Ada Marina Bay Sands di Jambi Paradise Nih!

traveling di jambi

Selama puluhan tahun hidup di Jambi, yang kutahu tentang wisata di Kota Jambi adalah Candi Muaro Jambi. Itupun sebenarnya gak di kotanya, tapi sudah masuk kabupaten Muaro Jambi. Yha kalau naik motor 40 menit nyampe sih. Jadi kalau ada orang tanya ke Jambi enaknya jalan ke mana, aku pun garuk-garuk pantat dan kepala. Paling aku saranin liat Jembatan Gentala Arasy. Sisanya yah wisata kuliner kayak tekwan model, bakso, tempoyak dll.

Seiring banyak yang mengincar wisata Instagramable, tak kusangka di Jambi pun pelan-pelan udah ada yang beginian. Salah satu yang aku kunjungi bareng keluarga adalah Jambi Paradise. Tempat ini kira-kira sudah ada sejak dua tahun yang lalu dan mulai populer di kalangan remaja juga karena beberapa sudutnya emang bagus buat dijadiin tempat foto-foto. Instagramable approved! Plus lokasinya tidak sejauh ke Candi dan cocok buat anak-anak juga.

Pas aku ke sana pertama kali itu pas weekend bareng krucil-krucil sehingga benar-benar datang buat main-main. Kebetulan ada mainan ayunan, ungkit-ungkitan gitu jadi aku dan adikku yang sudah segede gaban ini bisa ikutan nostalgia main ungkit-ungkitan sementara ponakanku maennya kereta-kereta api gitu. Setelah itu kami naik kapal yang didayung pakai kaki ngitari kolam berair cokelatnya. Yang nge-engkol itu adikku dan si papa jadi, hitung-hitung biar mereka olahraga karena kami cukup lama muter-muternya. Pernah pas di satu area, kapal kami nyangkut karena kolamnya terlalu cetek jadi gak bisa gerak. Untungnya bisa diakalin sendiri hingga kami balik. Selama itu pula, abang-abangnya gak ada nyari kami tuh jadi kupikir gak ada batas waktu nyewa. So, mainlah sepuasnya.

permainan jambi paradise

Capek naik kapal, kami pun istirahat di pinggir kolam ikan. Gila ini berapa ratus ikan di kolam seluas ini. Soalnya beneran banyak banget sampai ikan-ikannya berdesakan gitu. Saking sesaknya mereka lompat-lompat dan pengen mencuat keluar gitu. Ikan-ikan ini juga ngeh kalau ada manusia yang berada di pinggir kolam, mereka pasti langsung ngumpul. Aku jadi curiga mereka gak dikasih makan karena sebanyak apapun makanan yang dilempar kayaknya masih kurang aja gitu.

wisata di jambi paradise

Karena bawa anak-anak sebenarnya aku tak bisa lama-lama di sini karena ngikuti mood mereka yang sudah capek, udah harus makan, kudu istirahat dan lain-lain. Karena rasanya nanggung gitu, jadilah aku dateng lagi dan bawa adikku biar bisa eksplor tempat ini lebih lama dan nyobain semua wahananya kek yang ini :

Flying Fox

Dulu di Jambi, tempat main macam gini cuma ada satu yakni di Taman Aci. Tapi menurut keluargaku sekarang si Aci udah gak bagus, jadi mending main di sini aja. Flying foxnya tingginya kira-kira 12 meter atau kayak naik tangga 3 lantai gitu deh. Sudah lama sih aku gak main yang bikin jantung copot gini. Jadi pas nyampe di tempat meluncurnya, aku suruh adikku duluan. Dia mah woles aja dan nurut bahkan gak teriak sama sekali. Lempeng aja gitu pas turun sambil nentengin ranselku. Sementara aku malah jadi mikir-mikir. Tapi berhubung udah bayar, yah udahlah masa kalah sama adik sendiri. Gimana mau jadi role model yang baik? eeak!

