4 Menu Buka Puasa Favoritku!

kuliner di buton

Aku gak puasa, namun aku suka sekali berbagai menu buka puasa atau takjil sejenisnya. Jujur aja kalau pas bulan Ramadan, aku kepaksa menyesuaikan makanku juga karena beberapa pedagang gak buka dan jualan makanan pas pagi – siang sepi banget. Tapi giliran menjelang sore, di situlah berbagai menu buka puasa dihidangkan dari tepi jalan hingga ke resto mewah.

Untungnya di kosanku banyak yang jualan menu buka puasa. Yang jualan pun warga sekitar sehingga seneng banget berasa keriuhannya jadi saling beli dan pastinya ngebantu ekonomi sekitar deh. Menu buka puasa yang selalu aku idamkan pun biasanya yang khas dan cuma ada pas puasa gini antara lain :

Lontong Kentang Sayur

Jujur aku baru makan lontong beginian pas di Jakarta. Dulu di Jambi seingatku favoriktu itu ketan lemang. Tapi di Jakarta agak susah kayaknya, jadilah aku beralih ke yang praktis dan murah meriah yaitu lontong. Di sini yang jualan lontong hampir di setiap tempat, tapi cuma ada satu pedagang yang tiap tahun jadi langgananku karena lontongnya yang paling enak dengan isian kentang, wortel sayur sama ayam dikit. Aku awalnya bingung kan kok orang jualan lontong doang. Secara di Jambi lotong itu pasti dimakan kayak lontong sayur pake kuah nangka gitu loh. Lah rupanya baru tau kalau lontong di sini cukuup familiar dimakan gitu aja dan ada isiannya. Biasanya ada yang kentang, ada yang oncom. Aku gak suka oncom jadilah sesalu beli yang kentang ini.

Ini juga pengganti nasi dan enak banget. Kadang kujadikan snack, kadang yah ditambah makan ama sayur atau gorengan atau hapalah yah. Biasanya makan 3 biji udah kenyang. Harganya murah-murah kok 2rb aja gitu. Terus ini tahan juga loh sampai besok siang. Pokoknya lezat dan awet tahan lama. Jadinya hampir selama puasa ini, aku makan pagi & siang pake lontong ini. Tinggal ditambah lauk simpel macam sayur atau orek tempe aja udah nikmat.

lontong kentang

Es Kelapa / Buah

Sapa sih yang gak ngiler liat minuman ini. Setelah menahan dahaga belasan jam, pastinya minum seteguk ini berasa kena air surga. Bahkan aku yang gak puasa aja kalau minum es kelapa / buah seneng banget gitu. Kalau hari biasa kan jarang ada yang jual beginian. Varian es buahnya juga macem-macem ada yang sirup dicampur aneka buah potong, ada yang es timun, es blewah, ada yang kayak es doger warna pink dan lain sebagainya. Cuma jujur kalau beli di luar tuh kadang suka kemanisan rasanya. Jadinya biar lebih sehat aku kebanyakan beli es kelapa murni aja, gulanya sesendok aja. Biar batesin karena aku beli hampir tiap hari.

Kue / Jajan Pasar / Agar

Di sini ada jual donat kampung, onde-onde, agar-agar dan beberapa jajan pasar. Kalau sebelum puasanya biasanya aku beli pas pagi hari buat camilan. Sekarang jadwalnya diganti jadi malem deh snackingnya.

Gorengan

Sebenarnya aku jarang makan gorengan demi alasan kesehatan. Tapi entah napa gorengan pas buka puasa itu sungguh menggoda jiwa raga. Jadilah kadang aku beli juga, cuma aku batasi sih misal 2 biji aja. Itupun aku sengaja beli dari penjual rumahan / dadakan gitu yang aku tahu goreng sendiri di rumah. Keliatan kok bedanya sama vendor gorengan biasa yang seharian tempenya gak mleyot. Nah kalau yang rumahan secara visual gorengannya tidak terlihat kriuk banget tapi mudah-mudahan lebih sehat aja pikirku gitu.

Gorengan favoritku pas puasa itu adalah martabak tahu karena ini beneran gak ada yang jual kalau bukan pas puasa gitu. Favorit berikutnya kalau gak ada baru deh risol isi bihun atau mentoknya bakwan. Dah kalau yang lain aku bisa nahan nahan gak beli karena biasa aja.

Nah itu doang sih. Gak banyak sebenarnya karena beneran kalau malam makanku sedikit dan ini beberapa jenis doang sudah kenyang loh. Ingat kalau mau beli-beli bawa botol dan tempat makan sendiri yah biar gak perlu kresek dll lagi.

menu buka puasa

Apa menu buka puasa lokal favoritmu?

**

****

Belanja baju lebaran murah di shopee ini yah. 

****

NEXT : PIM 3 sudah dibuka! Ada lantai kaca yang bikin deg-degan!

NEXT : Dimasakin Nasgor Dendeng Lemak Tiarbah nih

NEXT : Ashta mall

Travel Now or NEVER

Leave a Reply