Cara Naik MRT JKT Pake Kartu Single Trip

beli tiket mrt

Pada masa lampau, Indonesia pernah bermimpi punya moda transportasi berbasi Mass Rapid Transit (MRT).

Namun karena satu dua tiga dan seribus satu hal, maka mimpi itu mengendap, menguap dan hilang ditelan realita.

Hingga akhirnya, isu ini diangkat lagi dan direalisasikan karena mengingat Jakarta beneran butuh yang beginian. Sampai kapan mau macet mulu tanpa ada solusi angkutan umum yang cepat, aman dan bisa diandalkan?

Jadi ketika akhirnya Ratangga beneran lahir ke dunia, hanya satu yang ada di benakku.

Dream Come True!

mrt jakarta

MRT buatan Jepang ini melebihi ekspektasiku. Bener-benar setara dengan MRT Singapura dan jauh jauh lebih bersih bagus dari Metro New York yang bau pesing dan ganja huhuh. Pertama kali aku cobanya, itu akhir Maret karena masih terbuka buat masyarakat umum. Belum siap seutuhnya sih tapi sudah bisa ngerasain dari Bundaran HI ke Lebak bulus cuma 30 menit dengan interval kedatangan kereta per 10 menit. OMG secepat-cepatnya naik gojek atau busway/KRL, gak mungkin sih 30 menit, apalagi di jam sibuk. So, ini dewa banget si Ratangga.

Nah per 1 April, aku nyobain lagi karena beneran sudah dibuka untuk umum dan berbayar. Tapi dasar Ratangga, baik banget, masih aja kasih diskon 50% dari buat para pengguna. Duh jadi makin yakin untuk beralih hati nih. Aku jadi coba naik 2 x masing-masing pake kartu single tripnya, satu lagi pake Flazza. Dua-duanya berjalan mulus, petugas pada ramah dan perjalanan menyenangkan.

stasiun mrt blok m

Jadi yang kepengen untuk nyobain juga, nih aku kasih panduannya yah :

Datang ke stasiun terdekat : Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, ASEAN, Senayan, Istora Mandiri, Bendungan Hilir, Setiabudi Astra, Dukuh Atas BNI dan Bundaran HI.

Siapkan metode pembayaran yang berlaku yakni : Kartu Jelajah MRT Jakarta Single Trip, Kartu Jaklingko dan kartu uang elektronik Bank (E-money, Flazz, Brizzi, Tapcash dan Jakcard).

Kalau cuma ada uang tunai, beli dulu kartu Single Trip di loketnya sama petugas atau beli lewat mesin yang tersedia. Yang harus kita bayarkan itu adalah tarif naik MRT + deposit Rp.15.000 yang bisa di-refund di stasiun akhir di loket.

beli tiket mrt

Miriplah dengan sistem kartu KRL. Bedanya kartu single trip bisa awet seminggu dan di top-up dan digunakan kembali selama seminggu itu. Top up nya harus di tempat loket petugas lagi yah. Mesin sementara cuma bisa buat beli dan liat riwayat kartu. Untuk transaksi juga hanya bisa cash gak bisa debit-debit. Uang tunai yang diterima mesin mulai dari Rp.50.000 hingga uang koin Rp. 500. Namun untuk kembalian hanya dikasih uang receh Rp. 1.000. Jadi mending siapin uang pas yah.

mesin tiket mrt

Tabel Harga MRT dan rutenya :

tarif mrt jakarta

Paling Murah : Rp. 3.000.

Paling Mahal : Rp. 14.000.

Rupanya kalau masuk dan keluar di stasiun yang sama sudah gak bisa karena kena penalti seharga 4ribu kalau gak salah.

Untuk anak-anak gratis, kecuali yang tingginya udah di atas 90 cm, dikenakan tarif yang sama kayak dewasa yah. Jadi patokannya tinggi badan bukan usia. Kalau sudah cukup tingginya mending langsung dibelikan kartu bank agar tidak ribet karena tiap orang harus punya satu kartu masing-masing, jadi gak bisa nebeng temen tap kartu. Pemotongan tarifnya baru akan terlihat pas di tap keluar soalnya.

Jam Beroperasi : setiap hari mulai dari kereta pertama jam 05.30 dari Lebak Bulus dan terakhir dari Bundaran HI jam 22.30. Beberapa stasiun kayak di Lebak Bulus sudah terintegrasi dengan busway jadi bisa langsung nyambung. Brilian! Tapi jangan lupa bayar lagi yah untuk buswaynya hehe.

Jadi gimana, sudah pernah nyobain MRT kita? ada kesan dan pesan?

****

Belanja baju keren & murah di shopee ini yah.

****

Tonton cara belinya biar lebih ngeh di sini yak :

**

NEXT : Nginap di hutan untuk ketemu Orang Rimba

NEXT : Sedot eek kuping penyebab telinga berdenging

NEXT : Facial di Erha

Travel Now or NEVER
8 Responses
  1. Sigit

    Kalo start dari Bundaran HI terus sampe lebak bulus tpi gak keluar stasium lebak bulus terus lanjut ke HI lagi itu hitungannya berap ya? 3000 juga ya? ?

    1. Lenny Lim

      Yup tetep 3rb karena keluarnya itungnya di HI selama gak keluar stasiun hehe kadang ku juga gitu suka liat tiap2 stasiun tapi jangan ampe tap out wwk

  2. Adie Riyanto

    Senang sekali memang akhirnya melihat dan merasakan Jakarta punya MRT. Bangga banget. Apalagi pas membagi informasi ini di fb dan teman-teman dari luar negeri juga ikut antusias dan ingin mencobanya saat nanti berkunjung ke Jakarta. Mereka akan ikut Jakarta Marathon Oktober nanti. Duh, mengabarkan sesuatu yang positif dan optimisme untuk kemajuan bangsa rasanya merupakan usaha minimal yang bisa aku kasih buat bangsa ini. Semoga ke depannya lebih maju lagi.

    1. Lenny Lim

      Amin!!! Iya semoga semua pada antusias sehingga membuat gerakan untuk beralih menggunakan MRT sebagai moda transportasi bisa terwujud 🙂

Leave a Reply