Iya bisa jadi gitu kak… kalo sinyal tubuh udah capek ato nguap2 mata berat harusnya tinggal kontrol pikiran biar ga mikir macem2 dan bisa shut down.

      Good luck yah.. ga mudah emang karena aku juga masih terus berusaha. Semangat buat tar malam!

  2. Zam

    membiasakan jam tidur ini agak sulit kalo pas musim panas, rasanya aneh waktu tidur jam 10 malam tapi masih terang benderang.. sebaliknya, saat musim dingin, baru jam 4 sore udah gelap.. badan pengen tidur, tapi jam tubuh berkata sebaliknya.. ?

    1. Lenny Lim

      hahha iya kalau di Eropa gitu yah. Aku juga pas di Belanda kaget jam 7an masih terang.. tapi tetep bisa molor karena capek banget traveling gt

Leave a Reply