Wisata Foto di Jernihnya Umbul Ponggok

umbul-ponggok

Umbul Ponggok adalah sensasi sosial media di tanah air.

Umbul berarti timbul dan ponggok adalah nama desa di mana mata air tersebut berada. Jadi kalau digabung artinya air yang timbul di desa ponggok, Klaten – Jawa Tengah. Mata air ini berasal dari pegunungan yang ada di sekitar daerah ini. Salah satu alirannya juga dijadikan salah satu minuman kemasan ternama di negeri ini. Jadi tak heran lah yah udah dipastikan jernihnya.

Dari semarang, saya naik bus menuju lokasi ini, kira-kira 2 jam udah nyampe. Lokasinya berada di tepi jalan so you won’t miss it!

Sekilas, tempat ini kayak kolam renang umum. Begitu masuk, suasana udah rame banget. Sekelilingnya dikerubungi manusia. Yah maklum kan lagi weekend.

umbul-ponggok-klaten
Saya ama teman teman blogger karena sudah booking salah satu tukang foto di sana, langsung menuju ke salah satu tempat duduk yang ada di pinggir kolam. Dari pinggir kolam sih, ngelihatnya tidak bikin saya nyebur karena jujur seperti air – air kolam biasa. Saya malah sempat ragu dan pengen duduk cantik aja. Namun ngelihat temen-temen yang excited banget langsung nyemplung, saya juga akhirnya menceburkan diri.

*PLUNG*
Brrr….Dingin!!
Padahal hari udah jam 10.30WIB namun airnya berasa masih subuh aja. Biar nggak menggigil, saya terus berenang sehingga badan tetap hangat.

Berdiri di tepi kolam saja, saya sudah bisa melihat beberapa properti seperti motor yang dicemplungin. Wihh saking jernihnya nih kolam sebelum nyemplung aja saya sudah bisa melihat benda- benda properti seperti motor yang berada di dasar kolam. Di pinggiran kolam, dalamnya sekitar 1,5meter dan di tengah bisa sampai 2,5 meter sehingga bagi yang gak bisa berenang waspadalah.

wisata umbul ponggok
Awalnya sebelum ke sini, saya kira berbagai properti seperti yang sering terlihat di social media itu emang sudah ada di dasar kolam tinggal pengunjung datang bawa kamera terus jepret sendiri. Eh rupanya properti ini semua harus disewa per jam. Dan… untuk hasil terbaik sewalah tukang foto. Oalah pantesan semua foto di social media begitu indah..

Nah grup kami menyewa Zaura Photograph. Bergantian kami menunggu untuk difoto satu – satu.
Saya adalah tipikal orang yang gak bisa buka mata di air. Renang aja merem kok. Pas saya mau foto saya sempat gelalapan juga mengkondisikan mata saya agar terbuka. Belum lagi saya kurang mahir menyelam ke dasar.

Jika dilihat sekilas umbol ponggok ini gak dalam karena sebelum nyemplung saya sempat liat orang berdiri gitu. Rupanya mereka berdiri di atas batu (berlumut). Biar nggak kelelahan sebelum photoshoot, saya dipakaikan baju pelampung. Nah giliran udah mau foto baju tersebut baru dilepas dan saya kasih ke mas tukang fotonya. Habis itu baru deh saya bergaya.. jadinya gini deh.

foto-umbul-ponggok
Setelah berapa kali jepret.. so far ini yang lumayan.. daripada lumanyun :p
Ikan – ikan yang seliweran di kolam itu asli loh bukan ikan tipuan atau hasil photoshop. Mas tukang fotonya sengaja membawa makanan ikan yang dilempar ke saya biar ikan – ikan mencolek menghampiri saya.

Ada banyak yang mempertanyakan properti yang dicemplungkan di kolam tersebut apakah ramah lingkungan atau tidak. Setahu saya, properti seperti motor itu mesinnya udah dicopotin macam knalpotnya. Lalu bensin sama olinya juga udah dikuras habis biar gak mencemari airnya. Toh motornya gak selalu ada di air kok, hanya diturunkan kalau disewa.

umbul ponggok klaten
Dan.. Ini temen saya, Adlien paling jago dan foto di hampir semua lokasi. Salut!

kolam-umbul-ponggok
Katanya dulu tempat inih cuma banyak dikunjungi oleh keluarga dan anak-anak namun sekarang karena heboh foto di dalam air, maka kebanyakan yang datang adalah anak muda yang tujuannya adalah berfoto. Yang ekstrim malahan tempat ini banyak dijadikan tempat foto pre wedding dan juga latihan buat diving dan bahkan seawalker. Heran? Sama!

