Cara Buat KTP Jambi MUDAH GRATIS

dukcapil jambi

Pas disuruh bantu urus buat KTP dedeku, aku langsung mendengus dan menghela napas super panjang. Emang kalau soal ngurus-ngurus dokumen dengan instansi pemerintah ini moodku udah berantakan duluan. Kebayang ribetnya, setumpuk dokumen, potokopian dan leletnya prosesnya.

Sebelumnya September tahun lalu mamaku dan si dede udah bikin duluan di kantor camat tempat kami. Udah sampai foto, rekam sidik jari dll. Tapi ternyata harus submit dokumen surat bukti kelulusan dari SMKnya. Hal ini karena katanya di KK si dd masih tercatat “Tamat SD/Sederajat”. Nah meski udah lulus SMK, si dede belum nerima ijazah yang entah kapan bakal keluar. Dia juga gak nerima Surat Keterangan Lulus. Pas mau nawarin pake bukti ijazah SMP aja, eh di rumah malah tuh “ijazah” sempat hilang dan gak nemu juga.

Hadeh banyaklah dramanya dan akhirnya mungkin karena sibuk juga dan gak ngerasa penting banget, tuh KTP mandeg gitu aja dan gak terurus.

Setahun kemudian, tidak di follow up juga ampe aku pulang Jambi dan suruh lanjut urusin. Berhubung harus vaksin segera dan syarat daftar vaksin kan kudu ada KTP, mau tak mau aku terpaksa coba ke kantor camat menanyakan nasib KTP yang udah setahun tersebut. Ternyata sejak Juli camat sudah gak ngurusin begituan dan dilimpahkan ke Dukcapil. Oleh seorang mbak-mbak aku disaranin ke Dukcapil yang di Lippo Mall Jambi. Katanya sih lebih cepat dari pada di pusat Dukcapil di Broni.

Yah sudah aku nurut. Aku pun ke Lippo Mall yang sudah mirip gedung mati karena sejak pandemi emang begitulah nasib pusat perbelanjaan. Area basementnya cuma tinggal Hypermart yang kosong melompong sepi pengunjung. Sisanya areanya dipake buat tempat vaksin. Tempat di samping vaksin, ada Dukcapil mini yang menjadi tujuanku. Cukup banyak orang yang duduk-duduk. Karena gak tahu harus antri atau gimana, aku akhirnya langsung nyelonong ke seorang petugas dan menyampaikan maksudku. Surprisingly, petugas itu membantu dan merespon dengan baik.

Aku cuma butuh fotokopian KK tanpa embel-embel pengantar RT RW atau dokumen aneh-aneh. Terus diminta nulis email & no HP untuk follow up berikutnya. Emang sih sambil nunggu dan antri juga. Tapi setelah itu kira-kira 2 jam baru deh dapat kertas konfirmasi besok bisa dicetak KTP nya. Aku diminta harus mantengin email dan juga sms yang mungkin masuk buat cetak KTP. Hebatnya besok paginya, aku udah langsung dapat kondirmasi buat KTP dedeku udah bisa dicetak.

Seninnya aku ke sana lagi lebih pagi biar ga terlalu antri karena mereka cuma buka jam 8 hingga 3 sore. Tapi ternyata senin itu cukup rame. Baru ada 2 petugas tapi tidak ada yang tampak sedang bekerja. Hingga sejam berikutnya pun belum terlalu terlihat pergerakan. Udah banyak juga yang tanya tapi responnya sama, disuruh tunggu. Memang saat itu aku perhatikan mesin yang berada di samping kantor mati. Padahal kemarin, itu mesin selalu rame dipadati warga. Entah apa fungsinya.

Setelah penantian hampir 2 jam, aku tanya lagi dan oleh petugasnya disarankan tar jam 2 aja coba ke sana karena saat ini mesin mati dan juga mereka lagi sibuk ngurus yang lain. Aku pun pulang dengan lunglai. Karena KZL jam 2 aku gak datang karena gak yakin bakal ada hasilnya. Sebagai gantinya, keesokan paginya aku udah nyampe lagi di sana dan kali ini sepi. Hanya ada 2 orang di depanku yang juga mau cetak KTP.

Aku buru-buru antri dan kali ini petugasnya lebih lengkap dan stand by kasih pengarahan. Jadi dari 2 email itu masing-masing dapat PIN yang harus diinput. Langkah-langkahnya sih cukup mudah tinggal masukin aja. Kalau bingung bisa tanya. Habis itu keluar dah tampilan blanko KTP dan langsung aja pencet cetak.

buat ktp

Tak sampai 5 menit, mesin kayak ATM itu pun ngeluarin sebuah KTP dedeku. Wuih masih anget pas aku ambil. Seneng banget hasilnya cepet banget. Aku ucapkan terima kasih banyak-banyak pada petugas yang sudah memandu dengan sabar. Karena tak jarang aku lihat yang datang udah sepu atau ortu yang gaptek yang buka email aja bingung. Ada juga yang rabun susah baca PIN yang 16 digit itu sehingga harus bantu diisiin. Tapi semua petugas tampak pengertian dan membantu.

Khusus kali ini aku kasih pujian buat Dukcapil Lippo Mall buat proses yang cepat, tanpa pungli calo dll serta hasil yang bagus. Nah gini dong pelayanan publik kalau sebagus ini kan bikin jadi endak misuh-misuh. Buat KTP pun gak ribet jadinya.

Ada yang punya pengalaman enak buat KTP?

NEXT : Nginap di Rimba untuk ketemu Suku Anak Dalam

 

NEXT : Kalau hidung mampet / pas covid ga bisa nyium bau, coba pake sterimar nasal spray.

Travel Now or NEVER

Leave a Reply