Cairin Google Adsense ke Rek BCA. MAHAL!

cairin google adsense

Dulu tahun 2011, ketika tak sengaja membuat blog, tak pernah kepikir ini bisa diduitin. Masih pake blogspot, sederhana banget. Habis itu meningkat ganti ke wordpress dan akhirnya ada domain, template, dan beberapa printilan lain. Seiring perkembangan, ternyata bisa pasang iklan. Kalau flashback, aku punya google adsense dari 2014. Namun baru pada Juni 2015 menghasilkan USD 3. Terus karena migrasi ke wordpress, ganti domain dll dan sejak juli 2016 ga da. Untungnya yang dari setahunan itu kekumpul hampir USD 50.

Akun Google Adsense ini akhirnya kepake lagi ketika Youtubeku udah bisa pasang iklan sejak pertengahan 2019 berkat satu video viral ini.

Cairin Google Adsense

Nah lumayan setelah itu tinggal tunggu 4 bulan, jumlah minimum yang bisa dicairin yakni USD 100 pun terkumpul. Lebih tepatnya aku dapet USD 112.11. Aku sempat cek kurs rupiah saat itu 15.413.

cairin google adsense

Jadi harusnya dapet 1.747.761. Pas ngecek mutasi rekening cuma ada 1.418.494.

google ads bca

Selisihnya 329.267. Alamak buatku itu jauh banget. Setahuku mang dipajakin tapi gak tahu penghitungannya gimana. Terus ya pasti ada kena adm bank dan lagi-lagi ga tahu berapa. Yang jelas selisihnya doang udah mau USD 21 loh!

Kalau beli bakso bisa segerobak ama abang-abangnya. Lemes langsung~

Aku pun langsung coba tanya BCA lewat twitter soal berapa biaya cairin Google Adsense ke rek BCA. Ini jawabnya :

bca terima uang asing

Ternyata lebih kaget karena bisa sampai 30 USD. Ckck.

Berhubung baru pertama, emang aku gak sempat cari tahu untung ruginya cairin pake transfer bank atau Western Union. Tapi dulu pengalamanku pake WU, jelas tidak semahal ini sampai ratusan ribu melayang. Kapok deh langsung aku ganti metode pembayarannya ke WU saja. Nah entah kapan lagi baru bisa gajian lagi dari Google Adsense.

Udah paling bener ambil duit pake Western Union aja di Pegadaian. Cepat dan gak ada biaya aneh-aneh! Atau semoga biayanya bisa semurah pake TransferWise. Hiks.

Kalau kalian gimana cara cairin google adsense? Kalau lewat bank, bank mana neh kalo boleh tahu?

**

NEXT : Taco Bell pertama di Indonesia!

NEXT : Main Sepatu Roda di GBK

NEXT : Facial di Erha

Travel Now or NEVER
28 Responses
  1. Bara Anggara

    wooow gede juga potongannya tuh.. bisa buat beli bakso segerobak sama abang2nya pula wkwk..

    ajarin buat mencapai subscriber 1000 dong kak Len ,, susah bgt dah ini wkwk..

    -Traveler Paruh Waktu

    1. Lenny Lim

      Iya lemes langsung liat 300rb kepotong huhuh

      wwkwk aku ga tau juga napa bisa 1rb subs itu aja butuh waktu setahun lebih. Sing penting tetep optmimis dan berkarya aja

    1. Fandi guritno

      Bener potongan bank lokal hanya 5$ tp potongan dari jasa wire nx yg membutuhkan layanan swift bisa kena 15-30$ jadi kalo dirata rata potongan bank lokal + bank perantara ya 20-35$ nantinx. Sukur kalo dapat dibawah 25$. Ane bca kena 21$ passs. Untung cekout ane diatas 1000$ jd gk kerasa walo 21$ itu bisa buat beli beras 2 karung.

  2. jeje

    hallo kak. salam kenal. saya baru tau tentang kak lenni lewat video yg bersama SAD. dan sampe akhirnya tau ada Blog ini. Btw saya ada komen di video tersebut, saya adalah orang yang sepertinya sehobi dengan kak lenni, tp saya tdk bs merealisasikannya haha. dulu di tahun 2012 saya menulis di blog saya sendiri tentang kehidupan saya selama 3 tahun bs di bilang curhat sih, yang menurut temen” saya bahwa cerita tersebut sangat menarik dan mungkin bs di jadiin novel. tapi saya tidak PD dengan penulisan saya dan sedikit agak malu ketika banyak orang yang baca. sampe akhirnya saya memutuskan untuk menghapus Blog tersebut.
    rasanya pingin nulis, tp tidak bisa menulis. pingin showup tp malu hahaha.

    oh yah, saya jg ada cerita tentang google adsense. tp kalau d ceritain panjang haha.
    Premis nya sih , saya mendapatkan iklan dari admob dan langsung bs d cairin ke google adsense, ketika sudah mencapai nilai minimum $100 saya langsung proses tuh biar bs d kirim surat ny(PIN). eh setelah menunggu 40 hari akun adsense saya di banned, dan PIN yg sdh terkirim d rumah gak berguna :(.

