3 Bakso Enak Di Jambi Yang Bersaudara

bakso jambi

Alkisah ada 8 bersaudara yang turun temurun berjualan bakso. Tiga dari mereka merantau dari Jawa dan pindah ke Jambi mencari kehidupan barunya. Di Kota Jambi, ternyata nasib berpihak pada mereka. Resep keluarga mereka menjadi bekal mata pencaharian mereka sehingga terbentuklah 3 buah warung bakso enak di Jambi.

Awalnya yang aku tahu itu cuma satu yaitu bakso Pak Min. Itupun dari zaman dia masih gerobakan di jalan hingga jadi yang pertama dari 3 bersaudara ini yang bisa sewa gedung buat warungnya karena yah lumayan rame dan sukses. Setelah tahu pak Din ini, aku ketemu lagi sama satu abang bakso yang di lorong Kamboja – Jelutung. Gerobak, baksonya hingga abangnya pun mirip. Pake topi terus ngalungin handuk di leher. Setelah ditanya ternyata mereka emang bersaudara. Oalah.

Nah baru-baru ini ada gosip lagi tentang sebuah tukang bakso enak di jambi juga. Aku pun mencobanya. Lokasinya tak jauh dari Bakso Pak Din, yaitu di samping bioskop lama Sumatera. Namanya Bakso Pak Kribo. Pas liat abangnya, ah ini mah rambutnya cuma kriwil dikit bukan kribo!

Pas mesen, eh iya mirip-mirip dah. Sama-sama ada mi ayam juga. Jadi tipe bakso inilebih ke kuah bening gurih yang gak banyak minyak. Tapi ada tahu dan tetelan yah. Rasa daging sapinya cukup berasa dan harganya 15rb. Baksonya yang polos bukan urat yah. Ada bakso telur juga. Perpaduan bihun dan mi kuning cukup bikin kenyang juga. Tempat makannya dulu di tepi jalan tenda gitu, sekarang udah di gedung juga pas depan Pom Bensin.

bakso enak di Jambi

Meskipun ketiga ini sebenarnya mirip-mirip, tapi aku paling sering ke Pak Din yang pertama aku temukan jadi mungkin taste aku lebih condong ke sini aja. Aku paling suka mi ayam baksonya sih. Pake bakso kecil ama tahu. Terus mi nya juga kecil lembut gitu dan kuah kaldu / minyak mi ayamnya campur kuah bakso ah itu enak banget~~~

mi ayam bakso jambi

Tapi Pak Din gak buka tiap kamis. Kalau udah gini aku larinya ke Pak Kribo sih. Si Pak Kribo ini termasuk yang paling tua dan katanya sih dia yang ajarin mereka tapi entahlah kalau soal kepekatan rasa kayaknya Pak Din masih lebih unggul di lidahku.

Opsi terakhir kalau dua ini gak ada yah udah ke yang di lorong Kamboja yang gak ada mi ayam dan tahu sih 🙁

Btw katanya saudara mereka ada yang buka di Jakarta juga, di Pondok Labu gitu keknya. Argh sumpah kangen banget ngebakso enak dan harga wajar di Ibukota itu 🙁

Jadi kalau pulang Jambi pasti puas-puasin ampe gumoh deh makan bakso enak di Jambi.

**

NEXT : TEKWAN JAMBI PALING ENAK CUMA 12RIBU!

**

NEXT : Nginap di hutan untuk ketemu Orang Rimba

NEXT : Kalau hidung mampet / pas covid ga bisa nyium bau, coba pake sterimar nasal spray.

Travel Now or NEVER

Leave a Reply