Cara Download Sertifikat Vaksin

peduli lindungi

Sertifikat vaksin sekarang seperti surat sakti untuk berkegiatan di mana-mana dan ke mana-mana. Kalau buatku, itu kudu banget ada buat pulang kampung ketika PPKM darurat. Emang sih kondisi di Jakarta lagi genting tapi aku memutuskan pulang Jambi buat menjaga keluarga. Syarat terbang yang ribet pun kupenuhi semua di antaranya :

1 Sertifikat vaksin minimal 1 dosis.

2. Tes PCR Negatif maksimal dalam 2x24jam dari & ke Jakarta serta area-area yang PPKM level 3&4.

Untungnya sih sudah tidak pake surat kerja dll jadi aku bisa bernapas lega karena semua syarat bisa terpenuhi. Khusus sertifikat vaksin sebenarnya aku udah ada kartu vaksin yang dikasih dan tulis manual oleh petugas vaksin. Cuma karena aku takut gak diterima, maka aku coba download sertifikat vaksin di web peduli lindungi.

Caranya pertama harus daftar alias login dulu. Masukin semua info sesuai petunjuknya. Sudah berhasil login, nanti balik aja ke homepage di atas web ada tulisan “Sudah melakukan vaksinasi? cek sertifikat di sini”

Dah klik itu tar bakal diarahin ke halaman dan suruh input lagi data diri dan kapan vaksinnya, jenis dll. Masukin semua dan klik periksa. Udah deh harusnya langsung tampak tar sertifikatnya. Aku saranin di download terus di print warna beberapa biji buat dokumen. Kalau mau cetak jadi kartu juga boleh biar tar ditunjukin kalau mau masuk mall dll. Bisa juga download aplikasinya Peduli Lindungi di HP kalau biar lebih ringkas.

Sudah semua persiapan itu, dengan mantap besoknya aku ke bandara pagian. Deg deg an gila karena gak pernah terbang di kondisi bandara sepi gini. Aku langsung ke area tempat ngecek hasil tes COVID, ternyata cepat kok dan dia cuma lirik bentar dan pastikan semua berkas betul dan udah LOLOS deh tinggal check-in aja. Itu juga perlu dikasih liat semua dokumennnya. Jadi masukin dalam satu amplop/map aja biar gak riweuh.

Setelah masuk ke waiting room, baru dah aku bisa bernafas lega dikit. Rasanya mang ribet banget. Mau terbang tapi kek berasa ke kantor camat karena bawa banyak dokumen. Tapi ya udahlah demi kebaikan dan keamanan semuanya, jadi harus dibatasi dikit mobilasi warga dengan memperketat aturan terbang.

Semogalah kondisi cepat membaik, pandemi jadi endemi dan kita bisa hidung berdampingan dengan COVID-19 ini tanpa menimbulkan dampak negatif yang masif.

Sehat-sehat dan tetap waras semua yah. Karena ku tahu bahagia di saat kondisi susah gini sepertinya sulit diraih. Jadi sing penting bertahan hidup dulu dah.

**

NEXT : Pake Air Purifier buat nyaring virus di udara.

NEXT : Cuci hidung pake Sterimar Nasal Spray

NEXT : Nginap semalam di hutan untuk ketemu Suku Anak Dalam

Travel Now or NEVER

Leave a Reply