    1. Lenny Lim

      Hai Jeje,

      Semangat yah terus menulis. Seringkali anggapan tulisan kita jelek/malu itu hanya di pikiran sendiri. Jadi jangan dituruti, post aja. Mau ada yang bilang gak bagus atau gimana, gpp jadikan itu proses pembelajaran 🙂

      Wow hebat langsung dapat iklan. Admob itu apa? kok bisa kena banned?

      1. jeje

        iya kak, ini uda mau mulai untuk belajar lg nulis. mungkin nanti bakal saya share ke kak lenny wordpress saya. karna kalau sampai saya berani nulis dan ngepublish nya, brrt kan kak lenny orang yang mungkin bisa d bilang sebagai motivasi saya dalam menulis lol.
        btw di kunjungi yah kak nanti kalau sudah jadi blognya.

        google admob bagian dari google adsense kak. atau google admob adalah adsense mobile (monetisasi iklan dalam aplikasi). ketika saya kuliah kmrn saya membuat sebuah aplikasi baca untuk anak, yaitu dongeng anak, isinya copas sih di internet tp saya kemas dlm bentuk aplikasi dan memuat banyak cerita atau dongeng” rakyat dlm aplikasi tsb.
        nah saya baru kepikiran nih, mungkin karna itu jg sih knp adsense saya di banned. saya copyright content orang lain. 😀

  3. Arif M

    itu payment amountnya dalam dollar ya mbak, kalau saya dalam IDR, trus pas di cek mutasi BCA, jumlahnya sama dengan payment amount yg di receiptnya, kira2 itu kepotong juga apa ga ya?
    soalnya kalau dari google pasti dari luar negri juga kan?

  4. Fandi guritno

    Kalo idr gak ada potongan karena yg kelola udah google indonesia. Kalopun ada hanya selisih kurs.

    Beda cerita kalo akun google $ yg kelola google luar negri, kalo akun US wilayah indonesia yg kelola google ireland(irlandia) sebelah nya inggris sono, jd kirim ke indo perlu makelar bank biar sampe indo makanya potongannx banyak bgt

    1. Lenny Lim

      Asik juga yah yang idr.. tapi mereka ads ny juga rupiah sih yah.. ada berita simpang siur katanya rupiah lebih kecil nilai adsnya entahlah…

      Aku sekarang pakenya western union aja udah.. cukup pake materai 6rb dan beda kurs aja

  5. nopan

    saya juga adsense dollar coba pake BCA, karena kan pake WU sudah dihentikan akhir tahun ini.
    potongan gila gede banget 300rb an.
    ada yang tau bank apa yang kecil potongan nya untuk adsense dollar yah (bukan adsense rupiah)

  6. Jojoo

    Sekarang adsense gak pake western union sama sekali, jd harus pake wire transfer, cuma punya bank bca, ahhh, pasti kena potong 30$ lagi hixxx

  7. Anthony

    Luar biasa SEO blog ini, no 1 kalau nyari “BCA Adsense”. Hahha
    Iya, saya dulu pakai BCA kena mahal banget, WU udah ga bisa lagi sekarang.
    Saya jadinya pakai rekening Mandiri punya mertua, kena kurs doank setau saya. Jadi may nyoba pake jenius.

  8. Cek Mus

    Aduh saya akun GA dollar pake WU selama ini dan tahun depan harus beralih ke metode pembayaran bank transfer karena wu tidak bisa lagi tahun depan. Galau karena baru menambahkan norek BCA takut kena potong 300 ribu juga :(. Saya punya BRI Syariah kira-kira apa bisa murah gak ya kena potong nya

  9. Hostze

    Bener banget hari ini cair dari google tapi pas liat mutasi ke potong 300rban lebih lumayan bisa beli kuaci 20 pack, WU tahun ini sudah di berhentikan, dan sekarang masih bingung harus make metode pembayaran apa yang murah biar engga kena potongan gede, karena akun US ini sih masalah nya kalau akun ID aman engga ke potong kalau ada yang punya solusinya bisa kasih tau yah menarik untuk di diskusikan..

  10. Eirudo

    Kalau kita masih pake akun AdSense yang USD, memang bakal kena biaya transfer kawatnya.
    Sedih banget sih ini.
    Cuman bisa via transfer kawat, dan lewat Wester Union udah gak bisa lagi mulai 2021

    Kalau yang udah pake Akun Adsense IDR, pencairan ke bank lokal gak ada biaya.

    Bingung juga sih kita mau keep akun Adsense USD tapi kena potongan pas pencairan,
    atau bikin akun Adsense baru yang IDR bebas potongan – tapi pendapatan iklannya lebih kecil nominalnya dari yang USD jadi lebih lama ngumpulinnya…

    Dilema..

Leave a Reply