Hotel Termewah di Belitung? Ya Arumdalu!

arumdalu belitung

Hotel termewah di Belitung yang kayak apa sih? Aku kira paling resort-resort tepi pantai gitulah. Hingga akhirnya aku diajak mampir ke Arumdalu, sebuah eco luxury resort yang tersembunyi. Kebetulan aku barusan dari Batu Baginde dan satu arah jadi sekalian deh mampir.

Aku sih gak ada niatan nginep karena miskin. Secara penginapan di sini modelnya private villa gitu yang semalem 6 juta dan hanya ada total 10 vila aja. Jadi eksklusif banget. Aku diajak ngeliat salah satu vilanya yang kosong. Modelnya mengingatkanku pada Bali versi belum viral. Ubud aja kalah sepinya karena vila ini beneran di sekelilingnya masih hutan jadi nyaris tidak ada kebisingan. Emang kalau sudah gini targetnya lebih ke tamu asing atau yang mau honeymoon biar makin meresepai suasana berdua. Uwu.

Vila di Arumdalu ini punya pintu gerbang sendiri, lalu ada halaman dan sebuah kolam renang. Tentunya tertutup sehingga gak bakal dilirik tetangga kalau berenang bugil atau berjemur pake kancut doang.

hotel termewah

Kalau udah gerah, silahkan masuk ke kamarnya yang lega dan adem.

arumdalu

Arumdalu mengusung konsep ramah di lingkungan di berbagai aspek, contohnya di kamar ini tidak menggunakan lapisan cat. Jadi jangan dikira dindingnya lum selesai bangun yah. Emang dibuat begitu. Selain itu, sisanya kamar banyak menggunakan ornamen kayu dan kaca. Tengok kamar mandinya pake bathtub dan bisa rendaman ampe keriput sambil liat pemandangan di luar. Lagi-lagi gak perlu takut diintipin.

arumdalu belitong

Sepanjang jalan di Arumdalu, aku juga baru sadar dia gak ada bikin kayak batako buat jalan gitu. Semua benaran dibiarkan sealami mungkin. Bahkan tanaman pun mungkin kesannya gak dipotong atau diurusi. Padahal mang nyatanya lebih dibiarkan tumbuh secara alami sesuai dengan habitatnya. Di sinilah pertama kali aku liat daun simpor yang banyak dijadikan pembungkus makanan kek di Kopi Ake.

Mie Belitong Kuliner Belitung

Mupeng liat kamar, aku lanjut eksplor area hotel. Di belakang, deburan ombak dan pasir pantai udah memanggil. Ternyata kawasan hotel ini ada sebuah batu raksasa gitu deh. Instead of dilenyapin, Arumdalu justru embrace dengan keadaan geografi sehingga yah batunya dibiarkan saja dan bentukannya tidak diapa-apain. Mereka justru pasang bangunan imut kecil di ujungnya, yang kemudian jadi ikon Arumdalu. Keknya sering liat orang foto-foto di sini. Aku akui anomali dan indah banget jadi yah udah aku ikut narsis deh sambil menikmati pemandangan.

 

Dari atas batu ini juga kelihatan pantainya yang bersih dan putih. Tak sabar aku pun pengen liat ke sana. Untuk ke pantainya, harus melewati restonya. Di sanalah, aku dijamu minum es teh serai. Duh segernya. Minum es teh di hotel termewah di Belitung rasanya amboi nikmatnya.

Suasana hotel saat itu lagi kosong keknya karena aku gak nemu tamu. Jadi aku bisa puas jalan-jalan dan foto-foto di beberapa tempat yang kayaknya dijadikan venue buat gathering atau acara private. Unik-unik sih arsitekturnya yang banyak menonjolkan rotan.

 

Ohya aku juga liat mereka juga ada kebun sendiri dan punya beberapa tanaman hidroponik buat mensupplai makanan buat resto dan para tamu. Mantap~~

arumdalu review

So far, di luar ekspektasiku di Belitung sudah ada penginapan model ini yang indahnya gak diragukan lagi dan juga sudah mulai memikirkan konsep yang berkesinambungan dengan alam.

resto arumdalu

Hotel Termewah se-Belitung Raya, Yah Arumdalu

Alamat : Jl. Batu Lubang, Membalong – Belitung

Kalau mau coba mampir tanpa nginep, bisa tinggal bayar 250rb/orang tar dapet minum + cemilan plus bisa maen ke pantainya atau foto-foto. Tapi itu setahuku tahun 2018 yah. Tar cek aja lagi boleh atau enggaknya.

pantai di arumdalu

**

Konsep Eco Green ini aku ingat selalu dari Arumdalu. Ketika akhirnya di Serpong mereka punya kebun melati dan resto, aku langsung ke sana dan langsung terkesima lagi. Ah Arumdalu, kamu memang selalu menawan.

Travel Now or NEVER
4 Responses

Leave a Reply