Belanja Oleh Oleh di Paviliun Provinsi SMESCO

belanja di smesco

Dulu…
Ketika saya ikut pertukaran pemuda ke Australia dan beasiswa ke Amerika Serikat, salah satu daftar barang yang harus dibawa adalah oleh oleh. Meski saya juga membawa oleh oleh khas Jambi, ada kalanya saya juga pengen membawa sesuatu dari daerah lain contohnya aneka produk olahan batik kayak kipas, dompet, etc. Saya sempat nitip sama temen di Jogja untuk mengirimkannya ke Jambi biar lebih murah dan gak pake ribet.

Di lain kesempatan, ketika berada di Jakarta dan membawa teman teman dari luar negeri, kadang saya bingung harus membawa mereka kemana untuk berbelanja souvenir. Pilihan terakhir yang paling mudah tentu saja adalah shopping mall.

Sekarang…
Tau gak sih gedung SMESCO yang bentuknya biru bulat itu?
Tau gak sih di gedung SMESCO itu ada paviliun provinsi seluruh Indonesia yang menjual barang UMKM dari provinsi tersebut?
Tau gak sih paviliun itu terbuka untuk umum dan harganya terjangkau?

Saya pribadi juga nggak tahu. Cuma tahu itu gedung untuk acara pameran. Baru kemarin ketika saya diundang pihak SMESCO buat jalan jalan di sana dan.. astaga ini sih mirip miniatur Indonesia!

Layaknya hidden gem, memang tak banyak masyarakat yang tahu lokasi ini. Tampak hanya saya dan rombongan teman teman blogger saja yang ada di sana. Padahal di luar gedung sedang ada acara.

Paviliun Provinsi di gedung SMESCO diresmikan pada tahun 2010 ini memiliki 33 paviliun provinsi (Kalimantan Utara menyusul) yang kesemuanya didesain oleh provinsi masing masing dan menjual aneka produk unggulan UMKM dari provinsi tersebut. Jadi dari sini saja sudah terlihat keragaman Nusantaranya. Dari melihat sekilas, saya bisa menerka nerka potensi provinsi tersebut. Ambil contoh di Jambi yang banyak ditampilkan adalah kerajinan rotan karena di Jambi hutannya masih luas. Lalu ada juga teh kayu aro yang membuat pengunjung tahu bahwa di Jambi ada gunung. Sedangkan di provinsi kepulauan riau hampir semua yang dipajang adalah hasil laut seperti pajangan dari kerang serta makanan olahan laut.

smesco
Paviliun Provinsi terletak di lantai 15, 12, 11 dan juga 3. Paviliun provinsi ini lokasinya acak sehingga jika bingung mau mencari paviliun provinsi tertentu bisa bertanya kepada satpam / penjaganya.

belanja di smesco
Lalu bagaimana soal harga produk yang dijual di sini? Mahal gak?
Saya sudah coba naiki semua lantai dan mengunjungi hampir semua paviliun dan rata rata hampir semuanya menawarkan harga yang terjangkau. Biar nggak dibilang bohong, ini nih saya kasih contekan harga oleh oleh dibawah Rp.20.000 (some are less!)
Yogyakarta
Rp.4.000 ->> Gelang jogja
Rp.15.000 ->> Magnet kulkas bermotif wayang

Kalimantan
Rp.10.000 ->> Aneka gantungan kunci manik manik

Jambi
Rp.10.000 ->> Kopi AAA (kopi terbaik jambi) dan teh kayu aro jambi

Jakarta
Rp.10.000 ->> Kartupos Jakarta dan gantungan kunci ondel ondel
Rp.15.000 ->> Bando batik

Dengan belanja di sini, saya merasa aman dan percaya barangnya tidak palsu dan dijamin berkualitas. Bahkan batiknya semuanya bergaransi tidak ada yang hasil dari printing. Selain itu, berbelanja di sini kan hitung hitung buat membantu UMKM provinsi masing masing toh?

Satu lagi jika anda mencari barang barang khas daerah yang spesifik seperti koteka, baju adat, perhiasan pengantin, kopi luwak hingga batu akik semuanya tersedia!

smesco jakarta
Baju Adat Kalimantan biasanya mahal banget lah ini kurang dari Rp.500.000!
Dari sekian banyak paviliun provinsi, favorit saya adalah Papua. Mungkin karena kalau pergi sendiri, uangnya belum mampu jadilah saya banyak nongkrong di sini. Tempatnya juga Instagram-able banget!

 

gedung smesco

koleksi smesco
Dan yang lebih lebih mengejutkan lagi di sini saya nemu oleh olehnya yang paling murah yaitu cincin Wamena Rp.3.000 & aneka gelang Rp.5.000 yang terbuat dari batang anggrek. Kebangetan!!

beli di smesco
Bagi yang nggak datang untuk belanja oleh oleh pun, tempat ini tetap menarik karena berasa lagi jalan jalan ke seluruh Indonesia. Penjaga standnya pun mumpuni dan berwawasan luas tentang provinsi yang dijaganya. Jadi bisa tanya apa aja!

This place is even better than museum, guys!

SMESCO Building

Alamat : Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.94 Jakarta 12780 – Indonesia
Telp: 62.21 2753 5400
Email : [email protected]
Jam Operasional : Setiap hari (10.00 – 21.00 WIB)

**

NEXT : Kapsul Hotel Lega dan Nyaman 100 ribu aja.

Travel Now or NEVER
15 Responses
  1. Taufan Gio

    Aaaargh, aku malah gak sempat ngulik pernak-pernik Papua.. *maniak gelang etnik*

    Waktu 3 jam kemaren beneran kurang lho, tiap paviliun keren2 semua item-nya! Jujur, sekarang udah gak bingung lagi kalo mau cari oleh-oleh khas Indonesia, ya ke UKM Gallery aja! 🙂

  2. Lenny Lim

    @taufan gio : selalu ada alasan untuk kembali kak #eaa
    Tuh disuruh balik lagi ama paviliun papua. bawa uang lebih yak kak 😀

  3. Bobby (virustraveling.com)

    kamu yaa kak, belum lama dijakarta udh banyak aja yg dijelajahi.. Awak belum pernah pun kesini.. Takira itu tempat2 event gitu lho.. Ternyata bisa belanja juga.

Leave a Reply