Main ke Sarinah Baru! Wajib ke sini yah!

sarinah

Sarinah baru dibuka lagi guys! Dulu pas Sarinah mau ditutup karena renovasi, sempat bikin geger karena MCD nya bikin kerumunan parah padahal pas itu lagi pandemi. Yha karena emang Sarinah itu se-memorable itu. Dept store alias mall pertama loh di Jakarta, pasti lah anak gaul tempo dulu punya banyak kenangan di sini. Apalagi di gedung ini juga ada perkantoran. Buatku yang cuma anak rantau di Jakarta, Sarinah juga punya banyak kenangan manis indah buatku. Terlalu indah buat dilupakanlah.

Jadi pas ditutup yha sedih padahal tahu emang kondisinya udah perlahan ditinggalkan masyarakat karena tidak bisa bersaing dengan tempat hits lainnya. Tapi pas dibuka kembali pada 21 Maret 2022 ini, aku udah antusias banget melihat wajah barunya. Esoknya aku baru berkesempatan ke sini dan melihat langsung Sarinah yang baru ini. Bukanya jam 10 tapi sebelum itu aku udah di sana, menikmati pagi duduk di taman di samping dan depannya. Enak banget mana ada kolam teratai dan ikan-ikan. Masih bagus banget dan bersih. Doaku semoga nanti kalau udah banyak yang ke sini, bawa nasi padang, piknik, sampahnya dibuang lagi yah. Nah masalahnya tong sampahnya agak jarang kalau di luar ini hiks.

sarinah baru

Jam 10 dibuka, aku langsung ngacir masuk mau liat “harta karun” Sarinah berupa relief bersejarah dari zaman Soekarno. Reliefnya menggambarkan keseharian orang zaman dulu kayaknya pas lagi bertani gitu. Katanya sih itu menyimbolkan keberpihakan pada ekonomi rakyat. Relief ini sempat bikin geger karena tersembunyi di bawah dasar Sarinah dan ketemu pas renovasi. Coba kalau gak renov, sampai sekarang yah hanya terkubur begitu saja. Terus di samping relief ini ada sejarah Sarinah sebagai mall pertama di Indonesia.

relief sarinah

Sarinah sendiri baru buka 3 lantai dan masih kebanyakan kosong. Tapi ada kok beberapa resto udah buka seperti Raacha Suki favoritku. Semoga nyusul juga “adik” nya macam Gokana dan Bakso BMK. Karena gak pengen dine-in aku langsung ke lantai dasar liat toko kue Bandung yaitu Sari Sari. Penuh pol kayaknya pengunjung yang datang semuanya ke sini deh borong. Pas liat harganya yah murah sih mulai dari 2rb ada. Gak cuma kue tapi makanan jadi juga ada kayak nasi dan lauk gitu. Pantesan worth it banget. Mana alasnya dipakein daun pisang. Arh suka banget~ kalau udah beli tinggal bawa makan di luar ato di samping tangga pun jadi. Enak banget nih mall konsepnya bisa duduk di mana aja gitu, bebas! Ohya untuk supermarket dan foodcourt on progress yak!

toko kue sari sari

 

resto di sarinah

Selanjutnya, Sarinah itu bagiku seperti etalase wastra Indonesia. Produk unggulan Indonesia dipajang di sini semua, salah satunya Gambo Muba, batik dari Musi Banyuasin – Sumatera Selatan. Metodenya jumputan dan pake getah gambir buat pewarna sehingga alami banget. Keunikannya bikin ia masuk dalam nominasi API Award tahun lalu loh~~

gambo muba

Kesimpulan Sarinah selalu ada di hati, bahkan sejak berganti wajah gini, aku makin cinta. Banyak ruang terbuka, hijau teduh, harga tenant cukup merakyat dan bisa jadi spot ketemu dan nongkrong yang ciamik banget deh. Dijamin gak rugi kalau ke sini. Semoga makin banyak mall ato public spaces yang bisa memadukan konsep seperti ini. Berkomitmen mempromosikan produk asli Indonesia sambil menyediakan tempat yang nyaman tapi inklusif untuk semuanya. Ohya ditambah akses pedestrianny OK banget, ada jalur buat difabel dan dekat transportasi. Standing Applause buat Sarinah~

Kalian punya kenangan apa soal Sarinah?

**

NEXT : Main ke Ashta Mall

NEXT : Facial di Erha

NEXT : infinity Pool di Jakarta

Travel Now or NEVER

Leave a Reply