Aku pun dipasangin safety. Setelah melihat adikku udah nyampe di tempat pemberhentiannya di bawah sono, kini giliranku tiba. Si abang itu nyuruh aku duduk sementara dia mendorongku pelan-pelan hingga tiba-tiba kakiku sudah tidak menapak bumi dan aku kaget luar biasa. Rencana mau foto selfie atau nge-vlog gitu mah sudah tak sanggup lagi. Aku bener-bener mencengkram kuat talinya sambil jerit-jerit. Berhubung aku panik, tali flying fox-nya jadi muter-muter, dan aku makin jantungan.

wahana jambi paradise

Setelah setengah perjalanan, baru aku mulai bisa enjoy dengan panjang lintasannya yang kira-kira 200 meter di atas kolam ini. Cepet kok paling 5 menit udah nyampai. Turunnya juga tidak begitu curam sehingga sebenarnya tidak terlalu cepat dan ngeri. Cuma akunya aja yang lebay.

jalan jalan di jambi

Kapal Karam

Setelah main flying fox, aku lanjut untuk meliat bangkai kapal besi yang karam. Di dalamnya udah kopong gitu, tapi bagian favoritku adalah di ujung kapal depan, duduk menikmati semilir angin sambil berasanya lagi di Titanic. Jack, kamu di mana? kelelep di empang lele yak?

jambi paradise

traveling di jambi paradise

Labirin

Labirin ini bisa dilihat di atas dan bahkan orang di atas itu bisa jalan-jalan di antara tembok labirin gitu. Jadi kalaupun nyasar dan gak nemu-nemu jalan keluar, tinggal minta tolong adikku buat kasih petunjuk.

labirin jambi paradise

Meski ada sih ketemu jalan buntu macam percintaan, tapi so far misteri labirin ini berhasil aku pecahkan!

Marina Bay Sands

Berhubung pas ke Singapura gak sanggup bayar tiket masuk ke Marina Bay Sands, jadilah cukup ngeliatnya di Jambi Paradise. Mirip kok hanya saja lebih kecil dan ada tiga buah. Meski gitu lumayan juga cukup membuat pemandangan menjadi unik dan menarik. Kebetulan aku datangnya siang, kalau malam sih sepertinya gak dikasih lampu kek di Singapura. Wong habis maghrib tempatnya juga udah tutup hehe. Ini lokasinya juga di samping toilet jadi yah tambah cocok lah buat duduk-duduk.

wisata jambi paradise

Jadi intinya aku senang Jambi punya tempat wisata baru sehingga kalau akhir pekan gak bingung mau bawa keluarga ke mana. Tempatnya juga cukup bersih loh. Ada yang udah pernah ke sini?

**

Alamat : Simpang Acai (aku motoran ke sini pakai google maps aja kok).

Tiket Masuk : RP.30.000 / orang (anak-anak kecil gratis)

Tips :

  1. Makan Kenyang dulu karena di dalam dan sekitarnya paling cuma ada makanan ringan. Kalau mau piknik juga bisa kayaknya karena aku liat ada yang bawa tiker dan rantang. Pas awal-awal ke sini ama keluarga, mamaku juga bawa jagung rebus…. buat kasih makan ikan hahha.
  2. Akses untuk disabilitas dan orang tua cukup bagus jadi bisa pake kursi roda.
  3. Parkir luas jadi lega mau bawa mobil/motor enak aja.
  4. Jangan lupa olesin obat penangkal nyamuk yah.
  5. Toiletnya jongkok dan gak kotor-kotor amat. Lumayan!
  6. Enjoy!

Harga permainan :

Flying Fox / Sepeda Gantung (gambar pesawat itu) : Rp.30.000/orang.

ATV : Rp.100.000 / orang untuk setengah jam.

Sepeda / Sekuter : Rp. 15.000 untuk setengah jam.

Perahu air (yang gede bisa 6 orang) : Rp.100.000.

Travel Now or NEVER
6 Responses
  1. so sweet sekali si cece sama meme nya ini, sisterhoodnya kuat.. tapi kok foto berduanya ga adaa??

    Btw aku juga bingung kalau ke Jambi,, udh 3x kesana tapi bingung mau kemana.. jadinya kulineran aja ahaha..

    -Traveler Paruh Waktu

  2. kakaku iparku Jambi soalnya
    jadi aku pernah kesini kak dua tahun lalu, eh udah ada marina bay nya..padahal pas kesana belum ada…
    dan tempatnya sepi amat..
    udah banyak perubahan ternyata.

Leave a Reply