Nah bagi yang udah datang jauh jauh, pasti pengen hasilnya yang bagus yang layak dipamerin di social media. Berikut saya kasih beberapa tipsnya :

1. Datang pagian.
Jam 6 gitu paling okay kata mas fotograger. Biasanya bookingan untuk prewed fotonya jam segini karena cahayanya paling bagus dan gak ada badan / kaki orang lain yang bocor di foto. Cuma yah dinginnya pasti bikin menggigil.

2. Pake baju kayak biasa kalau mau
Karena fotonya pengen kayak kondisi aslinya kayak lagi di daratan, gunakanlah baju / properti biasanya. Yah saya sih gak pake baju full karena berat – beratin badan dan gak nyaman aja. Rencana mau pake selendang ala ala gitu tapi kok yah ribet yah.

3. Pake pemberat
Nah ini bagi yang gak bisa tenggelam atau menyelam ke dasar, mas mas tukang fotonya udah nyiapi pemberat yang dilingkarin di pinggar biar bisa glup…glup…gluppp!
Kalau saya sengaja memilih properti yang bisa saya pegang macam kerangkang besi itu ama motor. Jadi bisa bertahan deh di bawah kolam.

4. Istirahat
Harusnya photoshoot itu menyenangkan. Tapi kalau udah ngerasa gak asik lagi, kecapekan, kehabisan ide, coba istirahat dulu sehingga bisa gantian orang lain di grupmu yang foto dulu. Cari batu batu gede buat pijakan atau segera pake baju pelampung biar bisa ngambang manja.

5. Cari pose sebelum dateng
Bagus juga kalau sebelum dateng udah tau mau pose apa, nyewa properti apa jadinya bisa menghemat waktu karena sewa tukang foto dan properti itu per jam loh. Jadi gak bingung sewaktu ditanya “mau foto gimana mbak?”

6. Sewa tukang foto

Unless you are professional underwater photography, consider hire the local photographer. Simpel alasannya. Mereka yang paling tahu medan. Mereka yang paling tahu dimana letak kerangkeng besi, gimana manggil ikan-ikan biar dateng. Saya menggunakan Zaura Photograph dan puas akan hasilnya. Disarankan booking beberapa hari terlebih dahulu. Hasilnya juga bagus dan bisa langsung dicopy ke flashdisk.

kolam-umbul-ponggok

Berikut daftar harga Zaura Photograph :
Foto 30 menit max 3 orang : Rp.60.000
Foto 1 jam max 6 orang : Rp.100.000
Sewa properti becak / motor : Rp.100.000
Sewa sepeda ontel : Rp.30.000
Sewa meja set TV/Laptop : Rp.60.000
Paket mermaid : Rp.350.000
Paket couple mulai dari Rp.500.000
Paket prewed mulai dari Rp.1.500.000

Untuk fasilitas, di Umbul Ponggok sudah tersedia wc, loker, penjual makanan jadi bisa banget buat yang mau piknik murah meriah. Untuk anak-anak juga tersedia kolam kecilnya sehingga cocok juga buat piknik sekeluarga. Jadi, Ada yang pengen nyebur ke Umbul Ponggok?

**
Umbul Ponggok

Jam Operasional : 06.00 – 17.00 WIB

Harga tiket masuk : Rp.15.000
Jika mau hemat ada paket khusus Senin – Jumat Rp.30.000 sudah termasuk tiket masuk, alat snorkel dan pelampung.

**

NEXT : Bubble House di Gedong Songo

Travel Now or NEVER
16 Responses
  1. si engkong Ozi

    Len, tidak pernah dengar tempat ini sebelumnya, mungkin sewaktu si engkong muda kagak ada nih tempat, keren juga lah didalam air ada ring tinju ada montor ada kursi roda ada tempat duduk segala

  2. Ini tempat mendadak heboh banget di social media, unik dan "agak ekstrim" hehe. Tapi jernihnnya luar biasa ya, walau cuma melihat di foto sekilas. Melihat banyaknya ikan di dalam umbul, setidaknya menandakan kalau air kolam ini jernih dan bersih.

    Maaf Mbak, boleh ngakak karena lihat foto raut wajah pas naik motor? 😀 😀

  3. Yeah, wisata kampung halamanku diangkat banyak blogger kece! ayo ke klaten lagi mba. ada banyak yg menarik seperti deles indah, tenun lurik, yaqowiyyu. hehe.

    Liat foto koh koko jadi pengen ketawa. gede banget badannya. 😀

Leave a Reply