Caraku Stop Makan Es Batu Krauk Krauk

makan es batu

Duh nulis ini di tengah siang bolong malah kebayang makan es batu kecil kecil dan air putih dingin ampe gelasnya berembun. Huft harus segera dihentikan ini kalau gak mau kambuh lagi nyandu nya. Iya bagi orang lain bisa aja kegemaran makan es batu ini aneh, tapi namanya candu itu banyak macem-macemnya termasuk liat es batu ibarat kesetanan pengen digigitin gitu. Kalau ditahan malah jadi gak fokus kebayang-bayang betapa nikmatnya ngemilin itu batu es.

Seingatku kebiasaan makan es ini dulu awalnya mulai ketika pas kuliah aku kenal dekat sama salah satu warung makan. Sama pemiliknya aku cukup dekat suka bantu-bantu di sana malah. Jadi kadang bisa seharian juga di situ. Nah tentu aja karena di warung makan, ada es batu dong. Es batunya modelan kristal yang agak besar dan bolong tengah gitu. Tiap harinya bakal ada mobil es nganterin 2 kantong es batu buat stok mereka.

Karena udah kenal dekat, aku bebas ambil minum kayak teh, air putih gitu plus es batunya. Berhubung yang punya warung makan ini selalu minum pake es batu, aku juga ikut-ikutan lah. Padahal dulu aku gak pernah minum dingin karena di Jambi gak ada kulkas dan jarang lah minum es es gitu, bakal kena marah tar. Adapun kalo beli minum pake es, itu es rumahan yang dipecah gitu loh. Gak ada perusahaan es batu yang kantongan dari pabrik gini.

Nah di sinilah aku merasa es batu itu “mewah” banget, sesuatu yang tak pernah aku dapetin kini bisa dinikmati kapan aja. Dari yang tadinya es batu cuma buat minumanku agak dingin, sekarang dikit-dikit aku ambil es buat nyemilin. Aku sengaja ambil yang bentuknya kecil gitu, dipilih-pilih karena buat digigitin dan lebih cepat cair. Kadang sambil bengong pun mulutku udah auto nyamber makan sisa es yang ada di minumanku.

Hal ini pelan-pelan tak aku sadari bikin kecanduan euy. Secara otomatis kalau ke warung itu, langsung buka kotak es dan ngambilin es. Bukan haus, tapi lebih tepatnya kalau gak makan batu es rasanya kayak ada yang kurang gitu loh. Kayaknya ini berlangsung hingga aku lulus kuliah dan pindah dari situ. Tapi pas di USA dulu sempat aku tinggal di rumah host family yang mana mereka punya lemari es besar 2 pintu yang di depannya udah langsung ada mesin es batu gitu loh dan tinggal dipencet dan layaknya dispenser, langsung keluar deh batu es yang bisa dipilih tingkat besar bongkahanya. Mau yang agak besar atau yang agak kecil. Nah aku suka banget ini buat ambil yang kecil-kecil gitu. Kalau langsung campur air putih, duhile nikmatnya mana airnya bersih pula ya kan. Beda lah sensasinya~

Untungnya aku tinggal di sono cuma bentar dan masih jaga sikap biar gak malu-maluin, sebelum terjerumus ke hobi makan batu es kayak dulu lagi.

Nah setelah aku pikir-pikir, untungnya aku bisa lepas dari candu ini karena GIGIKU SAKIT. Ini emang yang resiko terbesar karena meski gigi itu kuat, namun kalo tiap hari dikikis ama batu yang juga keras, maka bisa jadi gigi kita yang kalah sih. Apalagi kalau gigitnya brutal kan takutnya jadi patah. Mana gigiku emang jelek sih. Di bagian kiri dalam itu udah ompong bawahnya sehingga aku cuma bisa ngandelin yang kanan. Itupun ada tambalan sehingga berasa sih kalau kebanyakan ngunyah es, suka kebas dan ngilu. Ngilunya sekarang paling terasa di gigi atas yang sekali kena dingin gitu langsung NYUUUUTTTTTT kek disambar gledek. Tingkat sensitivitasnya juga jadi naik misal agak asem gitu kayak apel kalau gigit pake gigi itu rasanya kecut banget jadi ngilu.

