Musim Panasnya Arizona

Tak pernah saya tahu sebelumnya kalau di Amerika ada gurun.
Hingga suatu saat saya harus tinggal di Arizona.

Arizona adalah salah satu state di USA yang berada di gurun Sonoran. Tapi gurun di sini termasuk indah. Tak seperti gurun sahara di Afrika atau gurun gobi di China yang hanya berupa gunung pasir, unta dan manusia yang kehausan. Tetapi yah namanya saja gurun cuacanya pasti panas. Bayangkan saja Arizona hanya punya curah hujan tak lebih dari 25mm tiap tahunnya. Jika musim panas (Juni – September) tiba, anda akan merasakan hidup di “living sauna”.

summer arizona
Sepanas panasnya di Indonesia, masih terasa lembabnya. Kalau di sini, ketika musim panas udah panas, terik, menyengat, kering pula. Ibarat kalau di Indonesia jemur baju setengah hari kering, di sini 2 jam saja diletakkan di luar sudah kering. kalau setengah jam mungkin baju bisa keriput deh. Biar anda tidak mikir saya bohong, berikut bukti bukti yang dapat meyakinkan anda kalau Arizona adalah tempat terpanas yang pernah saya kunjungi.
1. Suhu
Saya pikir karena saya tinggal dekat dengan garis ekuador, saya akan baik baik saja dengan suhu yang panas. Eh ketika pertama kali saya datang di pertengahan juli, suhu di siang hari biasanya berkisar 36C. Tetapi menjelang September kemarin, diperkirakan panasnya menjadi jadi hingga 48C. Duh bisa masak telor di depan apartemen nih!

2. Kesehatan
Seminggu pertama di sini, tubuh saya yang Indonesia tropis banget ini harus beradaptasi dengan iklim gurun. Kulit saya langsung bersisik dan kering. Lotion yang dibawa dari indonesia ga mempan. Harus beli lotion di sini. Bibir saya juga langsung pecah pecah dan terasa membengkak dan bahkan mulai berdarah karena terlalu kering. Oleh host family, saya diberikan lip balm untuk mengobatinya dan lip balm lainnya yang harus rutin dipakai setiap hari. Selain itu, saya juga jadi mimisan. Nggak parah sih, tapi ketika (maaf) ngupil, pasti ada sedikit darah kecampur. Untuk mencegahnya, saya selalu minum air banyak banyak. Dengan cuaca sepanas ini, mudah sekali terserang dehidrasi.

3.Penerbangan tertunda.
Kalau biasanya di Indonesia, beberapa penerbangan di bandara dibatalkan lantaran ada banjir atau kabut asap. Tetapi kalau di sini, penerbangannya juga bisa ditunda/dibatalkan karena panas. Panas yang berlebihan rupanya menyebabkan pesawat tidak bisa take off/landing.

4. Ban pecah di jalan tol
Ini agak mirip dengan kasus pesawat. Mungkin karena aspalnya terlalu panas, mengakibatkan ban mobil bisa meledak. Sudah tak asing rasanya saya melihat serpihan ban di pinggir jalan. Pertama saya kira itu bekas ban mobil yang kecelakaan, ternyata bukan sodara sodara.

5. Icon
Panasnya arizona memberikan inspirasi untuk menjadikannya icon. University paling top di Arizona yaki Arizona State University punya lambang the sun devil university dengan logo setan kecil neraka berwarna merah dengan tombaknya. Acara homecoming kampus saya, Scottsdale Community College pun mengusung tema home coming tahun ini adalah Beat the Heat. Tidak lupa sepanjang summer, ada himbauan untuk Stay out of the heat.

6. Solar System
Karena kaya akan matahari, banyak rumah yang memakai solar energy di atap rumahnya. Cara yang cerdik menghemat energi.

Nggak heran kalau sedang summer, jarang saya bisa melihat ada orang di luar ketika siang hari. Manusia di sini lebih memilih keluar pada malam hari ketika cuaca sudah bersahabat termasuk saya. Kolam renang cuma dapat dinikmati ketika gelap.

Tetapi ketika musim panas berakhir, Arizona bakal dipenuhi dengan para wisatawan yang berdatangan dari state lain yang mulai mendingin. Karena sedingin-dinginnya Arizona ketika Winter, cuacanya masih termasuk hangat. Ya iya donk kan Arizona is the hottest state in USA!

Travel Now or NEVER
2 Responses
  1. engkong Ozi

    nah L3N itulah panasnya selain Indonesia, begitu juga kalau di Ozi sedang Summer panasnya seperti itu, saat ini saja Sydney sudah pernah mencapai 39C, hari ini saja bakal 37C ditambah angin kencang padahal masih 2 bulan ke Summer, Indonesia negara Tropical tapi panasnya kalah sama yang begini, maka ada kabar burung bahwa Unta itu asal muasalnya dari Ozi bukan dari Arab

  2. Iyah yah kong ga heran lagi sekarang napa bule tahan sun bathing di indo. bagi mereka panas menyengat matahari indonesia itu hangat hehehe oh ya?kemaren ada liat seh unta pas di australia zoo

Leave a Reply