Bentol Merah Gatal Digigit Kutu Kucing?

digigit kutu kucing

Sejak minggu lalu aku perhatikan kakiku banyak bentol merah gatal yang berujung menghitam setelahnya. Kupikir karena nyamuk, eh pas baca ini aku jadi yakin ini mah digigitin kutu kucing.

Awalnya..

Pas Jakarta banjir itu kan aku masih keluar-keluar kosan pake sandal jepit. Jadi pas ada bentol di kakiku aku pikir, oh iya aku cuci kaki gak bersih sehingga mungkin kuman atau kena genangan air kotor. Apalagi pas itu aku kadang pake celana pendek terus aku juga tipikal yang pasti selalu digigitin nyamuk, jadi aku pikir yah gak masalah lah udah biasa nih.

Hari-hari berlalu aku perhatiin permukaan kakiku makin hancur ama bentol-bentol dan bahkan beberapa udah ada di betis dan paha. Aku mulai panik. Keknya kalau nyamuk gak gini deh. Kebetulaan saat itu aku habis digigit nyamuk dan aku perhatiin dari jenis bentol dan lukanya juga beda banget. Bentol aneh ini ini cenderung mengembung dan ada isi airnya. Terus gatel banget kalo kesenggol atau kalau pake kaos kaki / sandal dan kena di sela jari yang ada bentol wih itu sedap banget gatelnya. Gak tahan banget harus digaruk. Sekalinya garuk, gak bisa berhenti karena senikmat itu. Tapi setelah garukan barbar itu bikin benjolannya pecah dan airnya keluar langsung deh jadi jadi hitam dan menjalar ke sampingnya. Di situlah baru penyesalan muncul Hhhhh..

gigitan kutu kucing

Berdasar hasil googling orang yang kena kutu kucing aku jadi makin yakin karena semua rata-rata gigitannya dimulai dari kaki. Emang di kosanku itu ada beberapa kucing liar. Ibu kos sendiri pecinta kucing dan miara kucing. Namun ada satu kucing yang baru habis lahiran dan ada di dekat dapur posisinya. Terus ada juga kucing liar yang tiap hari ngorek ngorek tempat sampah dan bikin berantakan sampahnya. Belum lagi kalau mau masak, aku pasti bolak balik dapur yang jaraknya mungkim cuma 5m dari kucing lahiran tersebut. Terakhir pas gak sengaja duduk depan pintu kamarku, aku nemuin binatang kecil semacam kutu. Hitam dan melekat di kakiku. Langsung dah aku pencet matiin. Siangnya di area itu langsung benjol merah. Fix ini digigit kutu kucing kayaknya.

Maaf ya kakiku jelek & kering banget karena semingguan gatel2 ini jadi gak bisa dirawat. Gak digosok, gak di scrub gak pake lotion karena takut gatel / iritasi 🙁

kutu kucing

Selama semingguan ini pula, ada beberapa hal yang sudah aku lakuin buat nyembuhin bentol-bentol ini yaitu :

Ganti semua seprei selimut sarung bantal dll. Apalagi pas aku mergoki ada kutu di kasurku tapi aku gak tahu itu kutu kucing atau gak karena bentuknya malah mirip kutu beras sih. Tapi yang penting yah itu jaga kebersihan pastikan kamar bersih. Sapu lap pel semuanya sebisa mungkin.

Jauhi kucing dan area lintasannya. Bisa aja udah jaga jarak tapi kebetulan kutunya jatuh di lantai dan di mana mana terus pas aku lewat, itu keinjek sama kutunya dan jadinya kebawa ampe kamar. Ini juga yang aku pikir kenapa sampe ada benjolan di pahaku. Bisa jadi itu tuh karena telapak kakiku yang ada kutunya itu aku tekuk ke paha pas duduk bersila, jadinya malah kena di area paha dan lipatan kaki. Solusi sementaranya adalah pake celana panjang untuk nutupi kaki bagian lainnya biar gak kepapar kutu. Lalu sekarang aku biasaiin keluar dari kamar kos, entah itu ke dapur atau ke mana langsung pake sandal rumah biar gak injek-injek kutu atau kotoran lainnya.

kucing melahirkan

JANGAN GARUK. Ini emang ujian kesabaran level dewa banget. Aku akui awalnya gak mungkin gak garuk. Tapi tunggu sampai selesai garuk dan jadi bekas, maka disitulah baru tobat. Digigit kutu kucing ini sebenarnya bisa sembuh sendiri selama dijaga kebersihannya dan hindari jangan sampai kena kutu kucing lagi.

Pake minyak sereh. Minyak sereh selain bagus buat usir nyamuk dan serangga lainnya, juga buatku mampu meredam rasa gatal. Biasanya aku pakein pagi, siang malam sebelum bobo atau tiap kali gatel muncul langsung oles. Emang sih gak langsung reda gatalnya, tapi di kasusku lumayan buat nahan-nahanin mana dia bikin anget kulit juga. Selain itu, belajar alihkan fokus ketika mulai gatel. Misal dengan main game, baca buku lompat-lompat atau apalah yang bikin pikiran terdistract dan gak kepikir buat garuk.

minyak serai

Pake Obat Gatal / Bentol. Aku pakai salep Cinolon. Belinya di shopee. Ini sebenarnya sisaan dulu pas aku kena gatal bentol merah juga. Aku sempat googling kayaknya nih krim bisa deh jadi aku coba pakein setelah beberapa hari. Sebenarnya pake minyak sereh juga bisa cuma agak lambat sih. Tapi yang paha beneran kering kok tanpa pake obat. Jadi salepnya kutarok di bagian yang masih merah aja. Sesering mungkin aja. Boleh juga gantian sama minyak sereh pakenya jangan barengan. Tapi sebaiknya kalau mau beli obat, mending chat Halodoc aja dulu biar diresepin obat yang benernya.

obat gatal

Pake kaos kaki ketika tidur. Sebelumnya cuci kaki dulu lalu kasih minyak sereh. Ngelapnya pake tisu atau handuk khusus dulu jangan samain dengan badan biar gak nularin ke bagian badan lain. Aku pake kaos kaki karena pernah satu malam kebangun karena rasa gatal luar biasa. Saat itu karena masih tidur, secara reflek aku garukin pake kakiku satu lagi dan pas besok paginya nambah beberapa biji bentol. KZL banget! Jadilah sejak dikasih kaos kaki dan balur minyak sereh udah lebih aman gak gatel banget.

Sisanya yah aku jaga-jaga aja pake celana panjang dan jaga kebersihan serta jadi parno liat kucing huhuh. Semoga bentol dan bekas lukanya cepat sembuh dah~

Kalian pernah digigit kutu kucing gak?

**

NEXT : Review obat Dulcolax peluru yang katanya manjur buat lancarin BAB. Mantul gak yah?

**

NEXT : Nginap di hutan demi ketemu Orang Rimba

NEXT : Mall Ashta baru di SCBD. Ada Rooftop dan balkoninya keren dengan view gedung pencakar langit.

Yang terbaru ada Mall PIM 3 yang baru buka nih

Travel Now or NEVER

Leave a Reply