Ini yang jadi titik balik buatku insyaf. Sadar gigiku udah mulai banyak ancur, kudu segera dibenahi karena gigi gak bisa numbuh lagi. Selain itu pernah baca juga kalau kebanyakan makan batu es itu bisa jadi tanda anemia. Kalau dipikir-pikir yha mungkin juga karena dulu itu kurus banget plus kurang sehat in general. Asupan teh juga lumayan dan itu bikin penyerapan zat besi berkurang.

Dari pengalamanku ini ada beberapa tips buat yang pengen lepas dari hobi makan es batu yaitu :

  1. Jangan Cari Penyakit. Sakit adalah pecutan paling ampuh. Sakit gigi, ngilu, sakit gusi karena berdarah tersobek pas ngunyah, sakit pipi karena kalo udah kedinginan itu jadi kebas mulutku. Belum lagi kalau udah kebas itu mulut jadi mati rasa. Bibir pecah-pecah kering juga kan jadi jelek. Pokoknya kalau ada masalah apa-apa, aku kadang suka nyalihan es biar kebentuk di mindset kalau es batu itu gak baek & harus dihindari. Yha samalah kayak emak-emak yang biasa teriak “ES TEROSSSSSSSSSSSSSSSS”
  2. Gak punya tempat es. Ini ampuh banget karena meski sekarang di kosan / rumah ada kulkas, tapi isinya udah penuh ama daging, frozen food dll dan mager banget mau bikin es. Belum lagi tah napa rasa es rumahan itu beda aja dibanding beli sendiri gitu. Jadi kalau di rumah / kosan aku gak pernah nyemil es. Minta kerjasama orang rumah juga perihal kamu lagi mencoba stop kebiasaan buruk ini.
  3. Kurangin minuman es. Kalau beli minuman selalu bilang esnya dikit aja. Kalau kebanyakan bisa kasih temen ato dibuang langsung. Terus inget-inget aja kalau jajan di luar kadang es nya itu dari air mentah atau yang dibekuin pinggir jalan yang diangkut pake gerobak dan kena kaki / tangan abang-abang yang udah pasti gak steril sih. Kebanyakan makan es model gini bukan cuma sakit gigi. Bisa-bisa sakit tenggorokan atau sakit perut diare. Mungkin harus kena “jackpot” dulu nih baru tobat.
  4. Beralih ke es serut atau yang lebih kecil. Okay mungkin kalau udah candu bakal susah langsung stop, at least dikurangin yah atau at least beralih ke es yang lebih ramah di gigi kayak es campur, es serutan gitu jadi pas masuk mulut gak terlalu merusak enamel atau lapisan gigi. Es gini biasanya juga lebih mahal jadi dengan boncosnya kantong, semoga jadi lebih tobat wkwk. Ohya lagi-lagi harus milih es yang bener yah. Karena pernah beli di abang-abang, besoknya tenggorokan gatel euy. Kapok dah!

Terakhir, tips yang paling manjur adalah NIAT. Mau dipaksa, dilarang pun kalau emang belum sadar, yah bakal nyolong-nyolongan lagi. Tapi ingat kan kita mau lepas dengan cara yang bener-bener baik sehingga nanti kalau liat es batu udah gak sakau. Aku sekarang udah bisa sih. Tinggal ingat aja gak ada hal bagus dari makan es itu, malah kebanyakan ngerugiin sih. Mikirin tentang hal-hal jelek/kotor soal es batu juga bantu sih. Syukurnya lagi di lingkunganku gak ada es batu juga jadi lama-lama bisa lupa sendiri. Kalau keluar makan juga paling pesen air putih hangat secara makin jompo makin gak bisa makan es atau aneh-aneh juga hehe mungkin emang masanya udah lewat aja 🙂

Ada yang punya pengalaman sama?

**

NEXT : Review Setrika Uap. Aku salah pake??

NEXT : Kalau hidung mampet / pas covid ga bisa nyium bau, coba pake sterimar nasal spray.

**

NEXT : Nginap di hutan untuk ketemu Orang Rimba

 

Travel Now or NEVER

Leave a Reply