Hotel di Cirebon Yang Gemes dan Murah

Dua kali ke Cirebon, dua-duanya nginep di hotel baru yang ada di sana yakni Batiqa hotel dan Ibis Budget. Dua hotel di Cirebon inilah akhirnya selalu jadi panduanku kalau mau melancong ke daerah ini. Sejak ada tol cipali, Cirebon jadi mudah diakses dari Jakarta karena udah lebih cepat. Kalau enggak, biasanya kudu naik kereta api tut tut tut siapa hendak turut…

Tapi yang manapun aku sangat menikmati perjalanan ke Cirebon loh. Kotanya masih sepi, gak macet dan wisata kulinernya yang jadi andalan. Tapi sebelum mulai jalan-jalan ke Keraton Kasepuhan, mari check-in kamar dulu.

Hotel di Cirebon. Bagus, Murah & Baru.

Ibis Budget

Ini dari stasiun tinggal jalan kakipun bisa loh. Hotel di Cirebon ini baru dibangun tahun 2017 dan dari pinggir jalanpun terlihat ekslusif meskipun harganya paket ekonomis banget. Karena udah beberapa kali nginep di Ibis, maka awalnya aku gak berekspektasi apa-apa. Pas masuk kamar, ternyata auranya beda. Kamarnya emang selalu asik, tapi ditambah lagi ada fitur canggihnya yakni shower yang kelap-kelip dan cermin layar sentuh buat hidupin lampu. Aku inget emang di Ibis Budget toiletnya udah dipisah. WC sendiri, shower sendiri, sedangkan wastafel di luar. Aku pribadi setuju konsep ini sih daripada digabungin satu karena kalau bareng orang, kadang kan kebutuhan kita beda-beda. Jadi kalau dipisah gini, yang boker gak ampe sembelit nungguin yang mandi.

ibis-cirebon

Yang mengejutkan lagi, aku baru pertama liat hotel Ibis yang punya bunkbed. Ini bisa buat keluarga yang bawa anak atau yang dewasa mau coba-coba. Cuma pastikan juga berat badannya. Jangan sampai patah kan kasian yang kegeprek di bawah.

ibis budget

Tapi karena aku jomlo, aku nginepnya di kamar biasa single bed sambil memandangi kapan punya teman bobo. #Eh

Soal desain dan lainnya, sesuai standar Accor Group. Breakfast enak dan lobi segala macam sangat mengakomodasi kebutuhan jadi bikin mager mau keluar-keluar. Ckkckc.

Batiqa Hotel

Pertama kali ke Cirebon tahun 2015, langsung ke hotel ini. Sebelumnya aku gak pernah dengar chain hotel butik ini. Pas nyampe tempatnya, wah tempatnya lucu. Hotel di cirebon ini memang cuma bintang 3 tapi mengedepankan elemen batik untuk desain bangunan dan printilannya. Terus di lobinya selain ada kursi rotan jadul yang suka diduduki aki-aki, di sampingnya juga ada warung kecil dengan segala jajanan masa kecil. Pinter banget sih hotel ini mengedepankan kearifan lokal yang ada.

batiqa cirebon

Masuk ke kamar, gimmick batik masih terlihat dari pajangan motif mega mendung di atas kasur. Kamarnya yang mungil tapi sangat nyaman ini buat hotel bintang 3 udah keren sih. Isitrahat bisa pol dengan fasilitas yang sangat memadai.

batiqa

 

Breakfastnya juga enak dan layak banget sesuai harganya. Gak heran batiqa hotel ini cukup sukses dan setahuku mulai banyak di kota-kota lain kayak Palembang, Surabaya, Lampung dan kota-kota lainnya.

**

Kalau soal harga, rasanya Batiqa lebih mahal dikit dari Ibis ehe. Tapi balik ke selera masing-masing yah 🙂

Hotel di Cirebon apa lagi yang jadi favoritmu?

**

NEXT : HOTEL DENGAN POOL TRANSPARAN

NEXT : Nginap di hutan demi ketemu orang rimba

Travel Now or NEVER
4 Responses
  1. Sintia

    Eeeehh lucu amaat ada bunkbed di Ibis! Tapi agak insecure yaa, baik yang tidur di atas ataupun di bawah, takut jatoh/takut nimpa yang di bawah.

Leave a Reply