Amisnya Ikan Herring Belanda. Berani Coba?

ikan herring belanda

Makanan khas Belanda sedikit banyak mudah kita jumpai di Indonesia, sebut saja misalnya schotel, kroket, Bitterbolen dll. Tapi ada satu yang gak bakal ada di negara kita yakni : Ikan Herring. Selain karena jenis ini biasanya hidup di perairan dekat Eropa sono dan biasanya baru ditangkap pada bulan Mei – Juli gitu. Ikan Herring ini diklaim sebagai makanan yang sangat sehat dan mengandung paling tidak 16% lemak. Sewaktu ke Belanda maren mang aku perhatikan cukup populer juga budaya makan ikan di sana. Nyaris aku makannya di resto tiap hari pasti ada ikan dori lah yang aku ingat banget. Biasanya sih di-fillet, goreng atau dipanggang dikit.

Tapi khusus Ikan Herring ini, penyajiannya dan cara makannya agak beda dan cukup ekstrim. Kalau mau liat orang Belanda asli itu makannya dilahap mentah-mentah gitu. Yikes~ cukup bikin kaget sih. Soalnya baunya aja sudah cukup amis dengan kepala ikannya udah dipotekin terlebih dahulu. Biar gak terlalu bikin eneg, ditambahlah potongan acar timun dan juga bawang putih kalau mau. Terus makannya itu dengan cara memegang ekornya dengan tangan dan memasukkannya langsung ke mulut dari atas. Habis itu langsung ditarik, atau digigit.

ikan herring

Ukuran Ikan Herring juga tak terlalu gede sih jadi emang bisa buat langsung sekali suap HAP! Atau dua kali lah kalau aku liat orang-orang. Entah durinya atau tulangnya udah dipisahin kali yah karena gak ada yang makan ampe ketusuk gitu sih hihi

Nyari ikan Herring ini juga untung-untungan. Saat itu aku pas nemunya di Den Haag. Jualannya cuma di kaki lima gitu. Berhubung aku sushi aja gak doyan, apalagi yang mentah beneran gak diolah gini. Jadilah aku cuma liatin temanku yang berani nyicipin. Mereka sih bilangnya enak dan pada doyan, tapi tetap aja aku gak tertarik buat nyobainnya. Kalau kalian berani nyobain ikan herring ini ga?

makan ikan herring

****

Belanja baju keren & murah di shopee ini yah. 

****

**

NEXT : Dimasakin nasgor dendeng lemak Tiarbah

**

Next : Ashta Mall

Next Senayan park

Travel Now or NEVER

Leave a Reply