Setor Sampah Berhadiah Ala Rekosistem

rebox

Tahun lalu pernah liat ada video di luar negeri di mana orang mendaur ulang sampahnya terus dapet duit/imbalan gitu. Eh rupanya tahun ini terwujud sudah hal itu berkat inisiasi dari Rekosistem, sebuah start-up yang bikin banyak inisiasi untuk mengolah sampah. Produknya yang aku coba ada 2 yakni Rebox dan Waste Station. Dua – duanya ada di MRT Blok M.

Rebox dari Rekosistem ini semacam tempat nuker botol air kemasan dengan point. Caranya, tinggal unduh aplikasi Rekosistem. Daftar pake gmail aja yah karena kalau daftar biasa pake OTP suka error. Nah setelah masuk ke aplikasi, scan Reboxnya. Baru deh tar keluar notif suruh memasukkan botol. Aku kebetulan bawa 3 botol beda-beda buat ngetes. Yang pertama botol minum prima kecil yang udah kusobek merknya. Masukinny satu-satu yah jangan sekaligus karena mesinnya kudu mengindentifikasi. Tenang waktunya dikasih 30 detik cukup kok. Kalau kurang yah scan lagi barcodenya maemunah.

rebox rekosistem

Percobaan pertama sukses. Botol prima kecil itu nyemplung dan langsung ada notif muncul di appsku, meski gak ada lampu. Percobaan kedua adalah botol bekas snack yang udah aku bersihin. Gak ada merk tentunya. Ternyata hasilnya gak dikenal ama mesin. Percobaan ketiga botol Aqua lengkap ama merknya. Aku sempat lamain pas masuknya. Dari yang lampunya warna biru, berganti jadi merah wkwk terus aku keluarin dan aku masukin lagi. Terakhir sih lampunya jadi ijo yang harusnya diterima dan valid gitu. Tapi embuhlah mungkin karena bercandain si mesin, dia ngambek dan gak bertambah juga di appsku.

Jadi dari 3 itu total cuma 1 pertama yang diterima. Poinku jadi 100/botol yah. Yah udah gpp yang penting sampahku beneran didaur ulang nantinya.

Lanjut dari sini, aku ke Blok M Square. Tepat di tangga bawah MRT ada Rekosistem Waste Station. Nah yang ini ada mbak penjaga dan nerima hampir semua jenis barang anorganik yah kecuali pakaian, makanan, medis atau yang berbahaya gitulah.

rekosistem blok m

Nah aku bawanya sampah elektronik yaitu dvd player bekas laptopku dulu serta buku dan kertas gitu deh. Di sini sistemnya semua dikiloin dan harganya 1200/kg mumpung bulan ini. Barangnya setelah ditimbang jadinya 1,25kg. Tapi pointnya gak langsung masuk yah jadi harus ditunggu.

Kalau semisal bawa sampah plastik, harus dibersihin dulu yah biar gak ada sisa-sisa makan/minumnya. Enaknya di waste station ini gak ribet. Bawa aja semua barang itu, satuin dalam kardus / plastik terus entar ditimbang. Mau itu besi, beling, buku, laptop rusak semua diterima dan gak ada minimumnya.

Ohya jika pengen sumbang barang aja tanpa mau download appsnya, juga bisa kok, Di drop aja di sini tapi tentu saja gak ada dapat poin yah. Rencananya poin ini bakal dituker sama Gopay gitu deh. Tapi info lebih detilnya aku juga kurang tahu.

rekosistem waste station

Jam operasional

Waste station : Senin-Sabtu jam 8pagi-4 sore. Minggu tutup.

Rebox bukanya ngikutin jam MRT lah ya.

Tonton vlogku buat info detailnya :

**

NEXT : Belanja bulk store tanpa plastik di Saruga.

NEXT :  Ashta Mall yang kece

NEXT : Mall Spark

Travel Now or NEVER

Leave a Reply