Modus Pembeli Nipu di Jualan Online

miffy

Bulan lalu dan bulan ini aku lagi fokus nyoba jualan online. Setelah sebelumnya aku jualan piring pinang, tetapi gegara pandemi dan aku beres-beres kamar, nemulah banyak barang yang masih bagus – baru dan bekas – yang masih layak banget dipakai. Berhubung ekonomi lagi pailit juga, jadilah muncul ide untuk jualan barang-barangku. Sempat aku pernah ga sengaja jual barang di Twitter dan laku keras, maka aku coba peruntungan kali ini di semua channel jualan gratis yakni Shopee, FB Marketplace, OLX dan Carousell. Dari berbagai interaksi dengan para calon pembeli, aku sudah bisa nerka-nerka modus pembeli nipu itu kayak gimana.

Modusnya kalau digarisbawahi adalah selalu minta no WA buat follow up. Oleh karena itu JANGAN PERNAH KASIH NO WA DENGAN ALASAN APAPUN.

Semua platform udah ada chat gratis jadi gak ada alasannya tanya-tanya via WA. Para penipu ini sengaja maunya pake WA biar mudah melancarkan aksi busuknya karena kalau di platform bisa terekam jejak mereka dan akun ke – suspend. Kalau di WA juga dia bisa save no kita, bisa neror dll. NGERI lah. Biasanya mereka ini modus pura-pura bego mau tanya orderlah, tanya lokasilah, terus minta di WA aja. Nah aku pernah masih polosnya di OLX dan Carousell. Baru upload barang, langsung ada yang inbox dua akun sama-sama minta no WA. Aku kasih ke salah satunya. Dia bilang mau bayar pake aplikasi transfer yang gak jelas terus dia malah tanya no seri kartu ATM BCAku yang 14 digit itu. Ini bukan no rek yah.

Dari situ aja aku udah ngeh ini mau nipu. Lalu kubalas aja “Halah mau nipu yah.” Seketika semua chat dia hapus, profile pic yang aku yakin hasil curian, ia hapus semua tanpa jejak. SHIT! gak sempat aku screen shot pula. Langsung tuh nomor aku blok dan report ke WA. Terus aku balik ke OLX da Carousell dan liat akun dia sudah kena suspen sama OLX karena aktivitas yang mencurigakan. Pasti nih banyak orang juga ngelaporin. Bukan cuma satu akun, tapi akun satu lagi yang nanyain no WA dengan modus gitu juga kena suspend. MAMPUS KAU~

pembeli nipu

Gak cuma di OLX, modus gini aku temuin juga di FB Marketplace. Ada yang ngechat mau beli terus bilangnya besok dia transfer. Aku jawab OK. Gak lama dia chat lagi mastiin dia besok beli. Aku gak bales. Transfer aja kagak, jangan banyak bacot lu yah. Esok sorenya, dia chat lagi ngingetin dia mau beli. Lah mana ada pembeli yang ngingetin dia mau beli. Kalau mau beli mah yah transfer aja atuh. Dikasih link toko shopee pun gak dia gubris. Setelah itu dia bilangnya mau gak bayar pake transfer pulsa aja. ENG ING ENG taik kucing pasti mau tahu no ku nih. Terus aku bilang gak bisa. Kalau mau OVO/GOPAY. Dia pun langsung senang dan minta GOPAYku. Terus aku mainin lagi, oh GOPAYnya lagi error OVO mau gak. Dia pun mau. Terus aku bilang ada biaya tambahan tapi dia OK OK aja.

Ibarat kata kalau pembeli beneran mana mau sih. Pasti curiga lah ama penjual kek gitu. Tapi ini penipu demi bisa dapatin no HP ku iya iya doang. Akhirnya aku kasih no ku yang gak aktif dan gak ada WA nya yang jelas. Dia pun langsung bahagia dan balas dia udah kirim ke no HP ku kok gak dibales. Ya tentu tidak dibalas wong gak ada WA nya ferguso.

Yha gitulah perjuangan calon penipu di jualan online. Intinya, setiap yang beli sama aku yang beneran, tak pernah sekalipun minta no WA jadi kalau ada orang yang dengan segala niat busuknya minta no, bisa dipastikan orang gak bener. Gak usah digubrisin.

Yang paling aman sejauh ini ya Shopee deh. Kalau FB, OLX, Carousell gak usah banyak berharap. Aku juga jadi belajar pilah pilih customer. Aku bukan nolak rezeki tapi menurutku tidak worth it ngelayanin customer yang sudah jelas dari awal gak jelas maksudnya. Belum lagi nawar hingga setengah harga, ngotot, maksa, dll. Berbagai kelakuan mereka kadang bikin aku gondok jadi gak ku balas sih. Tapi yang paling parah yah jenis penipu-penipu gini. Anggaplah dari 15 orang tanya, ada 1 yang beli aja udah hebat menurutku.

Tapi mungkin itulah seninya berjualan. Emang stok sabar harus punya segudang kalau gak rasanya pengen tebalikin meja rasanya. Semoga jualan kita dijauhi dari orang-orang yang mau nipu gini yah. Amin.

Kalau kalian pernah ngalaminnya pas jualan online?

Atau justru kena tipu penjual? Intinya hati-hati dan jangan pernah share no WA dan info pribadi lainnya.

Happy shopping~

**

NEXT : Tidur di hutan demi ketemu orang rimba

NEXT : KFC Senopati baru yang ada menu sehatnya

Travel Now or NEVER

Leave a Reply