Wahana Bermain di Kidzania Jakarta

kidzania

Kidzania merupakan wahana bermain dan edukasi bagi anak anak dan remaja (2-16 tahun) untuk belajar mengenai lebih dari 100 jenis profesi yang ada. Saat ini di Indonesia baru ada di Jakarta loh.

Konsepnya mirip sebuah miniatur kota dimana anak anaklah masyarakatnya. Jadi kota di Kidzania ini didesain mirip kota aslinya. Ada uang sendiri, ada jalan, ada gedung gedung tempat mereka kerja dan bermain hingga ada penjara.. yah kali aja ada yang bandel tinggal dijebloskan yah.

Untuk memberikan kesan bener bener beda, di depan konter penjualan tiket Kidzania anak anak dan pendamping akan melalui gate Garuda Indonesia..berasa di bandara mau terbang kemana gitu.

Sebelumnya, untuk membeli tiket saja antrian sudah mengulur panjang padahal Kidzania belum dibuka. Jika datang berombongan, mending book tiket jauh jauh hari dan bisa group check in. Setelah membayar, anak anak dan pendamping dipasangkan gelang khusus untuk mendeteksi keberadaan anak. Ya kali tempatnya luas, ada dua tingkat sehingga saya pun sering nyasar!

Begitu kami masuk, para staff di kidzania sudah berjajar rapi menyambut pake tari tarian diiringi musik. Lucu juga yah yang dewasa pun akhirnya bertingkah jadi anak kecil hehe.

Nah, di Kidzania ini ada dua jenis atraksi yang dimainkan anak anak. Yang pertama yang mengurangi poin, yang satunya menambah poin. Yang mengurangi poin tipenya adalah permainan seperti panjat tebing, naik taxi dll. Yang nambah poin artinya anak anak harus bekerja di macam macam konter seperti kerja jadi reporter, di lab dll. Poin ini dapat dikumpulkan terus dan nantinya dituker dengan souvenir. Penjelasan tentang tipe aktifitas tertempel di tiap konternya kok lengkap dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan, jumlah anak yang bisa ikut bermain, poin yang didapat dan lain lain.

Kidzania

Kidzania

Kidzania

Kidzania
Meski ada setengah hari, bermain di Kidszania tetep saja kurang. Saya sebagai orang dewasa, melihat adik saya keasikan gitu jadi ngiri!!!!! Bring me back to my childhood please!!

Kesimpulan : Adikku ketagihan dan mau datang lagi ke Kidszania!

Tips & Trik bermain di Kidzania :
1. Jika anak sudah cukup besar (remaja) tidak perlu pendamping sebenarnya karena melatih mereka untuk belajar sistem yang ada di Kidzania. Namun jika masih kecil, pasti biasanya mereka takut. Yah daripada mereka nggak enjoy dan hanya duduk duduk saja, ada baiknya didampingin, namun untuk awalnya saja. Tapi ada juga tipe keluarga yang banyak cemasnya sehingga ortu hingga babysisternya pun dibawa masuk menemani. Ya elah kapan mandirinya tuh anak?
2. Kebanyakan anak anak zaman sekarang sudah punya HP sehingga sebenarnya orang tua tidak perlu cemas. Adik saya 11 tahun(6 SD) kebetulan memang tidak punya HP namun dengan tenang saya tinggalkan di dalam sendiri. Saya hanya masuk beberapa kali untuk mengecek. Pertama untuk mengantar, kedua untuk mengecek apakah dia sudah makan, lalu masuk lagi mengingatkan dia sebentar lagi kidzania akan tutup secara dia nggak punya jam. Yang terakhir saya hanya menunggu dia diluar ketika wahana bermain selesai.
3. Bawalah tas kecil untuk anak anak karena selama bermain dia akan mendapatkan banyak sertifikat, free stuff dan bagus juga untuk meletakkan uang dan Hp jika ada.
4. Harga makanan cukup mahal. 1 porsi nasi dan ayam berkisar Rp.30.000 lebih sehingga pastikan anak anak makan pagi terlebih dahulu.
5. Browsing tentang kidzania terlebih dahulu sehingga anda dan anak anak paham cara kerjanya. Selain itu, begitu masuk anak anak sudah tahu kira kira pekerjaan apa yang ingin dia coba. Hal ini sangat membantu karena memilih di antara ratusan pilihan pasti bikin bingung. Lagipula dengan begini, anda memaksimalkan waktu kunjungan.
6. Don’t worry and let your kids explore the world! Buktinya saya sempat nonton Blitz, makan Wendy’s, nyobain ramen, keliling keliling mall dulu sembari menunggu and everyone is happy!

Kidzania Jakarta

Alamat : Pacific Place Mall Lt. 6, Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53
Jam Operasional : 09.00 – 16.00 WIB
Telp : +62 21 5154888
Harga Tiket : Anak anak (Rp.250.000) Dewasa yang mendampingi (Rp.200.000)

****

NEXT : Posto Dormire, hotel dengan pool tembus pandang pertama di Indonesia.

Travel Now or NEVER
2 Responses

Leave a Reply