Naik kereta di atas Benteng Van Der Wijck Kebumen

benteng-van-der-wijk

Benteng Van Der Wijck di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah awal mulanya sebelum tahun 1844 adalah sebuah kantor dagang VOC. Namun karena besarnya kekuatan Diponegoro pada tahun 1825-1830 harus membuat Belanda mendatangkan pasukan bala bantuannya dan ditempatkan di sini. Lama kelamaan barulah tempat ini menjadi benteng pertahanan militer Belanda.

Ketika pertama kali mengunjunginya, saya beruntung telah disiapkan berbagai fasilitas untuk menikmati benteng ini. Dari pintu gerbang, telah menunggu sebuah kereta yang akan mengajak saya dan teman-teman lainnya untuk memutari kawasan benteng ini. Lumayan daripada jalan kaki lalu pegal 🙂
syuting-the-raid
Benteng ini juga biasa disebut dengan benteng merah karena tersusun dari batu bata merah yang masih awet hingga saat ini. Benteng Van Der Wijck berbentuk segi delapan dengan tinggi 10 meter dan luas permukaan 7.168m2 dengan ketebalan dinding 1,4m. Bangunan ini terdiri dari dua lantai dengan banyak kamar dan jendela yang bertebaran di setiap sudut. Di lantai dua, terdapat 4 tangga penghubung menuju ke atap. Sisanya, benteng ini lebih banyak tampak kosong dan sepi. Daripada serem, saya lebih suka langsung naik ke atas benteng karena bisa naik kereta api. Yukkk!

benteng-van-der-wijk-kebumen
Naik kereta api di atas mengingatkanku akan kereta api yang ada di pasar malam dengan dudukan besi dan kursi beratap untuk dua orang tersebut. Di luar dugaan, atap benteng ini sangat lucu karena dari bawah sepertinya datar-datar saja namun ternyata di atas bentuknya seperti bukit-bukit kecil layaknya piramida dari batu merah. Katanya sih sengaja dibikin gitu buat tempat persembunyian. Yah emang cocok kali nih buat tempat main petak umpet. Mana pemandangannya indah pula.
benteng-kebumen
Ohya, Benteng Van Der Wicjk juga sudah Go-international loh terbukti lapangan di tengah benteng itu telah menjadi lokasi syuting film The Raid 2. Selain benteng, tempat ini juga telah dimanfaatkan oleh TNI AD untuk Sekolah Calon Tamtama Kodam IV Diponegoro. Sayangnya lagi pada libur sewaktu saya berkunjung.
benteng-van-der-wijk
Benteng Van Der Wijck
Jl. Sapta Marga no 100 Desa Sidayu Kec.Gombong Kab. Kebumen – Jawa Tengah
Telp : 0287 – 473460Harga Tiket Masuk : Rp.25.000 sudah termasuk harga tiket masuk obyek wisata, wahana water park dan naik kereta atap benteng.**Info tempat makan Nasi Penggel Khas Kebumen di sini.Info hotel hits, Meotel Kebumen di sini.Info tempat melihat taman kupu-kupu Kebumen di sini... dan yang terakhir info salah satu atraksi wisata (Rapelling) Kebumen di sini.

Travel Now or NEVER
10 Responses

Leave a Reply