Hotel Kapsul Semarang: The Capsule Gajahmada

hostel semarang

Setelah perhelatan Semarang Night Carnaval 2019, aku masih extend lagi di kota Lumpia ini. Untuk akomodasi, karena cuma sendirian, aku cari Hotel Kapsul Semarang aja buat sekalian review gitu ceritanya.

Waktu itu Kota Semarang lagi ramai-ramainya karena lagi banyak event. Nyari hotel hingga hostel pun berebutan. Suatu kali aku cek di Traveloka, kebetulan ada satu hotel kapsul yang namanya The Capsule Gajahmada yang lagi kosong. Tanpa pikir panjang langsung aku bayar deh. Yang penting lega sudah ada tempat bobo buat esoknya.

Pas hari dimana check-in, aku dateng sorenya. Lokasinya sangat strategis ada di simpang lampu merah di Gajahmada. Dari samping udah kelihatan lift naiknya. Tapi di lantai satu cuma ada parkir dan seorang satpam yang berjaga. Dia bilang harus naik ke lantai 2 untuk ke resepsionisnya. Kebetulan aku bawa koper dan gak bisa pake lift dari lantai 1 rupaya. Huhu angkut-angkut deh.

Di lantai 2 ada deretan loker, ruang duduk dan juga resepsionis. Aku menyebutkan nama dan dia memberikan dua kunci loker untuk meletakkan barang. Lah rupanya aku salah pesen. Aku cuma sendiri, tapi pesennya kapsul yang dua ranjang. Ya sudahlah lagian tak mungkin refund kan.

Si mbak resepsionis mengajakku ke ruangan tempat kapsulku berada sambil sekilas memberitahu peraturan di hostel ini. Karena aku kira akan butuh tas, laptop, dan kamera, maka gak aku letakin di loker mending aku bawa aja ke kapsulku. Apalagi dapetnya kamar di lantai 4 jadi jauh juga kalau harus bolak balik ke lantai 2 kalau mau ambil laptop dan sebagainya.

hotel kapsul di semarang

Karena okupansi lagi tinggi, maka aku dapetnya kamar campur. Yha 🙁

Bukan perkara sekamar gak boleh muhrim sih cuma lebih ngerasa aman dan nyaman kalau cewek semua. Tapi katanya khusus yang cowok sudah dibilangin tar WC nya di kamar/lantai lain gak boleh di kamar itu karena khusus cewek. Ya sudah bisa apa lagi. Dalam satu kamar itu ada lebih dari 10 kapsul, ada yang single, ada yang double dan tentunya ada yang jomlo kayak daku.

Kalau double semua di bawah. Kalau single rata-rata di atas. Aku dapet pas persis di samping pintu. Ada sebuah tirai yang bisa naik turun yang menghalangiku dari dunia luar. Tapi tirai itu sih dak ketutup rapet banget jadi kalau orang mau ngintip-ngintip masih bisa. Cuma kadang kalau males, aku ganti baju tetep di dalem kapsul sambil cepat-cepat gitu.

the capsule gajahmada

Kalau sudah masuk dalam kapsul sih sudah mager. Mungkin karena double, berasanya luas sehingga mau guling-guling juga bisa. Koper dan tas aku masukin ke dalam kapsul biar aman. Fasilitas cukup lengkap mulai dari lampu, colokan, bantal semua lengkap. Cuma ternyata gak dikasih selimut dan handuk. Kalau mau harus beli fasilitas tambahan ini (20 ribu).

Awalnya sudah ditawari pas check-in tar bakel dapat sikat gigi odol juga tapi aku nolak karena ada bawa handuk dan perlatan mandi sendiri. Terus aku pikir gak mungkin lah dingin banget wong orangnya aja banyak. Aku juga punya kain jadi tar pake itu aja. Eh gak tahunya pas mencoba tidur, suasana kamar dingin banget, aku sampai menggigil. Kain yang dibawa jadi gak guna. Terpaksalah tengah malam aku ke resepsionis membangunkan petugasnya karena aku mau beli handuk dan selimut itu.

Setelahnya aku baru bisa tidur nyenyak… padahal awalnya sempat agak keganggu kalau ada orang keluar masuk kamar atau sedang ngapain di dalam kapsul.

hotel kapsul semarang

Esok paginya karena tidak menyediakan sarapan, aku makan soto dekat hostel yang enak banget. Kebetulan aku sudah refill botol minuman di resepsionis (2 ribu aja!) jadi lumayan buat ngirit. Setelahnya, aku sempat jalan-jalan keluar lalu siangnya balik lagi lalu kerja bentar di lantai 2 sambil nonton TV.

Selama di resepsionis, banyak juga tamu walk in namun karena udah pada penuh, maka ditolak. Kapsul satu lagi yakni Seleep & Sleep yang masih satu grup dengan mereka juga sudah penuh. Tak heran sih orang pada ke sini. Kalau dibandingin dengan uang yang dikeluarkan dengan fasilitas yang didapat, lumayan juga sih.

Cuma jujur karena toilet gabung, aku milih endak mandi (karena gak ada yang jagain kapsulku) padahal aslinya emang males mandi juga. Toiletnya sih agak standar bersihnya. Beberapa ada yang basah karena mungkin kena air bekas mandi. Tapi yang aku gak suka air kerannya enggak enak banget jadi aku gosok gigi pake air sendiri deh.

the capsule semarang

Kalau ada temen bareng gitu rasanya lebih asik mungkin ada yang bisa jagain barang hehe okay sip next time lah kalau butuh tempat rebahan bentar di Semarang, boleh deh ke sini.

***

The Capsule Gajahmada
Alamat : Jl. Gajahmada No.68B
Harga : 157.838 (kapsul double)

Travel Now or NEVER
2 Responses

Leave a Reply