South Quarter : Belanja dan Nongkrong Asik di Selatan Jakarta

sq jakarta

“Kita ketemuan di South Quarter yah,” Begitu kata temanku.

Kala itu tahun 2015 atau 2016. Aku masih ngekos di Tanah Abang sehingga nama tempat di Jakarta Selatan ini terasa sangat asing bak berada nun jauh di ujung dunia. Entah apa lah yang merasuki temanku hingga mengajak ketemuan di sana.

Itulah pertama kali aku menginjakkan kaki di South Quarter. Aku yang saat itu baru pindah dari Jambi ke Jakarta langsung terperangah melihat bangunan dengan bentuk yang tak biasa.

Apakah ini mall? kantor? atau convention centre?

Jawabnya adalah semuanya. All-in-one destination.

Memang orang-orang lebih mengenalnya sebagai gedung perkantoran atau apartemen dengan desain yang mencuri perhatian. Dari kejauhan bangunan unik yang diselimuti dengan kayu-kayu cokelat ini rupanya terinspirasi dari kearifan lokal Nusantara yakni kayu rotan. Berarti tak salah imajinasiku. Jika dilihat sekelabat, benakku selalu mengira tempat ini seperti keranjang rotan raksasa yang dikelilingi nuansa hijau. Tak heran sih karena South Quarter memang merupakan salah satu gedung dengan sertifikasi ramah lingkungan karena upayanya untuk mengurangi penggunaan energi dan air.

Say yes to green building!

south quarter jakarta

south quarter

Tahun lalu ketika aku pindah ke selatan Jakarta, aku kembali teringat dengan South Quarter. Kesan pertamaku dulu itu sangat membekas dan suka bikin aku ngerasa lagi di Singapura karena gedungnya yang modern, banyak public space dan para eksekutif muda dengan jas necisnya di South Quarter.

Sekarang, akses menuju South Quarter makin mudah karena berdekatan dengan MRT Fatmawati. Nah oleh karena itu, aku putuskan buat main lagi ke South Quarter. Kali ini dengan membawa serta si meme alias adikku.

Berhubung dia akan pindah ke Bali untuk melaksanankan magang, kami sempat mencari-cari barang dan melihat-lihat pakaian di SQ Bazaar. Tempatnya mungil di lantai bawah namun kami beruntung menemukan tenant yang harganya cocok dan kualitasnya bagus. Bahaya nih harus pepet dompet lebih kencang sebelum aku borong semua 🙁

sq jaksel

Puas belanja-belanji, giliran perut yang meronta ronta ingin diberi perhatian. Kami pun nyoba udon di Resto 3 Monkeys. Udonnya lembut banget dan berasa home-made sehingga bikin aku dan meme makan makin lahap. Mana restonya cukup trendi dengan tampilan dinding penuh mural warna-warni yang bikin suasana makin semarak selagi menyeruput udon. Slurrrppppp~~

Aku kira awalnya resto 3 Monkeys ini franchise gitu tapi setelah dilihat rupanya cuma ada di South Quarter. Emang gak salah nih makan siang di sini. Dan sekarang karena ngeliat foto ini aja, aku udah ngiler. Terbayang gurihnya kuah kaldu udon bercampur dengan tempura kriuk yang memenuhi rongga mulutku. Amboi nikmatnya.

resto south quarter

Dasar kami si perut karet, sehabis jalan-jalan bentar di atas liat kolam ikan, kami pun mutusin buat nongkrong aja di Garden Grill. Cafe ini konsepnya paling lucu karena ada bean bag, ada yang bisa duduk di luar ngaso ala-ala di kursi taman, atau kalau yang mau ngadem di dalem pun cafenya bagus banget.

Kami pilih duduk di luar sembari ngobrol ngalor ngidul. Tak lupa aku minta meme ngepangin rambutku ahahh soalnya si meme ini cukup mahir sih kalau pekerjaan tangan kayak gini. Kalau aku, yah cuma ngerti kuncir kuda. Sisanya ambyar.

south quarter resto

Kesimpulan : Beruntung aku memilih South Quarter sebagai tempat quality time sama meme selagi ia masih di Jakarta. Areanya tidak terlalu rame atau bising sehingga bisa ngobrol lama sambil menikmati suasana. Meski Jakarta lagi terik banget, tapi karena banyak pohon dan rumput bergoyang, tetap aja berasanya adem gitchu.

south quarter dome

Hari ini akan kami kenang terus, apalagi ini momen pertama kalinya meme ke South Quarter.

First and only the beginning of our chill time together.

Tips ke South Quarter

  • Cek dulu Instagram South Quarter buat update terkininya karena suka ada live music dan acara gratisan di sini loh.
  • Kalau mau lebih sepi, ke marilah pas akhir pekan. Endak kayak mall lain yang pasti membludak, kalau di sini ramenya justru weekday. Jadi bapak ibu yang bingung bawa anaknya ke mana, ke sini aja deh. Banyak ruang terbuka serta si kecil bisa lihat ikan koi di kolam-kolam. Aku aja demen apalagi bocah yah.
  • Meski retail dan toko-toko yang dimiliki masih terbatas, tapi sudah cukup mewakililah jika ingin ke supermarket, bank, salon, dan makan-makan pastinya. Cek ini yah buat isi tenant South Quarter.

Udah ada yang pernah ke sini? Suka kan!

Travel Now or NEVER

Leave a Reply