Tips mengatasi Homesick

mi instan

Traveling / tinggal di tempat baru pasti menyenangkan. Ups tapi tidak semua merasakan hal ini. Buat beberapa orang, ini malah jadi hambatan karena bikin mereka Homesick. Kangen keluarga, kangen ngomong dengan bahasa daerah maupun kangen dengan cara cara hidup mereka yang biasanya. Apalagi kalau di tempat baru tersebut ternyata tidak seindah di angan angan. Malah makin pengen pulang kan bawaannya?

Kalau Homesicknya kecil kecilan sih nggak apa apa, dengan teknologi serba cnaggih sekarang ini semua bisa terobati. Tapi kalau sudah tiap malam ngebayangin “Harusnya aku di rumah nih. Nyokap lagi masak sambal balado” atau “Tau gitu saya ikut paman pulang kampung aja. Ngapain harus ikut tur ke sini!”. Nah ini yang harus diwaspadai dapat merusak traveling yang harusnya indah jadi runyam.

Saya tidak berjanji bisa menghilangkan homesick karena level homesick setiap orang berbeda beda tapi dijamin tips ini manjur untuk meredakan homesick. Berikut tipsnya:
1.  Tentukan tujuan anda
Dengan men-set goal yang ingin dicapai, terbukti ampuh untuk saya fokus pada tujuan kenapa saya traveling. Saya jadi tahu apa yang ingin dicapai dan apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Oleh karena itu, saya selalu menyibukkan diri dengan berbagai macam kegiatan hingga lupa sejenak dengan keluarga.

2. Penuhi schedule anda
Tentunya dengan hal hal positif. Kalaupun ada waktu senggang, daripada mondok di hotel terus kepikiran dengan yayang di kampung, mending ke taman dan membaca buku. Eh kali aja ketemu yayang baru heehe

3. Jangan terlalu banyak sendiri
Kesendirian cenderung bikin anda mudah galau. Teman saya yang orang india bilang dia mengalami homesick ketika duduk di meja makan sendiri karena itu mengingatkannya akan keluarganya ketika menikmati makan malam sambil ngobrol. Oleh karena itu, lebih baik habiskan waktu bersama teman teman.

4. Cari teman curhat
Beradaptasi dengan lingkungan baru terkadang butuh waktu dan usaha. Untuk membuat adaptasi berjalan mulus, ada baiknya anda punya teman baik yang mau mendengar keluhan serta menolong di kala anda mengalami rintangan. Jika tidak, tentu makin stress karena anda tak bisa melampiaskannya. Lebih baik lagi kalau teman tersebut berasal dari budaya/negara sama. Curcolnya bisa pakai bahasa indonesia!

5. Bawa makanan/barang untuk mengobati kerinduan
Bagi saya, mi instan indonesia dan nasi pake telur serta kecap asin adalah pengobat rindu akan tanah air.  Ada juga teman yang bawa sarung indonesia karena dia gak bisa tidur tanpa itu. Yang punya pacar bawa kaos bekas pacarnya buat dicium cium. Kalau kamu?

mi instan
6. Jangan terlalu sering menghubungi keluarga
Mungkin saya saja yang terlalu durhaka, jadi bagi saya skype-an tiap hari dengan keluarga itu too much! Seminggu sekali bolehlah. Toh zaman sudah keren pakai chat saja sudah cukup. Yang penting pesan yang ingin diberikan sudah tersampaikan. Jika terlalu intense keep in touch, justru pikiran anda selalu disana dan bikin anda merasa ketinggalan momen yang ada di sana sehingga ujung ujungnya bikin homesick.

7. Be open minded
Ketika anda traveling atau pindah ke suatu negara, anda pasti sadar bahwa akan ada perbedaan tentang cara hidup serta budaya. Sehingga harusnya sudah mawas diri dan mengantisipasinya sehingga tidak terlalu culture shock. Diharapkan jika anda bisa open minded, maka dengan mudah dapat beradaptasi dan tidak mengalami kesulitan apa apa yang ujung ujungnya bikn pengalaman anda berkesan dan jauh jauh dari homesick.

8. Enjoy your present!
Seriously, we are traveling for some reason. Stop complaining and enjoy your time. You might never have the chance to experience something like this again. Now or never!

Selamat mempraktekkanya yah!

****

Belanja baju keren & murah di shopee ini yah.

****

**

NEXT : Kapsul Hotel Lega dan Nyaman 100 ribu aja.

**

Nginap di hutan untuk ketemu Orang Rimba

Travel Now or NEVER
2 Responses
  1. engkong Ozi

    Len, juga untuk orang yang pindahan ke negara lain selain Indonesia merasakan Home-sick ini.basanya sih membutuhan sekitar 2 tahun pertana untuk menghilangkan Home-sick ini dan adaptasi dengan keadaan baru, selewat 2 tahun malah biasanya sudah gak kerasan/betah lagi kalau pulkam karena tanpa terasa juga terjadi perubahan pada diri kita sendiri

  2. Lenny

    Iya kong ini juga berlaku buat orang yang traveling untuk pindahan :)contohnya juga diambil dari sesama teman lenny yang pindah ke USA buat setaon ni heheh

Leave a Reply