Kelakuan Penumpang pesawat yang nyebelin

pesawat KLM

Naik pesawat itu meski keren namun nyatanya capek loh. Setuju?apa setuju banget?

Kalau sejam dua jam okay lah..kalau lebih dari itu.. rasanya capek fisik itu bisa menular menjadi capek batin apalagi kalau harus berurusan dengan berbagai tingkah laku penumpang yang seperti tidak ada etikanya. Entah yang buang sampah sembarangan lah, tidak memperlalukan pramugari dengan sopan, de el el. Meski saya juga selamanya tidak selalu mendapat penghargaan “Penumpang berkelakuan paling baik”.. namun sepanjang pengamatan saya bolehlah kita sama – sama menghindari diri agar terhindar dari tatapan sinis penumpang lain karena kelakuan kita yang macam ini :

1.Tidak mematikan HP
Tidak mengindahkan aturan keselamatan penerbangan itu bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi juga semua orang. Bayangin ntar kalau pesawat jatuh gara gara sinyal HP, yang celaka kan semua orang? Hiii! Biasanya saya sih melototin itu orang aja berharap dia sadar atau kalau sudah kelewatan, coba ditegur baik baik. Saya juga berharap para awak kabin juga berani tegas dengan penumpang bandel seperti ini. Kalau masih juga, saya sumpahin Hpnya masuk ke dalam lobang toilet!

2. Datang terlambat
Udah tau maskapai Indonesia itu kadang hobi mundur dari jadwal, jadi tolonglah jangan diperlambat lagi dengan keterlambatan kita. Nggak mau kan masuk ke pesawat sambil diplototin semua orang yang sudah masang seat belt sambil disumpahin dalam hati “Kenapa nggak ditinggalin saja sih dia?”

3. Menendang atau menekan kursi di depan
Duh kecuali bayi atau anak kecil, saya suka tidak paham dengan kelakuan orang macam gini. Ada yang suka duduknya aneh bin ajaib sehingga harus menendang nendang kursi depan yang tentu saja rasanya nggak asik.

4. Ngomong terlalu berisik
Bepergian bersama pacar / keluarga / teman tentunya mengasikkan bisa sambil ngobrol. Ngobrol loh yah bukan cekikikan nggak jelas yang bisa membangunkan satu pesawat.

5. Terlalu wangi / terlalu bau
Karena akan berada bersama sama dalam satu tempat dalam jangka minimal sejam, maka urusan bau-bauan mau tak mau jadi kepentingan umum. Jika dirasa punya masalah bau badan/ kaki / mulut, segera ambil antisipasi sebelum teman sebangku pingsan. Pemakaian deodoran, parfum tentu sangat disarankan tapi yah harus lihat lihat juga jangan sampai sebotol. Karena gimanapun keringat bercampur minyak wangi di ketiak akan tetap menimbulkan aroma yang bikin mules.

6. Barang bawaan yang terlalu banyak
Idealnya yah kalau sudah masuk pesawat hanya ada satu tas kecil / ransel ditambah tas tangan deh dan jaket. Jangan demi ngirit biaya bagasi semua barang dinaikkan. Kan kasian yang gak kebagian jatah dan harus masukin di bawah kursi. Dan harap diingat juga kapasitas maksimumnya yang bisa kita angkat sendiri ke atas. Boleh sih minta tolong yang sopan dengan awak kabin, tapi kalau sampai 3 koper yah males juga kali.

7. Menghidupkan Hp terlalu cepat
Nih biasanya se-tipe dengan yang gak rela matiin HP. Kok gak sabar banget yah? Sok sibuk deh sampai takut ketinggalan melihat notif dan sms yang masuk. Situ segitu pentingnya kah?

8. Mengambil barang sebelum waktunya
Ini sama juga dengan poin di atas. Roda pesawat baru mencium landasan, ada aja yang udah buka seat belt dan langsung buka bagasi atas. Hidupnya tergesa-gesa banget yah?

9. Tidak antre saat keluar
Nah masih setipe dengan yang di atas nih, biasanya mereka yang langsung berdiri mengambil barang langsung aja main serobot ke depan agar cepat keluar dari pesawat. Padahal kan harusnya biar tertib yang keluar duluan tentu barisan lebih depan. Situ duduk belakang? Sabar!

Kelakuan di atas bagi saya sungguh tak bisa dimaafkan dan ganjarannya sepadan dengan disuruh duduk di sayap pesawat aja hehheh

pesawat KLM

Eh tapi..tapi ada juga loh kelakuan yang bagi beberapa orang menyebalkan, tapi bagi sebagian lagi mungkin tidak begitu. Jadi hal di bawah ini subjektif yah contohnya :

1. Mengajak ngobrol jelas jelas saya tidak berminat
Biasanya dalam perjalanan saya banyak menghabiskan waktu untuk membaca majalah, bengong, menulis atau sibuk sendiri. Memang sih terkadang asik juga ngobrol dengan orang di sebelah kita. Namun jika saya sudah mengambil posisi mata terpejam dan hanya menjawab pendek dan seadanya, itu sudah tanda lampu merah saya sedang tidak ingin diganggu.

2. Menguasai dudukan tangan.
Kecuali anda duduk di samping jendela, boleh dong tangannya nggak di dudukan kursi selamanya. Apalagi nih kadang ada yang sampai tangannya menyenggol ke badan saya atau sudah saya rasa menganggu privasi saya.

3. Menurunkan sandaran kursi
Ini juga saya rasa perlu minta izin terlebih dahulu dengan melihat keadaan yang duduk di belakang. Kalau yang duduk aja udah merasa kesempitan, ya jangan dong.

4. Duduk dekat Toilet
Saya suka parno aja kebayang mencium aroma aroma yang tidak sedap.

5. Duduk di tengah
Mendingan di samping lorong deh sehingga saya bisa leluasa ke kamar mandi tanpa menganggu penumpang sebelah saya.

6. Tidak menjaga kebersihan toilet
Toilet kotor bisa bikin saya menahan urusan buang hajat. Sebeellll!

7. Membawa makanan berbau tajam
Walaupun saya termasuk tipe yang selalu membawa makanan ke kabin, itupun biasanya makanan kemasan seperti snack atau nasi / mi goreng yang saya rasa tidak akan menganggu anda. Sumpah nasi nya nggak pakai sambal dan pete kok 😀

8. Menendang / mendorong kursi dari belakang. Kan kita yang di depan jadi berasa hiks.

Apa lagi yah kira kira kelakuan penumpang yang membuat penerbangan jadi tidak asik?

Travel Now or NEVER
6 Responses
  1. si engkong

    Len, semua pelanggaran yang tertulis diatas itu semua hanya dilakukan oleh Penumpang yang berasal dari Kampung (kampungan) atau dari Hutan (Binatang yg gak punya otak dan perasaan), makanya semua peraturan penerbangan dilanggar se enak perutnya, semoga hanya terjadi di penerbangan domestik Indonesia saja

  2. @juang : malah diterbanfkan angin hehe

    @Engkong : sebagian besar kong namun tidak menutup kemungkinan orang kota hingga bahkan yang berpendidikan juga bisa kayak gini

    Mari kita lebih sadar diri untuk keselamatan bersama 🙂

  3. Paling kesel sm org2 yg pintu pesawat aja blum dibuka tapi udah pd bediri di alley. Dengan kondisi penuh org, masih berusaha menurunkan koper dan kardus2nya tanpa peduli sama kepala org yang masih duduk #curhatdadakan :p

Leave a Reply