Belanja Oleh Oleh Belitung

arumdalu belitung

Belitung punya 2 toko oleh-oleh besar yakni Klapa & Bliss. Biasanya tiap turis mesti dibawa ke sini karena cenderung paling lengkap sih jadi gak pusing mau nyari oleh oleh Belitung yang gimana. Nah sejauh aku bolak balik tiap tahunnya ke sini, aku udah mampir 2 tempat ini dan ini sekilas reviewku.

Klapa

Pertama kali aku dibawa belanja oleh oleh Belitung itu ke sini. Keknya ini toko yang paling lama jadi orang lebih banyak yang rekomendasikan di sini. Aku ke Klapa yang di Tanjung Pandan. Pas masuk, ada gerai makanan macam kerupuk, abon dll yang pertama kali terlihat. Barulah kalau berjalan masuk lebih dalam, bakal keliatan oh rupanya di dalam itu luas. Di belakang itu lebih banyak isinya kayak baju, sandal, tas, gantungan kunci dll yang bukan makanan lah pokoknya.

Bliss

Masih di Tanjung Pandan yang satu jalan besar itu, tak jauh dari Klapa, ada Bliss. Toko ini cenderung lebih baru ketimbang Klapa. Oleh karena itu, gedungnya keliatan lebih bersih, lebih terang dan lebih menarik aja suasana dan auranya menurutku. Jadilah aku selalu belanja di sini. Favoritku ada beli kerupuk ikannya tentu saja. Lalu ada satu lagi yang selalu kubeli yaitu minyak sereh khas Belitung.

oleh oleh belitung

Emang sejak menua, kayaknya aku demen banget dengan minyak-minyakan lokal yang dipercaya punya khasiat kesehatan atau kecantikan gitu. Nah minyak serei ini sih fungsi utamanya tentu menghindari gigitan nyamuk dan seranga, terus bisa juga berfungsi kayak minyak angin. Pernah pas di NTT temenku sampai muntah-muntah karena mabuk darat. Aku olesin minyak sereh ini di perutnya dan tak lama dia ngerasa hangat dan enakan. Sejak itu, minyakku digondolnya saking cocoknya.

Jadilah tiap tahun kalau ke Bliss aku selalu beli ini. Pas dulu di Klapa aku gak nemu minyak ini sih makanya aku lebih prefer belanja di Bliss aja. Sisanya kalau aku perhatikan yah sebenarnya gak jauh beda kok produknya. Mereka juga sama-sama kasih kardus kalau kita belanja banyak.

Di akhir tahun 2020 maren aku sempat ke Belitung lagi dan kali ini selain belanja oleh oleh Belitung di Bliss aku mulai main ke pasar buat belanja bakso ikan ketarapnya yang enak banget. Wihh demi loh.. paginya ke pasar plus beli jeruk limo dan kuetiau basah lokal yang sehat tanpa pengawet. Baliknya ke kos langsung diolah dan masih segar dan lezat! Yum~~

Sayangnya kala itu aku lupa pesan ketam (perkedel kepiting) yang beku buat dijadiin oleh-oleh. Kalau ini sayangnya gak ada di toko kayak Bliss atau Klapa tapi harus tanya guide aja yang enak di mana. Biasanya usaha rumahan gitu. Tapi sebagai gantinya aku pesan pempek mama Rio dong ehhe. Lumayan buat stok anak kos.

Terakhir, tanpa diduga-duga aku pas sebelum ke bandara iseng mampir ke Danau Kaolin. Di sana aku bertemu pedagang batu satam. Sudah bertahun-tahun aku dengar soal batu satam tapi kali ini berkat pedagangnya yang sangat ramah dan panjang lebar menjelaskan soal batu langka tersebut, aku tetiba jadi tertarik beli. Mana kala itu sepi banget jadi turut kasihan juga. Penjual ini juga ngajarin gimana bedain satam asli dan palsu. Yang asli itu kalau dikenain cahaya gitu bisa tembu. Plus dia juga nunjukin sertifikat lab tentang batu yang dijualnya.

batu satam

Dengan menggunakan firasat dan keinginan menolong, ditambah aku liat ada anting satam yang lucu akhirnya aku pun membelinya. Gile pedagangnya ampe punya mesin EDC BCA loh di pinggir jalan. Sepertinya udah terbiasa banget yah transaksi ratusan ribu di tempat gitu.

Semoga aja apa yang ia ceritakan bahwa satam itu bermanfaat buat peredaran darah, kesehatan dan menjauhkan dari segala yang negatif itu beneran terbukti. Atau at least yah sudah aku sudah sepenuh hati ingin menolong dengan belanja oleh oleh Belitung.

**

****

Belanja baju keren & murah di shopee ini yah. 

****

NEXT : Makan nasgor Tiarbah langsung di rumahnya di Belitong loh.

NEXT : Makanan khas Belitong wajib coba!

**

NEXT : Pulau Penis Belitung

NEXT : Kalau hidung mampet / pas covid ga bisa nyium bau, coba pake sterimar nasal spray.

sama pake Air Purifier buat bersihin udara

Travel Now or NEVER

Leave a Reply