Beda Obat Pencahar Microlax VS Dulcolax

beda dulcolax microlax

Ada 2 merk obat untuk lancarin BAB yang paling umum terdengar yaitu Microlax & Dulcolax. Lax ini aku rasa diambil dari kata bahasa enggres laxative yang artinya yah itu buat pencahar. Karena konstipasi sudah jadi bagian dari hidupku seumur hidup ini, tentunya aku udah pernah pake dua merk ini. Biasanya kebanyakan pencahar tersedia dalam bentuk pil atau sirup, namun 2 merk ini punya kemasan yang agak beda sehingga layaklah direview.

Kegunaan

Simpelnya, Microlax itu membantu melembekkan feses dengan cara ngasih banyak air ke usus besar. Kalau Dulcolax itu merangsang otot di usus besar biar kontraksi dan mengeluarkan feses. Jadi meski tujuannya satu : biar eek segera, tapi cara kerjanya agak beda sih yah.

Untuk Siapa?

Microlax : anak di atas 3 tahun, ibu hamil dan menyusui hingga lansia.

Dulcolax : anak di atas 10 tahun hingga lansia

Cuma bagi yang punya wasir atau luka di anus dan penyakit usus besar lainnya, jangan pake kedua ini yah karena takutnya malah kenapa kenapa.

Cara Pake

Microlax : Bentuknya tube gitu isinya gel yang tidak berbau & tidak berwarna. Pas bukanya, keluarin dikit gelnya lalu olesin ke pipa putihnya. Tar pipa putih ini lah dimasukin ke anus. Biar gelnya gak tumpah meleber, lebih baik sambil baring lalu kaki ditekuk ke dada biar lobang anus kebuka. Habis itu masukin deh tubenya. Kalau ada yang bantu masukin, boleh sambil nungging juga. Yang mana enaknya aja, yang penting habis itu pencet habis isi tube biar gel nya muncrat di dalam. Setelah itu udah tunggu aja sambil baring. Liat tutorialnya di sini

Dulcolax : Bentuknya kayak peluru dengan bahan layaknya lilin gitu. Sebaiknya sebelum dipake diletakin di kulkas atau jangan sampai kena panas karena bisa meleleh gitu. Jadi pastikan ketika sudah mau dipake, baru dikeluarin. Begitu dibuka bungkusnya, harus langsung dimasukin. Posisi yang bagus juga sambil baring miring gitu. Bentuknya lebih gede dari tube Microlax sih jadi harus agak didorong masuk ke dalam hingga ke rektum. Kalau cuma masuk dikit, takutnya tar keluar lagi pas pipis sehingga gak efektif deh. Kira-kira dimasukkinya se jari telunjuk tangan deh yah. Setelah itu yah udah baring lagi biar itu Dulcolax peluru gak keluar.

Berapa lama waktunya

Microlax : Klaimnya sih bekerja dalam 15 menit.

Dulcolax : Klaimnya sih bekerja dalam 30 menit.

dulcolax

Kelebihan

Microlax  menurutku masih unggul ketimbang Dulcolax peluru ini karena jauh lebih murah dibanding Dulcolax dan lebih mudah dijual bebas gitu. Terus aman dipake mulai dari anak-anak hingga ibu hamil. Kalau Dulcolax sepertinya juga bisa cuma aku masih agak ragu yah. Terus ukuran Microlax juga lebih kecil dan bentukannya gel sehingga lebih nyaman pas dimasukin.

Kesimpulan

Karena aku emang minum berbagai jenis obat pencahar pun gak ada yang mempan, maka dua ini juga gak ngefek di aku. Mungkin karena aku juga dulu pas coba masih takut-takut jadinya cara masukinnya gak bener. Cuma saranku, ini obat hanya boleh dipake sesekali. Pantang dipake lebih dari seminggu. Jadi kalau 2-3 kali gak ada efek, hentikan langsung! Mending cari dokter aja. Sebelum pake ini pun sebaiknya minum jenis pencahar lainnya aja yang lebih alami seperti vegeta atau coba Dulcolax yang pil dosis rendah dulu.

Tapi kalau mang tetep mampet, barulah mau tak mau pake opsi 2 ini. Tapi setelahnya harus banyak minum yah buat mengganti cairan yang diserap usus, biar tidak dehidrasi. Pokoknya buatku yang paling ampuh biar bisa eek tetep adalah rajin makan buah sayur minum air banyak dan OLAHRAGA! Dahlah kalau aku gak gerak, mager seharian itu ususku mau dipakein pencahar apapun juga dia mager aja gak kerja.

Tips cara berak lainnya baca di sini yah.

Beli Microlaxnya di sini yah 

Beli Dulcolax di sini yah 

NEXT : Tes Kolonoskopi, masukin kamera ke dubur.

kolonoskopi

NEXT : PIM 3 udah buka! Ada lantai kaca ngeriii

Travel Now or NEVER

Leave a Reply